Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

“SALES PROMOTION” ADHI GURMILANG. DEFINISI SALES PROMOTIONS Sales promotion adalah fungsi komunikasi pemasaran yang mendorong tindakan dengan menambah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "“SALES PROMOTION” ADHI GURMILANG. DEFINISI SALES PROMOTIONS Sales promotion adalah fungsi komunikasi pemasaran yang mendorong tindakan dengan menambah."— Transcript presentasi:

1 “SALES PROMOTION” ADHI GURMILANG

2 DEFINISI SALES PROMOTIONS Sales promotion adalah fungsi komunikasi pemasaran yang mendorong tindakan dengan menambah nilai yang nyata pada penawaran merek. sales promotion adalah penawaran nilai tambah yang dirancang untuk mendorong atau mempercepat respon.

3 consumer sales promotion: end user trade sales promotion: saluran distribusi seperti distributor, agen, dan pengecer.

4 Nilai tambah sales promotion Kesempatan memenangkan hadiah Pengurangan harga (diskon 20 persen, beli dua bayar satu) Produk ekstra (lebih banyak 50 persen) Free sample

5 Premiums (membeli $30 kosmetik dan mendapatkan tas kosmetik) Sedangkan trade sales promotion termasuk Diskon Produk ekstra (beli tiga peti, gratis satu peti)

6 Advertising support Premiums Bonus perjalanan dan cash rewards Executive gifts (high value premium gifts)

7 SEPUTAR SALES PROMOTIONS insentif yang digunakan untuk memberikan motivasi kepada konsumen untuk mengarahkan kepada penjualan sales promotion digunakan untuk memberikan motivasi pada konsumen pada berbagai posisi di brand decision process.

8 SEPUTAR SALES PROMOTIONS Periklanan digunakan untuk menciptakan awareness dan interest, sales promotion digunakan untuk langkah selanjutnya yaitu desire dan action. Misalnya, bisnis properti yang sering mengadakan makan siang gratis

9 SEPUTAR SALES PROMOTIONS Titik kritis sales promotion adalah sales promotion bekerja dalam waktu yang singkat. Jika potongan harga ditawarkan terlalu sering maka konsumen akan berpikir bahwa harga diskon sebagai harga reguler.

10 BAGAIMANA KERJA SALES PROMOTIONS waktu rata-rata orang berbelanja sekitar 27 menit. barang yang dipilih sekitar 35 sampai 40 dari barang ( jika anda memperhitungkan ukuran dan rasa produk). sales promotion meningkatkan penjualan sebesar 400 persen.

11 STRATEGI PROMOSI: PUSH DAN PULL Strategi promosi push merupakan strategi untuk mendorong reseller atau retailer melakukan penjualan yang agresif. Periklanan yang digunakan adalah trade advertising. Sedangkan taktik promosi yang digunakan adalah point reward, merchandise dan lain-lain.

12 Untuk strategi promosi pull adalah menggunakan periklanan dan promosi untuk mendorong konsumen melakukan permintaan kepada retailer diteruskan kepada perusahaan.

13 ALAT-ALAT CONSUMER SALES PROMOTION KUPON: Kupon adalah sertifikat dengan nilai tertera untuk pengurangan harga pada barang-barang tertentu. Kupon disebarkan melalui beberapa media seperti majalah, koran, kemasan, in-store displays atau direct mail. Kupon kemasan paling tinggi.

14 PENGURANGAN HARGA Pengurangan harga muncul dalam berbagai bentuk seperti harga lebih rendah dibandingkan harga biasa, kupon kemasan, gratis (beli satu, gratis satu), dan bonus tambahan (50% lebih banyak, harga sama).

15 Bentuk lain pengurangan harga adalah pengurangan atau perluasan kredit. Insentif ini digunakan untuk barang-barang harga mahal seperti peralatan rumah tangga, furnitur, dan mobil.”hanya bunga 0.9%”.

16 ALAT-ALAT CONSUMER SALES PROMOTION RABAT: cash back yang diberikan lagi kepada konsumen.

17 PREMIUM PREMIUM: barang yang ditawarkan secara gratis atau dengan harga sangat murah untuk mendorong respon. Buy one get free pada tiket bioskop. Gratisan.

18 SPECIALTIES: SPECIALTIES: Specialties adalah insentif yang diberikan gratis kepada konsumen dan stakeholder lainnya untuk mendorong nama brand tetap top of mind. kalendar, penggaris, baju, pena.

19 Rasional adalah orang akan berpikir positif tentang brand, di mana nilai tambah akan memberikan dampak kuat. Barang-barang specialties terlihat sehingga ketika mereka terpapar barang specialties seperti mug, jam dinding dan lainnya, mereka akan tetap ingat akan brand.

20 SAMPLING SAMPLING: Sampling terdiri dari penawaran kepada calon konsumen kesempatan untuk mencoba produk sebelum mengambil keputusan pembelian. paling mahal tetapi paling efektif. Idenya adalah brand memiliki kualitas sehingga ketika orang mencobanya, ia akan membelinya.

21 UNDIAN DAN CONTEST Kontes adalah kompetisi yang disponsori oleh brand yang melibatkan usaha dan keahlian. undian adalah hadiah yang didasarkan pada kesempatan penarikan. store traffic di mana konsumen mengisi kupon undian.

22 Game atau permainan adalah alat yang memiliki unsur undian tetapi dilaksanakan pada waktu yang lama. mendorong store traffic.

23 TIE IN PROMOTION Dua produk diiklankan bersama dan konsumen harus membeli dua produk tersebut sekaligus. Beli kecap, bonus saus tomat

24 PROGRAM LOYALITAS: RETENSI KONSUMEN Contohnya, membeli 10 kali, pembelian ke 11 gratis. Promosi ini berguna untuk memelihara dan menumbuhkan konsumen. Menggunakan promosi untuk mempertahankan konsumen disebut loyalty marketing.

25 strategi untuk mengurangi konsumen yang kabur dan meningkatkan brand share. orang membeli produk tidak sekadar membeli namun lebih mencari pengalaman yang memuaskan. Contohnya, frequent flyer = perjalanan dan kenangan indah menjadi satu.

26 CARA BEKERJA PROGRAM LOYALITAS high fixed cost dan low variable cost. Contohnya, maskapai penerbangan. Contohnya hotel, menjual kamar sebesar 70 persen setiap hari. Berarti ada 30 persen kamar yang kosong. Kamar kosong ini sebagai reward pada pelanggan.

27 Tujuan loyalitas yang baik adalah, ”meningkatkan kesetiaan pelanggan muncul 8 sampai 10 tahun” atau ”menurunkan tingkat penurunan menjadi 5 persen”.

28 KEKUATAN PROGRAM LOYALITAS Kekuatan adalah meningkatkan retensi konsumen sehingga merendahkan biaya penjualan. konsumen mengisi formulir dapat informasi konsumen.

29 Keuntungan lainnya adalah diferensiasi brand. Brand menjadi berbeda karena adanya loyalitas. Konsumen menjadi nyaman bahkan menjadi brand ambassador.

30 KELEMAHAN PROGRAM LOYALITAS Keterbatasan program loyalitas adalah membayangi merek dan membutuhkan sumber daya yang banyak untuk pengelolaannya. sulit diukur efektivitas biaya jika perusahaan pesaing juga melakukan hal yang sama.

31 MENGELOLA PROGRAM LOYALITAS Isi formulir sebagai database pelanggan. Jika pelanggan terlalu agresif maka konsumen akan terganggu.

32 Gunakan yg tdk terpakai sbg reward. Ex: kursi kosong pesawat. Ikat anggota terus menerus walapun sdh redeem. Antisipasi exit strategy. Pertahankan kesan positif.

33 MEDIA CONSUMER SALES PROMOTION Kupon muncul pada iklan, direct mail, kemasan dan struk belanja. Kontes dapat diumumkan pada iklan atau events. Sampel dibagikan di toko tetapi juga dapat dikirimkan langsung ke rumah dan kantor. Internet juga dapat digunakan sebagai alat sales promotion.

34 KEKUATAN CONSUMER SALES PROMOTION meningkatkan distribusi menyelaraskan permintaan mengendalikan tingkat ketersediaan barang (inventory) respon terhadap program pesaing

35 TUJUAN KOMUNIKASI PEMASARAN MELALUI SALES PROMOTIONS mendorong trial: melalui sales promotion didorong supaya calon konsumen mencoba. meningkatkan frekuensi atau kuantitas pembelian: bentuk penawaran berupa “buy one get one free”. membangun database pelanggan: melalui sales promotion, dapat dibangun database pelanggan

36 reward dan retain pelanggan: dengan memberikan reward, anda dapat mempertahankan pelanggan yang paling menguntungkan. cross sell: pada cross sell, konsumen diarahkan untuk mencoba produk yang berbeda.

37 KETERBATASAN SALES PROMOTIONS sales promotions hanya menjual barang bukanlah brand memiliki good value. sales promotions mendorong konsumen lebih dalam untuk pengambilan keputusan pembelian. biayanya sering tidak cost effective. hanya 16 persen sales promotions menguntungkan atau 84 persen biaya sales promotions lebih dari 1 U$D daripada menghasilkan keuntungan 1 U$D.

38 KETERBATASAN SALES PROMOTIONS konsumen hanya mencari harga terbaik, bukan membentuk hubungan jangka panjang dengan brand. Konsumen hanya mencari potongan harga, tidak loyal terhadap brand.

39 jika sebuah sales promotions sukses, maka perusahaan pesaing akan mengikutinya. brand terlalu sering sales promotions maka harga brand adalah always on sale.

40 Terima kasih Adhi Gurmilang


Download ppt "“SALES PROMOTION” ADHI GURMILANG. DEFINISI SALES PROMOTIONS Sales promotion adalah fungsi komunikasi pemasaran yang mendorong tindakan dengan menambah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google