Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERTEMUAN 3&4 ANALISIS LAPORAN KEUANGAN. ANALISIS LAPORAN KEUANGAN: DENGAN RASIOKEUANGAN Analisis laporan keuangan diawali dengan perhitungan rasio keuangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERTEMUAN 3&4 ANALISIS LAPORAN KEUANGAN. ANALISIS LAPORAN KEUANGAN: DENGAN RASIOKEUANGAN Analisis laporan keuangan diawali dengan perhitungan rasio keuangan."— Transcript presentasi:

1 PERTEMUAN 3&4 ANALISIS LAPORAN KEUANGAN

2 ANALISIS LAPORAN KEUANGAN: DENGAN RASIOKEUANGAN Analisis laporan keuangan diawali dengan perhitungan rasio keuangan. Rasio keuangan dirancang untuk mengungkapkan kekuatan/kelemahan relatif suatu perusahaan dibandingkan dengan perusahaan lain pada industri yang sama. Rasio keuangan juga menunjukan posisi keuangan yang membaik/memburuk selama periode tertentu.

3 RASIO LIKUIDITAS Rasio likuiditas menunjukan hubungan antara aktiva lancar dan utang lancar perusahaan. Rasio ini menunjukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi kewajiban yang segera harus dipenuhi. Dua jenis rasio likuiditas yang sering digunakan: 1.Rasio lancar (Current rasio) 2.Rasio cepat (Acid test rasio)

4 Rasio lancar = Rasio cepat =

5 RASIO MANAJEMEN AKTIVA Rasio manajemen ak mengelolahan aktiva untuk mengukur keefektivan perusahaan dalam mengelolahan aktivanya. Rasio ini mencakup : 1.Perputaran persedian (Inventory turnover) 2.Hari penjualan belum tertagih(Day Sales Outstading) 3.Perputaran aktiva tetap(Fixed Asset Turnover) 4.Perputaran total aktiva(Total asset Turnover)

6 Perputaran Persedian = Hari Penjualan blm tertagih = Perputaran aktiva tetap = Perputaran total aktiva =

7 RASIO MANAJEMEN UTANG Rasio manajemen utang mengungkapkan besarnya perusahaan dibiayai dengan utang dan kemungkinan tidak dapat dipenuhinya utang perusahaan. Rasio manajemen utang mencakup : 1.Rasio Utang (debt rasio) 2.Rasio kelipatan pembayaran bunga(Times- intrest-earned) 3.Rasio cakupan beban tetap (Fixed charge coverage rasio)

8 Rasio utang = Rasio kelipatan pembayaran bunga = Rasio cakupan EBITDA =

9 RASIO PROFITABILITAS Rasio profitabilitas menunjukan pengaruh gabungan dari kebijakan, manajemen aktiva, manajemen utang terhadap hasil operasi Rasio profitabilitas mencakup : 1.Margin laba atas penjualan (Profit margin on sales) 2.Rasio kemanpuan unt menghasilkan laba (Basic Earning power) 3.Tingkat pengembalian total aktiva( return on total asset) 4.Tingkat pengembalian ekuitas saham biasa (Return on equity)

10 Margin laba atas penjualan = Kemampuan untuk menghasilkan laba = Tingkat pengembalian ekuitas =

11 RASIO NILAI PASAR Rasio nilai pasar menghubungkan harga saham perusahaan dengan laba dan nilai buku per saham. Rasio ini menunjukan apa yang dipikirkan investor atas kinerja masa lalu dan prospek masa depan perusahaan. Rasio ini terdiri dari : 1.Rasio harga/ laba (Prace/Earning) 2.Rasio Harga/ arus kas (Prace/cash flow) 3.Rasio Nilai pasar/ Nilai buku (market/book)

12 Rasio laba/Earning(P/E)= Harga/arus kas = Nilai buku per lembar saham =

13 SISTEM DU PONT Sistem Du Pont dirancang untuk menunjukan bagaimana margin laba atas penjualan dengan rasio perputaran aktiva serta berinteraksi dengan ROE. Manajemen perusahaan bisa memakai sisten DU PONT untuk menganalisis cara-cara untuk memperbaiki kinerja perusahaan.

14 BAGAN DU PONT

15 RASIO KOMPARATIF DAN BENCHMARKING Rasio perbandingan Komparatif yaitu membandingkan rasio sebuah perusahaan dengan rasio dari perusahaa lain dalam industri yang sama Nenchmarking adalah proses membandingkan perusahaan tertentu dengan sekelompok perusahaan (Benchmark)


Download ppt "PERTEMUAN 3&4 ANALISIS LAPORAN KEUANGAN. ANALISIS LAPORAN KEUANGAN: DENGAN RASIOKEUANGAN Analisis laporan keuangan diawali dengan perhitungan rasio keuangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google