Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengantar Blok 3 Fidya, drg., MSi PJ Blok 3 2014/2015.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengantar Blok 3 Fidya, drg., MSi PJ Blok 3 2014/2015."— Transcript presentasi:

1 Pengantar Blok 3 Fidya, drg., MSi PJ Blok /2015

2 KONTRAK PERKULIAHAN BLOK 3 Nama Blok: Ilmu Kedokteran dan Kedokteran Gigi Dasar 1, Perilaku Profesional 3 Nama Mata Kuliah: Oral Biologi 1 Perilaku Profesional 3 Skills Lab: Perilaku Profesional 2 Kode Mata Kuliah: DDG 4113 DDG 4112 DDG 4109 Bobot SKS: 3/2/1 Semester: 2 Minggu Pertemuan: 1-9 Tempat Pertemuan: Gedung FK, Polinema PJ Blok: Fidya, drg., M.Si

3 Manfaat Mata Kuliah Manfaat yang diperoleh setelah menempuh blok ini, mahasiswa mampu menjelaskan manusia ditinjau dari aspek kesehatan baik secara fisik, mental dan sosial dengan memperhatikan etika dan hukum yang berlaku sebagai landasan pengetahuan untuk mendiagnosis, prognosis dan merencanakan tindakan medik kedokteran gigi.

4 Deskripsi Mata Kuliah Ruang lingkup Blok 3 memiliki 3 materi pokok: Biologi Oral 1, Professional Behaviour 3, Skill Lab. Perilaku Professional Biologi Oral 1 meliputi mata ajar Anatomi, Histologi, Biokimia, dan Anthropologi Ragawi. Professional Behaviour 3 meliputi Learning Skill, Psikologi, Bioetika dan Hukum Kedokteran. Skill Lab. Perilaku Professional 2.

5 Standar Kompetensi Utama dan Kompetensi Penunjang Mengintegrasikan ilmu pengetahuan biomedik yang relevan sebagai sumber keilmuan dan berbagai data penunjang untuk diagnosis dan tindakan medik kedokteran gigi Menghubungkan morfologi makroskopis, mikroskospis dan topografi organ, jaringan penyusun system tubuh manusia secara terpadu, sebagai landasan pengetahuan untuk diagnosis, prognosis dan merencanakan tindakan medik kedokteran gigi Memahami adanya keanekaragaman sosial ekonomi, budaya, agama dan ras berdasarkan asal-usul pasien Memperlakukan pasien secara manusiawi tanpa membeda-bedakan satu sama lainnya Bekerja sama dengan berbagai pihak terkait untuk menunjang peningkatan kesehatan gigi dan mulut Menerapkan etika kedokteran gigi serta hukum yang berkaitan dengan praktik kedokteran gigi secara profesional Melakukan pelayanan kesehatan gigi dan mulut sesuai dengan kode etik Memahami masalah-masalah yang berhubungan dengan hukum yang berkaitan dengan praktik kedokteran gigi

6 Strategi Pembelajaran Sistem pembelajaran di blok ini dilaksanakan dengan tatap muka dalam bentuk kuliah konvensional, pembelajaran di laboratorium, cased based study dan Skill Lab. Materi kuliah dan bahan bacaan diinformasikan pada awal perkuliahan pada masing-masing mata ajar. Untuk menambah pemahaman materi kuliah, mahasiswa dapat diberikan tugas berupa tugas terstruktur dan tugas mandiri.

7 Materi Pokok Materi pokok terdiri atas pengantar: materi pokok: (a) Biologi Oral 1 (b) Professional Behaviour 3 (c) SL: Perilaku Professional 2

8 Jadwal Blok

9

10

11

12

13

14

15

16

17 Bahan Bacaan Drake, R., Vogl, AW., Mitchell AWM Grays Anatomy for Student. Churchill Livingstone Gartner,ED., Gray, JD., O’Rahilly, R., Henselmann, C Anatomy: A Regional Study of Human Structure. Saunders. Sobotta. Atlas of Human Anatomy Churchill Livingstone. Harper H.A, Rodwell VW, Mayes Biochemistry. Lange Medical Publications, ed. 26, LA. Smith CM, Marks DB, Marks AM Basic Medical Biochemistry: A Clinical Approach, William & Wilkins, Baltimore. Soekidjo Notoatmojo Promosi kesehatan dan ilmu perilaku. Penerbit: Rineka Cipta, Jakarta. Kaplan and Saddock Sinopsis Psikiatri: Ilmu Pengetahuan Perilaku Psikiatri Klinis.(Terjemahan Widjaja Kusuma)Edisi 7 Jilid 1.Binarupa Aksara Jkt.. Fred Ameln.Kapita Selekta Hukum Kedokteran. Fred Ameln.Kapita Selekta Hukum Kesehatan.

18 Soenarjo Darsono.Etika, Hukum Kesehatan, Hukum Kedokteran. Pitono Soeparto.Etik dan Hukum di Bidang Kesehatan Edisi Kedua. Jusuf Hanafiah. Etika Kedokteran dan Hukum Kesehatan. Departemen Kesehatan Indonesia Kode Etik Kedokteran Indonesia. Undang-Undang Praktek Kedokteran No.29 Tahun Permenkes No.749a/MenkesPER/XII/1989. Tentang Rekam Medis PP No.X Tahun 1966.Tentang Wajib Simpan Rahasia Kedokteran Fakultas Kedokteran Unair Kajian Bioetik. Samil RS Etika Kedokteran Indonesia. Jakarta : Yayasan Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo, Franz Magniz S, Etika Dasar Rule JT, Veatch RM, Ethical Question in Dentistry. Chicago : Quintessence Pulihing/ Co, Inc, (pp ).

19 Tugas Tugas Mandiri: Membuat log book pada diskusi case based. Tugas terstuktur: Membuat laporan per kelompok setelah diskusi case based. Tugas laporan dikerjakan oleh per kelompok diskusi. Laporan diprensentasikan pada pleno case based sesuai dengan skenario yang dibahas. Buatlah laporan dengan menyertakan format paper yang sudah ada.

20 Kriteria dan Standar Penilaian Penilaian mengacu pada sistem penilaian Universitas Brawijaya dilakukan berdasarkan kemampuan pengetahuan (kognitif), keterampilan (skill’s/psikomotorik) dan profesionalisme (sikap/afektif) mahasiswa selama proses pembelajaran. dengan batas lulus: Tutorial PBL : C Skill Lab : B+

21 Sistem Penilaian Tahap Pendidikan Akademik NoElemen KompetensiPenilaianBobot 1.Pengetahuan (Kognitif)Ujian Blok100% 2. Sikap (Afektif) atau Profesionalisme Proses dalam Blok 100 % Keterampilan klinis (Skill’s Lab) Praktikum/Reinforcement 3.Psikomotorik - Nilai proses Skill’s Lab - Ujian Keterampilan Blok 100 %

22 Terkait dengan standar penilaian digunakan sistem penilaian: Angka Mutu (skala 0-100) Huruf Mutu (Skala Kualitatif) > A > B+ > B > C+ > C >50 -55D+ >44 -50D E

23 Tata Tertib Mahasiswa Mahasiswa diwajibkan menggunakan pakaian sopan, rapi, berkerah, pada waktu mengikuti perkuliahan dan diskusi di kelas, serta skill labs dan reinforcemen di laboratorium. Mahasiswa tidak diperkenankan memakai sandal waktu mengikuti perkuliahan, kecuali alasan tertentu (sakit dan habis kecelakaan). Pada waktu perkuliahan dan diskusi semua handphone dinon aktifkan/disilent. Pada waktu perkuliahan dan diskusi dilarang makan dan minum. Keterlambatan masuk di kelas hanya diijinkan maksimal 15 menit dari jadwal. Lewat dari batas tersebut mahasiswa tidak boleh masuk.

24 Tata Tertib Mahasiswa Mahasiswa yang tidak hadir pada saat diskusi, kuliah, skill lab wajib menyerahkan surat ijin dan surat dokter pemerintah (bagi yang sakit). Tidak diperkenankan melakukan keributan di kelas dalam bentuk apapun selama perkuliahan berlangsung, kecuali pada saat diskusi. Mahasiswa wajb hadir minimal 80% dari tatap muka. Tidak ada ujian susulan baik untuk ujian utama maupun ujian remidi.

25 Mahasiswa yg presensi kurang sehingga tidak dapat ikut ujian blok ataupun karena masalah profesionalisme mendapatkan kondite dari PJ Blok atau PJ SL maka mahasiswa tersebut wajib menjadi mengulang blok atau SL di semester tahun berikutnya.

26 Lain-lain Apabila ada hal-hal yang diluar kesepakatan ini untuk perlu disepakati, dapat dibicarakan secara teknis pada saat setiap acara perkuliahan. Apabila ada perubahan isi kontrak perkuliahan, akan ada pemberitahuan terlebih dahulu.

27 TERIMA KASIH


Download ppt "Pengantar Blok 3 Fidya, drg., MSi PJ Blok 3 2014/2015."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google