Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HUKUM BENDA HUKUM BENDA: HUKUM YANG MENGATUR HUBUNGAN SUBJEK HUKUM DENGAN BENDA YANG MENIMBULKAN HAK KEBENDAAN. HUKUM BENDA MERUPAKAN BAGIAN DARI HUKUM.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HUKUM BENDA HUKUM BENDA: HUKUM YANG MENGATUR HUBUNGAN SUBJEK HUKUM DENGAN BENDA YANG MENIMBULKAN HAK KEBENDAAN. HUKUM BENDA MERUPAKAN BAGIAN DARI HUKUM."— Transcript presentasi:

1 HUKUM BENDA HUKUM BENDA: HUKUM YANG MENGATUR HUBUNGAN SUBJEK HUKUM DENGAN BENDA YANG MENIMBULKAN HAK KEBENDAAN. HUKUM BENDA MERUPAKAN BAGIAN DARI HUKUM HARTA KEKAYAAN. HAL INI DIATUR DALAM BUKU II KUHPerdata, PASAL 499 SAMPAI DENGAN PASAL 1232: PENGERTIAN BENDA, MACAM-MACAM BENDA SERTA PENGERTIAN HAK KEBENDAAN DAN MACAM-MACAM HAK KEBENDAAN. PASAL 499 BW: BENDA/ ZAAK ADALAH SEGALA SESUATU YANG DAPAT MENJADI OBJEK HAK MILIK.

2 PENGERTIAN “BENDA” YANG DIMAKSUD OLEH BW ADALAH BENDA BERWUJUD, SEPERTI KENDERAAN BERMOTOR, TANAH, DAN LAIN-LAIN. BENDA TAK BERWUJUD, SEPERTI HAK CIPTA, PATEN, TIDAK DIATUR OLEH KUHPerdata, TETAPI DIATUR DENGAN UNDANG-UNDANG TERSENDIRI. BENDA DAPAT DIBEDAKAN ATAS: 1. BENDA BERWUJUD DAN TIDAK BERWUJUD (PASAL 503 KUHPdt); 2. BENDA BERGERAK DAN TIDAK BERGERAK (PASAL 504 KUHPdt); 3. BENDA DAPAT DIPAKAI HABIS DAN TIDAK DAPAT DIPAKAI HABIS (PASAL 505 KUHPdt); 4. BENDA YANG SUDAH ADA DAN BENDA YANG AKAN ADA (PASAL 1334 KUHPdt);

3 5. BENDA DALAM PERDAGANGAN DAN DILUAR PERDAGANGAN (PASAL 537, PASAL 1444, DAN PASAL 1445 KUHPdt); 6. BENDA YANG DAPAT DIBAGI DAN TIDAK DAPAT DIBAGI (PASAL 1296 KUHPdt); 7. BENDA TERDAFTAR DAN TIDAK TERDAFTAR (UNDANG-UNDANG HAK TANGGUNGAN, UNDANG- UNDANG JAMINAN FIDUSIA); 8. BENDA ATAS NAMA DAN TIDAK ATAS NAMA (PASAL 613 KUHPdt jis UNDANG-UNDANG POKOK AGRARIA DAN PP No. 24/1997 TENTANG PENDAFTARAN TANAH).

4 BENDA TIDAK BERGERAK DAPAT DIBEDAKAN ATAS: 1) BENDA TIDAK BERGERAK MENURUT SIFATNYA: TANAH DAN SEGALA SESUATU YANG MELEKAT DI ATASNYA, MISALNYA POHON-POHON, TUMBUH- TUMBUHAN, DAN LAIN-LAIN (PASAL 507 KUHPdt). 2) BENDA TIDAK BERGERAK KARENA TUJUANNYA, MISALNYA MESIN-MESIN YANG DIPAKAI DIPABRIK (PASAL 507 KUHPdt). 3) BENDA TIDAK BERGERAK MENURUT KETENTUAN UNDANG-UNDANG, MISALNYA HAK ATAS BENDA TIDAK BERGERAK, SEPERTI HAK MEMUNGUT HASIL ATAS BENDA TIDAK BERGERAK, HAK PAKAI ATAS BENDA TIDAK BERGERAK, HIPOTEK, DAN LAIN-LAIN (PASAL 508 KUHPdt).

5 BENDA BERGERAK DIBEDAKAN ATAS: 1) BENDA BERGERAK KARENA SIFATNYA (PASAL 509 KUHPdt) ADALAH BENDA YANG DAPAT DIPINDAHKAN, SEPERTI MEJA, KURSI, DAN LAIN- LAIN ATAU DAPAT PINDAH DENGAN SENDIRINYA, SEPERTI AYAM, KAMBING (TERNAK), DAN LAIN- LAIN. PASAL 510 KUHPdt: KAPAL-KAPAL DAN PERAHU SERTA SEGALA SESUATU YANG DIPASANG PADA PERAHU TERSEBUT ADALAH BENDA BERGERAK. 2) BENDA BERGERAK KARENA KETENTUAN UNDANG- UNDANG (PASAL 511 KUHPdt), MISALNYA HAK ATAS BENDA BERGERAK, SEPERTI HAK MEMUNGUT HASIL ATAS BENDA BERGERAK, HAK PAKAI ATAS BENDA BERGERAK, SAHAM-SAHAM DALAM PT, DAN LAIN- LAIN.

6 HAK KEBENDAAN: HAK MUTLAK ATAS SUATU BENDA DIMANA HAK ITU MEMBERIKAN KEKUASAAN LANGSUNG ATAS SUATU BENDA DAN DAPAT DIPERTAHANKAN TERHADAP SIAPAPUN JUGA. HAK KEBENDAAN DAPAT DIBEDAKAN MENJADI 2 MACAM, YAITU: 1. HAK MENIKMATI, SEPERTI HAK MILIK, BEZIT, HAK MEMUNGUT (PAKAI) HASIL, HAK PAKAI DAN MENDIAMI. 2. HAK YANG MEMBERIKAN JAMINAN, SEPERTI GADAI, FIDUSIA, HAK TANGGUNGAN DAN HIPOTEK.

7 HAK KEBENDAAN MEMILIKI CIRI-CIRI YANG DAPAT DIBEDAKAN DENGAN HAK PERORANGAN. PERBEDAANNYA SEBAGAI BERIKUT: 1. HAK KEBENDAAN ADALAH ABSOLUT, ARTINYA HAK INI DAPAT DIPERTAHANKAN TERHADAP SETIAP ORANG. SEDANGKAN HAK PERORANGAN BERSIFAT RELATIF, ARTINYA HANYA DAPAT DIPERTAHANKAN TERHADAP PIHAK TERTENTU. 2. HAK KEBENDAAN JANGKA WAKTUNYA TIDAK TERBATAS, SEDANGKAN HAK PERORANGAN JANGKA WAKTUNYA TERBATAS. 3. HAK KEBENDAAN MEMILIKI DROIT DE SUITE (ZAAKSGEVOLG), ARTINYA MENGIKUTI BENDANYA DIMANA PUN BENDA ITU BERADA. DALAM HAL ADA BEBERAPA HAK KEBENDAAN DIATAS SUATU BENDA, MAKA KEKUATAN HAK ITU DITENTUKAN BERDASARKAN URUTAN TERJADINYA (ASAS PRIORITAS). SEDANGKAN PADA HAK PERORANGAN MANA LEBIH DAHULU TERJADI TIDAK DIPERSOALKAN, KARENA SAMA SAJA KEKUATANNYA (ASAS KESAMAAN).

8 4. HAK KEBENDAAN MEMBERIKAN WEWENANG YANG SANGAT LUAS KEPADA PEMILIKNYA. HAK INI DAPAT DIJUAL, DIJAMINKAN, DISEWAKAN, ATAU DIPERGUNAKAN SENDIRI. SEDANGKAN HAK PERORANGAN MEMBERIKAN WEWENANG YANG TERBATAS. PEMILIK HAK PERORANGAN HANYA DAPAT MENIKMATI APA YANG MENJADI HAKNYA. HAK INI HANYA DAPAT DIALIHKAN DENGAN PERSETUJUAN PEMILIK.


Download ppt "HUKUM BENDA HUKUM BENDA: HUKUM YANG MENGATUR HUBUNGAN SUBJEK HUKUM DENGAN BENDA YANG MENIMBULKAN HAK KEBENDAAN. HUKUM BENDA MERUPAKAN BAGIAN DARI HUKUM."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google