Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Etika Menggunakan Internet Agus Riyanto, SH, LL.M.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Etika Menggunakan Internet Agus Riyanto, SH, LL.M."— Transcript presentasi:

1 Etika Menggunakan Internet Agus Riyanto, SH, LL.M

2

3 Roy Suryo Pakar Telematika ?

4

5

6

7 defeacing Apa Komentar anda ?

8 Latar Belakang Perkembangan teknologi [informsi] terus menerus mengalami kemajuan. Kemajuan yang tidak mungkin dapat dibendung oleh siapapun. Dari semua kemajuan yang signifikan yang dibuat oleh manusia sampai pada hari ini yang sangat berpenagruh adalah perkembangan internet. Era internet tersebut membawa perubahan besar di dalam tatanan dan perilaku kehidupan masyarakat, dengan munculnya peluang baru untuk membangun dan memperbaiki pendidikan (e-learning), bisnis (e- commerce), dan lain-lain.

9 Perkembangan Internet Internet adalah merupakan suatu kepanjangan dari “Interconnection Networking”, atau juga yang telah menjadi international networking. Internet merupakan jaringan yang menghubungkan komputer diseluruh dunia tanpa dibatasi oleh jumlah unit menjadi satu jaringan yang dapat kemudian akan saling mengakses. Dengan internet tersebut, maka satu komputer dapat berkomunikasi interaktif secara langsung dengan komputer lain diberbagai belahan dunia dalam waktu yang hampir bersamaan.

10 I nternet pertama kali dikembangkan oleh salah satu lembaga riset di Amerika Serikat, yaitu DARPA (Defence Advanced Research Project Agency) pada tahun Jaringan internet yang dihasilkan oleh proyek DARPA diberi nama ARPNet. ARPNet menggunakan protokol NCP (Networking Communication Protocol) kemudian setelah melalui penelitian dengan jumlah host pada jaringan internet mencapai lebih dari 1000 titik maka protokol yang digunakan juga mengalami perkembangan menggunakan TCP dan host nya menggunakan DNS sebagai standarisasi nama domain dan menggantikan fungsi tabel host.

11 Awal tahun 1990-an, layanan aplikasi sederhana diinternet seperti penelurusan World Wide Web (WWW), chatting, , sampai pada akhirnya perkembangan teknologi internet yang sangat memungkinkan anda untuk menelpn teman atau saudara diluar negeri dengan layanan VOIP (Voice Over Internet Protocol). Beberapa alasan mengapa era internet memberikan dampak yang cukup signifikan bagi berbagai aspek kehidupan yaitu :  Informasi diinternet dapat diakses 24 jam dalam sehari.  Biaya murah.  Kemudahan dalam membangun relasi dengan pelanggan  Facebook &Twiter dsb.

12 Jumlah Pengguna Internet Perkembangan internet terjadi begitu cepat. Menurut Data Computer Industry Almanac, seperti dikutip S Wicaksana, I Wayan (2000) perkiraan jumlah perkiraan pengguna Internet di akhir tahun 2000 adalah seperti berikut: RegionJumlah orang (juta)Per 1000 orang Amerika Utara148,7479,1 Eropa Barat86,6217,5 Asia Pasifik57,616,6 Amerika Selatan/Tengah10,821,1 Eropa Timur9,532,7 Timur Tengah/Afrika7,57,2

13 Dunia Maya. Apakah itu ?  Internet identik dengan cyberspace atau dunia maya. Dysson (1994) cyberscape merupakan suatu ekosistem bioelektronik di semua tempat yang memiliki telepon, kabel coaxial, fiber optik atau elektomagnetik waves.  Hal ini berarti bahwa tidak ada yang tahu pasti seberapa luas internet secara fisik.

14 Karakteristik Dunia Maya Internet itu identik dengan cyberspace atau dunia maya. Cyberspace adalah suatu ekosistem bioelektronik disemua tempat yang memiliki telepon, kabel coaxial, fiber optik atau elektromagnetik waves. Dari definisi diatas dapat ditarik kesimpulan tentang karakteristik dunia maya yaitu:  Beroperasi secara maya.  Dunia cyber selalu berubah dengan cepat.  Orang-orang yang dilakukan dalam cyberspace tanpa melaksanakan aktifitasnya tanpa harus menunjukkan identitasnya.  Informasi didalamnya bersifat publik.

15 Pentingnya Etika Di Dunia Maya Hadirnya internet dalam kehidupan manusia telah membentuk suatu komunitas masyarakat tersendiri. Masyarakat yang berbeda dalam keseharian. Surat-menyurat yang dahulunya dilakukan secara tradisional melalui kantor pos sekarang hanya duduk dan mengetik didepan komputer terus tekan tombol “send”, maka sampailah sudah kepada lokasi tujuan dalam hitungan detik. Perkembangan internet yang begitu pesat maka perlu dibuat aturan-aturan atau etika beraktifitas dalam dunia maya tersebut.

16 Beberapa alasan mengenai pentingnya etika dalam dunia maya atau etika berinternet antara lain :  Bahwa pengguna internet berasal dari berbagai negara yang mungkin saja memiliki budaya, bahasa dan adat istiadat yang berbeda-beda.  Pengguna internet tidak mengharuskan saling mengenal dalam arti yang sesungguhnya atau bahkan satu penghuni dunia maya mungkin tidak akan pernah bertatap muka dengan penghuni yang lainnya.  Berbagai macam fasilitas yang diberikan diinternet memungkinkan seseorang untuk bertindak tidak etis.

17 Netiket : Contoh Etika Berinternet Netiket atau Nettiquete adalah etika di dalam berkomunikasi menggunakan internet. Seperti halnya berkomunikasi melalui surat atau bertatap muka, berkomunikasi dengan internet memerlukan juga tata cara sendiri. Standarisasi netiket itu ditetapkan oleh “IETF” (The Internet Engineering Task Force).  Lihat hal ini di IETF adalah suatu komunitas masyarakat internasional yang terdiri dari para perancang jaringan, operator, penjual dan peneliti yang terkait dengan evolusi arsitektur dan pengoperasian internet. Organisasi ini terbuka bagi individu di mana pun dan siapa pun yang terkait dengan internet

18 Beberapa point yang diatur dalam netiket adalah :  Netiket dalam one to one communications. Yang dimaksudkan adalah kondisi dimana komunikasi terjadi antar individu “face to face” dalam sebuah dialog. Sebagai contoh adalah komunikasi via eletronic mail. Beberapa hal tentang netiket pada komunikasi dengan  Perlakukan secara pribadi  Jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada anda secara pribadi, anda tidak sepatutnya mengirimnya ke form umum. Hal-hal Yang Diatur Oleh Netiket

19  Jangan membicarakan orang lain  Jangan membicarakan orang lain apalagi kejelekannya. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. memiliki fasilitas “forward” yang dapat mengijinkan si penerima untuk meneruskannya ke orang lain.  Jangan menggunakan CC  Jika anda mengirimkan mail ke sejumlah orang, jangan cantumkan nama-nama pada kolom CC. jika anda melakukannya maka semua orang yang menerima anda akan bisa melihat alamat- alamat orang lain.  Gunakan BCC (blind Carbon Copy)  setiap orang hanya bisa melihat alamat nya sendiri.  Jangan gunakan format HTML  Jika anda mengirimkan sebuah pesan penting ke rekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa memastikan bahwa program rekan anda bisa memahami kode HTML.

20 Sedangkan untuk administrator tersbut, terdapat beberapa hal yang sebaiknya dilakukan :  Lakukan publikasi secara tertulis tentang petunjuk- petunjuk yang harus dilakukan user jika dihadapkan pada pesan yang tidak sah (ilegal) dalam pemakaian .  Jelaskan aturan-aturan kepada pengguna mengenai kuota disk atau sistem rule yang lain.  Berikan awaban dengan segera ke pengguna jika ada pertanyaan-pertanyaan mengenai pesan yang tidak sah (ilegal) tersebut dengan segera.  Netiket dalam one to many communications. Yang dimaksudkan adalah konmunikasi satu orang dengan beberapa orang sekaligus. Seperti mailing list dan net news.

21 Beberapa netiket untuk berkomunikasi bagi pengguna mailing list atau netnews :  Baca terlebih dahulu mailing list sebelum memutuskan untuk melakukan posting surat yang pertama kali ke mailing list tersebut. Hal ini akan membantu kita untuk mengerti lingkungan mailing list yang akan dimasuki tersebut.  Berhati-hatilah dengan kata-kata yang akan ditulis. Ingat bahwa kata-kata tersebut akan disimpan disuatu lokasi yang bisa diakses oleh orang banyak dan akan tersimpan dalam jangka waktu yang lama.  Artikel atau tulisan yang akan diposting haruslah ringkas dan to the point.  Tidak boleh mengirimkan artikel yang berbau spoofing (pamlsuan) dan lelucon kecuali mailing list bernuansa humor.

22  Jangan mengirim file yang berukuran besar karena dapat mengganggu sistem. Akan lebih baik menggunakan hyperlink yang menunjukkan pada resources lain yang dituju. Sedangkan bagi administrator mailing list berlaku netiket yaitu:  Memperjelas aturan-aturan tentang pemakaian mailing list atau netnews sejelas-jelasnya, tentang bagaimana berlangganan netnews, bagaimana mendaftar mailing list, dan bagaimana melakukan posting, dll.  Jelaskan aturan-aturan kepada pengguna mengenai kuota disk atau sistem rules ang lain.  Pastikan untuk memonitor kondisi sistem setiap waktu termasuk bagaimana kondisi jaringan sistem tersebut, dan lain sebagainya.

23 Etika Berinternet Jangan Gunakan Huruf Kapital. Kutip Seperlunya. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi. Hati-hati Dalam Mem-forward. Jangan Gunakan “CC”. Jangan Sembarangan Menggunakan Format HTML. Jangan Kirim File (berukuran besar) Melalui Attachment. Ketika ‘Harus’ Menyimpang Dari Topik. Hindari Personal Attack. Kritik dan Saran yang Bersifat Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message). Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis. Bijaklah Ketika Hendak Meng-copy Sebuah Situs.

24 Etika Ber- Perlakukan secara pribadi. Jangan Membicarakan Orang Lain. Jangan gunakan huruf kapital. Jangan terlalu banyak mengutip. Jangan gunakan CC. Jangan gunakan format HTML. Jawablah Secara Masuk Akal. Sebaiknya untuk efisiensi penggunaan kata, gunakan singkatan yang sudah lazim digunakan.

25 Pelanggaran etika Berinternet Seperti halnya etika dalam kehidupan bermasyarakat, sanksi yang diperoleh terhadap suatu pelanggaran adalah sanksi sosial. Sanksi sosial tersebut bisa berupa teguran atau bahkan dikucilkan dari kehidupan bermasyarakat. Lain halnya jika pelanggaran etika tersebut berkembang menjadi pelanggaran hukum maka perangkat hukumlah yang akan berbicara tentang sanksi yang diberikan. Demikian juga dengan pelanggaran etika berinternet, sanksi yang akan diterima adalah dikucilkan dari kehidupan komunitas berinternet, dapat saja kemudian dikeluarkan dari keanggotaan mailing list.

26 Akibat Hukum. Mungkinkah itu ? Pencemaran Nama Baik  Pidana. Perbuatan Tidak Menyenangkan  Pidana. Perbuatan Melanggar Hukum  Perdata. Perbuatan Melawan Hukum  Pidana. ======================================= Pihak yang dirugikan dapat menuntut ganti rugi, baik materiil maupun immateriil. Apakah sikap anda selanjutnya ?

27 PM datang ke RS. Omni revisi hasil thrombosit informasi baru pertemuan Dr & kel Kondisi memburuk pindah ke RSI Bintaro menulis & mengirim diketahui RS Omni laporan Dr. Hengky PM ditahan surat dakwaan JPU 7 Agustus Agustus Agustus Agustus Agustus Agustus Agustus Agustus Sept Mei 2009 BEBAS. 13 Mei 2009

28 Studi Literatur Teguh Wahyono, Etika Komputer dan Tanggung Jawab Profesional di Bidang Tekhnologi Informasi, Andi Offest, Yogyakarta, 2006.

29


Download ppt "Etika Menggunakan Internet Agus Riyanto, SH, LL.M."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google