Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Johanes Susanto2021-21-046. Ilustrasi Keselamatan Kerja Listrik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Johanes Susanto2021-21-046. Ilustrasi Keselamatan Kerja Listrik."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Johanes Susanto

2 Ilustrasi Keselamatan Kerja Listrik

3 Potensi Bahaya

4 Percikan Bunga Api (Arc Flash) Penyebabnya adalah arus pendek listirk di atas F (lebih panas dari permukaan matahari) yang dapat menyebabkan luka bakar pada tubuh manusia. Ledakan Bunga Api (Arc Blast) Penyebabnya adalah arus pendek sama dengan level Arc Flash ( F) juga disertai kebisingan 1400db. Tekanan yang terjadi pada ledakan tersebut mencapai 2160psi dalam jarak ledaknya sekitar 60 cm.

5 Dampak sengatan listrik pada manusia: Dampak sengatan listrik terhadap tubuh manusia berbeda-beda reaksinya tergantung dari besarnya arus listrik yang mengenai atau melalui tubuh manusia. Sensasi sengatan hanya terasa di tangan. >1ma Berupa kejutan yang terasa sakit dan menyebabkan kecelakaan tidak langsung. < 3 ma Otot menjadi kaku hingga tidak mampu melepaskan penghantar. <10 ma

6 Dampak sengatan listrik pada manusia: Terjadi kelumpuhan pada otot pernapasan (paru-paru). < 30 ma Kemungkinan terjadinya gangguan irama pada salah satu bilik jantung (ventrikel). < 50 ma Sudah pasti menganggu irama salah satu bilik jantung (ventrikel). <100 ma

7 1. Pembuatan Ijin Kerja Overhead Power Line Memperhatikan jarak radius aman serta lifting equipment tersangkut ke kabel listrik di atasnya. 2. Menggunakan ELCB (Earth Leakage Circuit Breaker) Peralatan yang berfungsi mengalihkan sengatan listrik dengan cara pengaliran arus yang ke tubuh menuju ke grounding. 3. Memasangi Seluruh Sirkuit dengan Pelindung ELCB Sirkuit yang dilindungi oleh ELCB harus diuji setiap ulang, enam bulan sekali.

8 4. Memeriksa check Tag Validity Sebelum memakai alat listrik portable harus melakukan visual inspection. 5. Melakukan Tagging Per-tiga Bulanan Sesuai Standar International Mengecek semua peralatan listrik per- tiga bulanan, lalu mentagging alat yang masih layak pakai. 6. Menutup Peralatan Listrik dengan Panel/Switchgear Bertujuan mengamankan peralatan listrik yang tidak memadai.

9 DASAR – DASAR KESELAMATAN LISTRIK Dasar hukum mengenai persyaratan keselamatan listrik tertuang pada Permen Tenaga Kerja No.Per.04/MEN/1988. Prinsip – prinsip keselamatan pemasangan listrik antara lain : a.Harus sesuai dengan gambar rencana yang telah disyahkan. b.Mengindahkan syarat – syarat yang telah ditetapkan (PUIL). c.Harus menggunakan tenaga terlatih. d.Bertanggung-jawab dan menjaga keselamatan dan kesehatan tenaga kerjanya. e.Orang yang diserahi tanggung-jawab atas pelaksanaan pekerjaan pemasangan instalasi listrik harus ahli dibidang listrik, memahami peraturan listrik dan memiliki sertifikat dari instansi yang berwenang.

10 Tips-tips Keselamatan Kerja Listrik Melakukan inspeksi visual pada semua peralatan listrik. Menggunakan hanya peralatan listrik dengan tag yang valid. Peralatan yang rusak ditag ‘Out of Service’. Pada tempat lembab, pastikan semua alat tersambung dengan Ground-fault Circuit Interrupter (GFCI). Jangan mengganti fuse dengan kawat. Personal berkualifikasi saja yang boleh memperbaiki alat listrik. Jangan sentuh kabel listrik yang jatuh/tergeletak.

11 Mencegah Kecelakaan Kerja Langkah-langkah konkrit mencegah terjadinya kecelakaan kerja pada saat bekerja dengan aliran listrik: Pada saat bekerja dengan listrik, jangan sampai tubuh terhubung langsung dengan tanah. Hal ini karena tanah merupakan kutub negatif untuk setiap aliran listrik. Beralas kaki Sebelum kita melakukan pekerjaan, maka kita harus yakin kabel mana yang berisi aliran listirk dan mana yang sebagai negatifnya. Selalu mengecek aliran listrik dengan test pen. Untuk lebih amannya, maka kita matikan saja sentral listrik. Mematikan sentral listrik pada saat memperbaiki listrik. Jika ternyata kita harus menyambung kabel, maka lakukan sebaik-baiknya. Dengan menggunakan isolasi yang kuat dan tahan lama. Mengisolasi sambungan dengan baik.

12


Download ppt "Oleh: Johanes Susanto2021-21-046. Ilustrasi Keselamatan Kerja Listrik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google