Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

RASIO LIKUIDITAS 0LEH ERVITA SAFITRI. Rasio Likuiditas Rasio Likuiditas (Liquidity) adalah Rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "RASIO LIKUIDITAS 0LEH ERVITA SAFITRI. Rasio Likuiditas Rasio Likuiditas (Liquidity) adalah Rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi."— Transcript presentasi:

1 RASIO LIKUIDITAS 0LEH ERVITA SAFITRI

2 Rasio Likuiditas Rasio Likuiditas (Liquidity) adalah Rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban jangka pendek. Dengan kata lain, Rasio Likuiditas berfungsi untuk menunjukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban yang sudah jatuh tempo, baik kepada pihak luar (likuiditas badan usaha) maupun didalam perusahaan (likuiditas perusahaan)

3 Tujuan dan Manfaat Rasio Likuiditas 1.Untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban yang segera jatuh tempo pada saat ditagih 2.Untuk mengukur kemampuan perusahaan membayar kewajiban jangka pendek dengan aktiva lancar secara keseluruhan 3.Sebagai alat perencana kedepan, terutama yang berhubungan dengan perencanaan kas dan piutang

4 Tujuan dan Manfaat Rasio Likuiditas 4. Untuk melihat kondisi dan posisi likuiditas perusahaan dari waktu ke waktu dengan membandingkannya untuk beberapa periode. 5. Untuk melihat kelemahan yang dimiliki perusahaan, dari masing-masing komponen yang ada di aktiva lancar dan hutang lancar. 6. Menjadi alat pemicu bagi pihak manajemen untuk memperbaiki kinerjanya.

5 Jenis-jenis Rasio Likuiditas 1.Rasio Lancar (Current Ratio) Rasio lancar adalah rasio untuk mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek pada saat ditagih secara keseluruhan Aktiva Lancar (Current Assets) Current Rasio = Utang Lancar (Current Liabilities)

6 Jenis-jenis Rasio Likuiditas 2. Rasio Cepat (quick Ratio) Rasio Cepat adalah rasio yang menunjukan kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek dengan aktiva lancar tanpa nilai persedian Aktiva Lancar - Persedian Quick Ratio = Utang Lancar (Current Liabilities)

7 Jenis-jenis Rasio Likuiditas 3. Rasio Kas (Cash Ratio) Rasio Kas adalah rasioyang digunakan untuk mengukur seberapa uang kas yang tersedia untuk membayar hutang. Kas + Bank Cash Ratio = Utang Lancar (Current Liabilities)

8 Jenis-jenis Rasio Likuiditas 4. Rasio Modal Kerja (Working Capital Ratio) Rasio Modal Kerja adalah rasio untuk mengukur tingkat kecukupan modal kerja yang dibutuhkan untuk membayar tagihan dan membiayai penjualan Penjulan Working Capital Ratio= Ak Lancar- Hut lancar


Download ppt "RASIO LIKUIDITAS 0LEH ERVITA SAFITRI. Rasio Likuiditas Rasio Likuiditas (Liquidity) adalah Rasio yang menunjukkan kemampuan perusahaan untuk memenuhi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google