Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

AKUNTANSI MANAJEMEN STIE INABA. MAHASISWA DIHARAPKAN MENGETAHUI DAN MEMAHAMI TENTANG : > MAMFAAT INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN DALAM PENILAIAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "AKUNTANSI MANAJEMEN STIE INABA. MAHASISWA DIHARAPKAN MENGETAHUI DAN MEMAHAMI TENTANG : > MAMFAAT INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN DALAM PENILAIAN."— Transcript presentasi:

1 AKUNTANSI MANAJEMEN STIE INABA

2 MAHASISWA DIHARAPKAN MENGETAHUI DAN MEMAHAMI TENTANG : > MAMFAAT INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN DALAM PENILAIAN KINERJA. > BAGAIMANA PERAN ASPEK PERILAKU DALAM PENILAIAN KINERJA. > UKURAN KINERJA BERBAGAI PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN DAN BERBAGAI PERMASALAHANNYA.

3 1. PENILAIAN KINERJA MERUPAKAN PENILAIAN PERILAKU MANUSIA. 2 PERILAKU MANUSIA SANGAT DOMINAN DIDALAM PENCAPAIAN TUJUAN PERUSAHAAN. 3 INFORMASI AKUNTANSI PADA SEMUA LEVEL ORGANISASI ATAU PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN SANGAT BERPERAN UNTUK MELA KUKAN PENILAIAN KINERJANYA. 4. JIKA INF AKUNTANSI DIPAKAI SBG SALAH SATU DASAR PENILAIAN KINERJA MAKA YG DIBUTUHKAN ADALAH INFORMASI AKUNTANSI MANAJEMEN YANG DIHUBUNGKAN DGN PERAN KUNCI INDIVIDU DALAM SUATU ORGANISASI.

4 PENILAIAN KINERJA ADALAH PENENTUAN SECARA PERIODIK EFEKTIVITAS OPERASIONAL SUATU PER- USAHAAN, BAGIAN ORGANISASI, DAN KARYAWAN NYA BERDASARKAN SASARAN, STANDAR DAN KRI TERIA YANG TELAH DITETAPKAN SEBELUMNYA.

5 PENILAIAN KINERJA DIMAMFAATKAN OLEH MANAJEMEN UNTUK : 1. MENGELOLA OPERASI ORGANISASI SCR EFEKTIF DAN EFISIEN MELALUI PEM BERIAN MOTIVASI KPD SDM SECARA MAKSIMAL. 2. MEMBANTU PENGAMBILAN KPTS YG BERHUBUNGAN DGN SDM ( PROMOSI TRANSFER DAN PEMBERHENTIAN.). 3. IDENTIFIKASI KEBUTUHAN LITBANG DAN MENYEDIAKAN KRITERIA SELEK SI DAN EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PEGAWAI. 4. UMPAN BALIK BAGI KARYAWAN MENGENAI BAGAIMANA ATASAN MELAKUKAN PENILAIAN. 5. MENYEDIAKAN SUATU DASAR BAGI DISTRIBUSI PENGHARGAAN.

6 >MOTIVASI ADALAH PROSES PRAKARSA DILAKU – KANNYA SUATU TINDAKAN SECARA SADAR DAN BERTUJUAN. DARI ASPEK PERILAKU MOTIVASI BERSANGKUTAN DENGAN SESUATU YANG MENDORONG ORANG BERPERILAKU DENGAN CARA-CARA TERTENTU. >PERENCANAAN MEMERLUKAN ALOKASI SDM SECARA EFISIEN.

7 MENURUT TE0RI INI PERILAKU SESEORANG DIPENGARUHI OLEH PROBABILITAS YANG DILEKATKAN ORG TERSEBUT THD HUBUNGAN SEBAGAI BERIKUT : 1. USAHA YANG DIPERLUKAN UNTUK MENCAPAI TUJUAN. 2. KINERJA DAN PENGHARGAAN. 3. PENGHARGAAN YANG MEMUASKAN TUJUAN PRIBADI.

8 TAHAP PERSIAPAN : 1. PENENTUAN DAERAH PERTANGGUNG JAWABAN DAN MANAJER YANG BERTANGGUNG JAWAB. 2. PENETAPAN KRITERIA PENGUKURAN KINERJA. 3. PENGUKURAN KINERJA SESUNGGUHNYA. TAHAP PENILAIAN 1. PERBANDINGAN KINERJA SESUNGGUHNYA DGN SASARAN. 2. PENENTUAN PENYEBAB TERJADINYA PENYIMPANGAN. 3. PENEGAKAN PERILAKU YANG DIINGINKAN DAN TINDAKAN YANG DIGUNAKAN UTK MENCEGAH PERILAKU YANG TDK DIINGINKAN.

9 MASUKAN KELUARAN  PROSES  MASUKAN X HARGA = KELUARAN X HARGA = BIAYA PENDAPATAN

10 4 KEMUNGKINAN HUBUNGAN ANTARA MASUKAN DAN KELUARAN : 1. MASUKAN PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN MEMPUNYAI HUBUNGAN NYATA DGN KELUARANNYA 2. MASUKAN PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN MEMPUNYAI HUBUNGAN ARTIFISIAL ATAU SEMU DENGAN KELUARANNYA 3. MASUKAN PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN MEMPUNYAI HUBUNGAN ERAT DGN KELUARANNYA. 4. MASUKAN PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN MEMPUNYAI HUBUNGAN TIDAK ERAT DGN KELUARNNYA.

11 PENILAIAN KINERJA PUSAT PERTANGGUNGJAWABAN INFORMASI AKUNTANSI YANG DIPAKAI SEBAGAI UKURAN KINERJA MANAJER PUSAT PENDAPATAN ADALAH PENDAPATAN. > PD SAAT PENDAPATAN DIPEROLEH DARI PENJUALAN PRODUK ATAU JASA KEPADA PIHAK LUAR PERUSAHAAN YAITU MENGALI KAN KUANTITAS PRODUK DENGAN HARGA JUAL YANG DIBEBAN KAN KPD PELANGGAN.

12 > APABILA ADA PRODUK ATAU JASA SELAIN DIJUAL KEPADA PIHAK LUAR TERDAPAT PUSAT PENDAPATAN MENTRASFER KPD PST PERTANGGUNG JAWABAN LAIN DLM PERUSAHAAN. > PENILAIAN YG DIPERGUNAKAN ADALAH SELURUH PENDAPATAN BAIK YANG BERASAL DARI TRANSAKSI KPD PIHAK LUAR MAUPUN DARI TRANSFER PRODUK ATAU JASA KPD PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN LAIN DLM PERUSAHAAN.

13 INFORMASI AKUNTANSI YANG DIPAKAI SBG UKURAN KI NERJA MANAJER PUSAT BIAYA ADALAH BIAYA. MASALAH YANG TIMBUL DLM PELAKSANAANNYA : 1. PERILAKU BIAYA. 2. HUBUNGAN BIAYA DGN PUSAT BIAYA. 3. JANGKA WAKTU / PERIODE. 4. TANGGUNG JAWAB GANDA.

14 PUSAT LABA ADALAH PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN YANG MANA JERNYA DIBERI WEWENANG UNTUK MENGENDALIKAN PENDAPATAN DAN BIAYA PUSAT PERTANGGUNG JAWABAN TERSEBUT. UNTUK MENGUKUR KINERJA PUSAT LABA DIPERGUNAKAN 2 UKURAN YANG MENGHUBUNGKAN LABA YANG DIPEROLEH PUSAT LABA DGN INVESTASI YANG DIPERGUNAKAN UNTUK MENGHASILKAN LABA :. 1. RETURN ON INVESTMEN ( ROI ) 2. RESIDUAL INCOME ( RI ). 3. PRODUKTIVITAS.

15 MENGAPA INF AK DIGUNAKAN SBG SALAH SATU DASAR PENIKAIAN KINERJA. INFORMASI AKUNTANSI MENCERMINKAN NILAI SUMBER DAYA YANG DIPEROLEH PERUSAHAAN DARI BISNISNYA DAN YANG DIKORBANKAN OLEH PARA MANAJER UNTUK MENJALANKAN AKTIVITASBISNIS PER – USAHAAN. BEBERAPA FAKTOR YANG MEM[ENGARUHI : 1. HUBUNGAN ANTARA SOTK DENGAN STRUKTUR LAP KEUANGAN. 2. TINGKAT PARTISIPASI DLM PENETAPAN STANDAR 3. TKT PEMAHAMAN MGN THD INF AKUNTANSI DAN SISTEM AK.

16 PENILAIAN KINERJA ADALAH PENENTUAN SECARA PERIODIK EFEKTIVITAS OPERASIONAL SUATU ORGANISASI, BAGIAN ORGANISASI DAN PEGAWAI NYA BERDASARKAN SASARAN, STANDAR DAN KRI TERIA YANG TELAH DITETAPKAN SEBELUMNYA. TUJUAN POKOK : UNTUK MEMOTIVASI PEGAWAI DLM MENCAPAI SASARAN ORGANISASI DAN DLM MEMATUHI STANDAR PERILAKU YG TELAH DITETAP KAN SEBELUMNYA UTK MENGHASILKAN TINDAKAN YANG DIINGINKAN.

17 BERUSAHA TERUS MENJADI “terpilih”


Download ppt "AKUNTANSI MANAJEMEN STIE INABA. MAHASISWA DIHARAPKAN MENGETAHUI DAN MEMAHAMI TENTANG : > MAMFAAT INFORMASI AKUNTANSI PERTANGGUNG JAWABAN DALAM PENILAIAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google