Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGEMBANGAN BLOK PROSES BELAJAR HUMANION SEBAGAI LANDASAAN BLOK BERIKUTNYA PROGRAM MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK MAHSISWA BARU/SEMESTER I/BLOK I (ANGKATAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGEMBANGAN BLOK PROSES BELAJAR HUMANION SEBAGAI LANDASAAN BLOK BERIKUTNYA PROGRAM MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK MAHSISWA BARU/SEMESTER I/BLOK I (ANGKATAN."— Transcript presentasi:

1 PENGEMBANGAN BLOK PROSES BELAJAR HUMANION SEBAGAI LANDASAAN BLOK BERIKUTNYA PROGRAM MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK MAHSISWA BARU/SEMESTER I/BLOK I (ANGKATAN 2011) 19 Sept – 13 Nov 2011

2 PENDAHULUAN LATAR BELAKANG Meningkatkan kualitas peroses belajar mengajar di lingkungan Fakultas kedokteran Universitas Riau, berkaitan dengan perbaikan peningkatan kinerja (efisiensi, efektifitas serta produktifitas proses dan hasil pembelajaran) dengan Program Motivasi Berprestasi. Catatan : Lembar Identitas Tim dan Pengesahaan terlampir

3 PERMASALAHAN Berdasarkan data dari akademis, banyak Mahasiswa baru di Fak. Kedokteran UR yang mengalami kesulitan dalam menyesuaikan diri dengan sistem perkuliahan dan kondisi lingkungan kampus. Terlihat hampir 20% Mahasiswa mendapatkan IPK dibawah 2,0 pada semester I. Ada beberapa faktor penyebabnya, salah satu diantaranya adalah shock culture (dari SMU/SMK ke Perguruan Tinggi khususnya di Fak. Kedokteran UR)

4 TUJUAN DAN MANFAAT Meningkatkan motivasi berprestasi pada Mahasiswa baru, serta dengan cepat meyesuaikan diri pada sistem perkuliahan/proses belajar mengajar di Fak. Kedokteran UR. Tingginya motivasi belajar, menumbuhkan minat membaca dan Profesional Behavior (soft skill) sehingga dapat dengan cepat meyelesaikan studi dengan IPK yang baik.

5 KONSEP PENGEMBANGAN DAN TINJAUAN TEORITIK Melalui sistem pelatihan setengah hari dengan jam efektif ( 4 jam) dengan 3 x pelatihan dengan rentang waktu 19 Sept – 13 Nov Meningkatkan motivasi belajar dan profesional behavior/soft skill

6 METODA PENGEMBANGAN SISTEM PEMBELAJARAN DAN IMPLEMENTASI Tes psikologi (classical), perkuliahan/tatap muka, games dan diskusi kelompok (observasi) kemudian dibuat suatu laporan tertulis tentang profil kepribadian dan evaluasi masing-masing mahasiswa. Mahasiswa akan dikelompokkan menjadi 3 bagian (tinggi, sedan dan rendah. Untuk mempermudah melakukan pendekatan guna pembinaan, khusus bagi mahasiswa yang hasil tes psikologinya rendah, selanjutnya mahasiswa akan di konsultasikan pada dosen-dosen yang bersangkutan, DPA dan Unit Bimbingan Konseling Fak. Kedokteran UR. Diberikan treatment tertentu untuk memacu motivasi belajar dan cara belajar mereka.

7 SUMBER DAYA YANG DIBUTUHKAN 1.Dana kegiatan (terlampir) untuk 3 x kegiatan pelatihan. 1 x pertemuan 4 jam efektif 2.SDM (Psikolog, psikiater dan staf ahli di bidang konseling/dosen)

8 INDIKATOR KINERJA 1.Diharapkan bagi Mahasiswa baru angkatan 2011 hanya 1% yang IPK di bawah 2,0 2.Profesional Behavior/soft skill lebih meningkat dengan baik 3.……

9 KEBERLANJUTAN 1.Dipantau perkembangaan nilai akademis dan prilaku mahasiswa selama mengikuti perkuliah sampai pada program profesi dokter 2.Program ini dapat diberikan pada mahasiswa baru berikutnya 3.……..

10 JADWAL KEGIATAN 3 x pertemuan (19 Sept – 13 Nov 2011) pada hari Sabtu, jam 8.00 – di Fak. Kedokteran UR, Jl. P. Diponegoro – Pekanbaru PERPUSTAKAAN : Etika Membangun Sikap Profesionalisme Sarjana (edisi 2, Graha Ilmu) Universitas Mercu Buana LAMPIRAN


Download ppt "PENGEMBANGAN BLOK PROSES BELAJAR HUMANION SEBAGAI LANDASAAN BLOK BERIKUTNYA PROGRAM MOTIVASI BERPRESTASI UNTUK MAHSISWA BARU/SEMESTER I/BLOK I (ANGKATAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google