Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

K ELOMPOK 4 1. Ayu Firamitha 2. Dwi apri y 3. Fahriza amaris 4. Helna dwiana 5. Hilda kharina 6. Khalid ulyaa raihan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "K ELOMPOK 4 1. Ayu Firamitha 2. Dwi apri y 3. Fahriza amaris 4. Helna dwiana 5. Hilda kharina 6. Khalid ulyaa raihan."— Transcript presentasi:

1 K ELOMPOK 4 1. Ayu Firamitha 2. Dwi apri y 3. Fahriza amaris 4. Helna dwiana 5. Hilda kharina 6. Khalid ulyaa raihan

2 T AHU UDANG SAUS KEJU

3 T AHU U DANG S AUS K EJU K HAS J AWA B ARAT Bahan : 2 buah tahu putih/tahu sutera/tahu jepang 200 gram udang kupas Saus : 1 sdm margarin atau mentega 1/2 buah bawang bombai, cincang 3 siung bawang putih, cincang 1 sdm tepung terigu 500 ml susu cair garam dan merica secukupnya 3 sdm rim kental 50 gram keju cheddar, parut Taburan : 1 buah tomat, buang isi, potong dadu dan peterseli cincang

4 Cara membuat : Potong tahu 2 bagian melear, panggang hingga kecokelatan, angkat. Saus : panaskan margarin atau mentega, tumis bawang bombai dan bawang putih hingga layu, masukkan udang, aduk rata. Masukkan tepung terigu, aduk rata, masukkan susu, garam, dan merica, aduk rata. Setelah mengental dan mendidih, masukkan krim, aduk rata, tambahkan keju, aduk rata, angkat. Tata tahu di pinggan, tuangkan saus, taburi dengan tomat dan peterseli. Sajikan hangat.

5 N ASI UBI UNGU Bahan : Beras 200 gr. Air 400 ml. ubi ungu 200 gr. 2 batang daun Sereh. 2 lembar daun salam. 1 sdm Minyak Sayur. Cara Memasak : Kupas ubi lalu cuci bersih setelah itu kukus dan hancurkan. Setelah ubi hancur masukkan 400 ml air. Lalu saring, ambil sari ubi (airnya saja). Masak beras dengan air ubi ungu. Setelah itu masukkan bahan seperti garam, daun salam, daun sereh dan minyak. Masak menjadi aron sambil diaduk hingga air kering ( sat). Angkat. Kukus hingga matang. Angkat.

6 M ANFAAT TAHU

7 Kandungan protein tahu yang tinggi Tubuh manusia membutuhkan protein agar dapat berfungsi dengan baik. Protein tak hanya bisa didapat dari daging, banyak protein nabati yang bisa kita dapat seperti pada tahu. Vegetarian bisa mendapatkan protein dalam jumlah yang tepat tahu, atau produk kedelai dan sayuran lainnya. Juga mengandung asam amino yang dibutuhkan agar kesehatan menjadi optimal. Mengkonsumsi daging merah dapat memiliki implikasi kesehatan yang dapat menyebabkan berbagai penyakit. Namun dengan mengkonsumsi tahu, kondisi tersebut dapat dihindari. Sumber protein untuk penderita asam urat Penelitian yang dilakukan untuk mempelajari pengaruh tahu menunjukkan bahwa, tahu adalah sumber protein yang baik, terutama untuk penderita rematik gout atau memiliki kadar asam urat yang tinggi. Namun, orang-orang dengan rematik gout tidak boleh mgnkonsumsi tahu secara berlebihan, maupun hasil dari olahan kedelai lainnya.

8 Rendah kolesterol Kadar kolesterol yang tinggi merupakan salah satu penyebab penyakit yang terkait jantung. Banyak orang mencoba untuk menghindari jenis makanan berlemak, seperti minyak goreng dan atau lemak banyak digunakan pada hidangan keluarga. Tahu dapat mengurangi tingkat kolesterol dalam tubuh, karena tahu akan menyerap minyak goreng dan cairan lain yang terakumulasi dalam tubuh yang dapat menyebabkan penyakit. Dibandingkan dengan daging seperti daging sapi, tahu memiliki tingkat yang rendah asam lemak jenuh daripada kadar asam lemak tak jenuh. Tahu juga merupakan sumber lesitin dan asam linoleat yang yang baik, yaitu yang membantu metabolisme tubuh dan mengikis kolesterol yang tersimpan dalam tubuh. Mencegah anemia Manfaat tahu bagi kesehatan termasuk mengurangi resiko anemia. Sebuah studi yang dilakukan di Cina yang menyelidiki hubungan antara anemia dan tahu menunjukkan, bahwa tahu terbukti menurunkan risiko anemia pada golongan orang dewasa.

9 M ANFAAT DAN K ANDUNGAN U DANG

10 Sumber Vitamin Sumber Vitamin Berbagai vitamin baik jenis larut air dan lemak juga sangat tinggi pada udang sehingga sangat baik dikonsumsi. Kandungannya yang tertinggi berturut-turut sesuai dengan persentase kebutuhan harian (daily value) adalah vitamin D (38%), vitamin B12 (19%), Niacin (13%), vitamin E (5%), vitamin B6 (5%), vitamin A (4%), vitamin C (3%), dan lain-lain. Sumber Mineral Udang juga mengandung berbagai mineral yang penting bagi tubuh. Mineral selenium dalam 100 gr udang segar cukup untuk memenuhi 54% kebutuhan harian, disusul fosfor (20%), zat besi dan tembaga (masing-masing 13%), magnesium (9%), zinc (7%), sodium (6%), potassium dan kalsium (masing-masing 5%), serta berbagai mineral penting lainnya yang dibutuhkan tubuh.Seperti yang sudah diketahui, mineral dari bahan makanan laut lebih mudah diserap tubuh dibandingkan yang berasal dari kacang- kacangan dan serealia.vitamin Dvitamin Evitamin Avitamin C Sumber Mineralzat besi

11 Sumber Protein Sumber Protein Kandungan protein udang dikategorikan sebagai “ complete protein ” karena kadar asam amino yang tinggi, berprofil lengkap, dan sekitar persen proteinnya mudah dicerna tubuh. 100 gr udang mentah mengandung 20,3 gr protein atau cukup untuk memenuhi kebutuhan protein harian sebanyak 41 %. Asam Amino Profil asam amino udang (per 100 gr) berturut-turut yang termasuk tinggi adalah asam gulamat (3465 mg), asam aspartat (2100 mg), arginine (1775 mg), lysine (1768 mg), leucine (1612 mg), glycine (1225 mg), isoleucine (985 mg), dan valine (956 mg). Artinya, udang sangat cocok dikonsumsi bagi mereka yang membutuhkan protein untuk membentuk otot.

12 PUDING TOFU SIRAM KOKTAIL K HAS J AWA B ARAT

13 P UDING TOFU SIRAM KOKTAIL Bahan-bahan/bumbu-bumbu: ml susu kedelai ml air 3 bungkus agar-agar bubuk 1 sendok makan jeli instan bubuk 800 gram gula pasir 1 sendok makan garam Bahan Saus: 320 gram gula pasir ml air 3 sendok makan maizena, larutkan dengan 3 sendok makan air 200 gram nanas, dipotong dadu 200 gram stroberi, dipotong dadu 200 gram melon, dipotong dadu

14 Cara membuat: Puding, rebus susu kedelai, air, agar-agar bubuk, jeli instan, gula pasir, dan garam sambil diaduk sampai mendidih. Tuang dalam gelas. Bekukan. Saus, rebus air dan gula pasir sampai mendidih. Kentalkan dengan larutan maizena. Aduk hingga meletup-letup. Masukkan nanas, stroberi, dan melon. Aduk rata. Sendokkan saus buah ke atas puding.

15 K ANDUNGAN DAN M ANFAAT K EDELAI

16 Susu kacang dipercaya memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan: 1. Antioksidan Kedelai mengandung senyawa yang disebut isoflavon, di mana bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan. Senyawa ini bertanggung jawab untuk memperbaiki sel dan mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh polusi, sinar matahari dan proses tubuh yang normal. 2. Mengurangi resiko penyakit jantung Protein dan isoflavon hadir dalam kedelai, membantu dalam mengurangi kolesterol LDL (kolesterol "jahat") serta penurunan kemungkinan pembekuan darah. Hal ini pada gilirannya, mengurangi risiko penyakit jantung dan stroke. Penelitian menunjukkan, konsumsi susu yang mengandung 25 gram protein kedelai selama sembilan minggu mengakibatkan penurunan 5% kolesterol LDL rata-rata.

17 3.Mencegah kanker Isoflavon bertindak sebagai agen antikanker yang melawan sel-sel kanker. Melindungi tubuh dari kanker hormon seperti itu dari rahim, payudara dan prostat. 4.Membalikkan efek endometriosis Kedelai membantu dalam menunda aksi estrogen alami tubuh, yang bertanggung jawab untuk mengurangi atau mencegah rasa sakit selama periode menstruasi (perdarahan berat) dan gejala lainnya pada wanita.

18 E S A IR M ATA P ENGANTIN K HAS P ADANG

19 Bahan: - 1 sachet agar-agar - 3 sdm biji selasih, rendam, tiriskan - 2 gelas air ml sirup cocopandan - 50 gr gula pasir - es batu Cara membuat: 1. Masak agar-agar bersama gula pasir dan air 2. Setelah matang, dinginkan dalam freezer agar membeku 3. Serut agar-agar dengan parutan keju secara memanjang 4. Siapkan gelas saji, masukkan es batu, agar-agar dan selasih 5. Tuangkan sirup merah, tuang air secukupnya dan sajikan.

20 M ANFAAT Mengandung antioksdian Mengandung vitamin C Mengatasi radang lambung Menyembuhkan sakit gigi


Download ppt "K ELOMPOK 4 1. Ayu Firamitha 2. Dwi apri y 3. Fahriza amaris 4. Helna dwiana 5. Hilda kharina 6. Khalid ulyaa raihan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google