Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

OLEH : RUHIYAT, S.PD NIAT : 26.118 PD PERSIS KOTA BOGOR 1432 H/2011 M.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "OLEH : RUHIYAT, S.PD NIAT : 26.118 PD PERSIS KOTA BOGOR 1432 H/2011 M."— Transcript presentasi:

1 OLEH : RUHIYAT, S.PD NIAT : PD PERSIS KOTA BOGOR 1432 H/2011 M

2

3  ADA KESEPAKATAN BERSAMA DI PZU DI KOTA BOGOR TENTANG BESARAN ZAKAT FITRAH UNTUK SETIAP JIWA.  BILA ZAKAT FITRAH DENGAN UANG, MAKA BESARAN ZAKAT FITRAH SESUAI DENGAN HARGA BERAS YANG BIASA DIMAKAN.  BESARANNYA RATA-RATA RP ,-/JIWA (?)  PALING RENDAH ATAU PALING BESAR DIKEMBALIKAN LAGI KEPADA KEBIASAAN HARGA BERAS YANG BIASA DI MAKAN.

4  BESAR BAGIAN ZAKAT FITRAH YANG DITERIMA UNTUK SETIAP JIWA DARI KELUARGA FAKIR MISKIN DIUSAHAKAN SAMA DI LINGKUP KERJA PZU UNIT.  PERBEDAAN TERJADI KARENA BEBAN KELUARGA FAKIR MISKIN (ADA 1 JIWA, 2 JIWA, 3 JIWA DST).  MISAL : UNTUK 1 JIWA MEMPEROLEH BAGIAN ZAKAT FITRAH SEBESAR RP ,-. APABILA KELUARGA FAKIR MISKIN ADA 1 ORANG AKAN MENDAPAT RP ,-, KALAU 2 ORANG, AKAN DAPAT RP ,- DST.

5  ZAKAT FITRAH DIKELOLA OLEH PZU UNIT.  UNTUK MENGHIMPUN ZAKAT DITINGKAT JAMA’AH PZU MEMBERDAYAKAN PIMPINAN JAMA’AH SEBAGAI KEPANJANGAN TANGAN DARI PZU UNIT MELALUI SURAT KEPUTUSAN DAN ATAU MENUGASKAN TASYKIL PZU UNIT YANG BERDOMISILI DI JAMA’AH YBS.  PIMPINAN JAMA’AH ATAU TASYKIL YANG DITUGASKAN BERKEWENANGAN UNTUK MENGHIMPUN DAN MENYALURKAN ZAKAT FITRAH KE MUSTAHIQ (FAKIR MISKIN) SETELAH :

6  MENYETORKAN PENERIMAAN PEROLEHAN PENERIMAAN ZAKAT FITRAH DI JAMA’AH  MENGAJUKAN MUSTAHIQ ZAKAT FITRAH (SEBAIKNYA PENDATAAN MUSTAHIQ DILAKUKAN DENGAN MEMPERHATIKAN JUMLAH TANGGUNGAN YANG ADA DI DALAM KELUARGA, SEHINGGA DIPUTUSKAN MENDAPAT BAGIAN 1 JIWA, 2 JIWA, 3 JIWA DST)  MEMBAGIKAN ZAKAT FITRAH KE MUSTAHIQ SETELAH SHALAT SHUBUH SEBELUM SHALAT IDUL FITRI. (BAGIAN UNTUK FAKIR MISKIN SUDAH DITERIMA DARI PZU UNIT PADA PUKUL WIB DI MALAM IDUL FITRI).

7 FORMAT PENGAJUAN MUSTAHIQ ZAKAT FITRAH NO. NAMA KEPALA KELUARGA JUMLAH TANGGUNGAN (KEPALA KELUARGA DAN TANGGUNGAN) ALAMAT/JAMA’AH 1.ADA 1 WARUNG JAMBU 2.ADI 3 WARUNG JAMBU 3.ADE 10 WARUNG JAMBU 4.ADU 2 WARUNG JAMBU 5.ADO 4 WARUNG JAMBU JUMLAH SELURUH 20

8 DAFTAR PENERIMAAN ZAKAT FITRAH OLEH MUSTAHIQ JAMA’AH : WARUNG JAMBU NO. NAMA KEPALA KELUARGA JUMLAH TANGGUN GAN (KEPALA KELUARGA DAN TANGGUNGAN) BESAR UANG (RP) TANDA TANGAN 1.ADA ,- 1. ……………. 2.ADI ,- 2. ………….. 3.ADE ,- 3. ……………. 4.ADU ,- 4. ………….. 5.ADO ,- 5. ……………. JUMLAH SELURUH ,-

9  PZU UNIT MEMPERSIAPKAN PROGRAM PENGOLAHAN SEDERHANA DARI EXCEL UNTUK MEMUDAHKAN DALAM PENGHITUNGAN PENDISTRIBUSIAN ZAKAT DAN PELAPORAN KE JAM’IYYAH MAUPUN KE PZU.  MEMBUAT KEPUTUSAN BESAR BAGIAN YANG DAPAT DITERIMA OLEH FAKIR MISKIN (SUPAYA TIDAK LARUT MALAM, MAKA KEPUTUSAN SUDAH DIAMBIL PADA PUKUL WIB DI MALAM IDUL FITRI).

10  APABILA TELAH DIPUTUSKAN, KEMUDIAN DATANG LAGI MUZAKI UNTUK MENYERAHKAN ZAKAT FITRAH, MAKA ZAKAT FITRAH TSB DIDISTRIBUSIKAN DI LUAR FAKIR MISKIN.  UNTUK ANTISIPASI, SEBAIKNYA DILAKUKAN JEMPUT BOLA KE PARA MUZAKI (TERUTAMA KE MUZAKI YANG BIASA MENYERAHKAN DI ATAS PUKUL WIB).  PEMBULATAN UANG UNTUK FAKIR MISKIN DIBULATKAN KE ATAS.

11  PZU PERWAKILAN BERUSAHA MELAKUKAN KEGIATAN KONSULTASI, KOMUNIKASI DAN MEMFASILITASI KELANCARAN KEGIATAN DI PZU UNIT.  PZU PERWAKILAN MENDAPAT TUGAS UNTUK MENERIMA TITIPAN ZAKAT UNTUK BAGIAN JAM’IYYAH ATAU PZU DARI PZU UNIT.  PZU PERWAKILAN MENUGASKAN TASYKILNYA UNTUK BERADA DI PZU UNIT UNTUK MELAKSANAKAN FUNGSI DI ATAS.

12  SEBAIKNYA DI PZU PERWAKILAN MAUPUN DI PZU UNIT MEMILIKI REKENING DI BANK SYARIAH DENGAN DITANDATANGANI OLEH KETUA DAN DIVISI ADMINISTRASI & KEUANGAN ATAU OLEH KETUA NAMUN BUKU TABUNGAN DISIMPAN DI DIVISI ADMINISTRASI & KEUANGAN.  MEMILIKI KARTU ATM UNTUK MEMUDAHKAN DALAM TRANSFER UANG TERUTAMA UNTUK LAPORAN KE PZU PUSAT.  LAPORAN ZAKAT KE PZU SEBAIKNYA SUDAH DITERIMA PADA WAKTU SERAH TERIMA KE PZU PERWAKILAN, AGAR SEGERA DILAPORKAN KE PZU PUSAT MELALUI EMAL KE

13  UNTUK MEMUDAHKAN PEMBAGIAN UANG KE MUSTAHIQ, SEBAIKNYA MELAKUKAN PENUKARAN UANG RECEHAN RP ,-, RP 5.000,- RP 1.000,-, RP 500,-, RP 100.  AMPLOP SUDAH DISIAPKAN DAN DIBERI NAMA.  PROGRAM PERHITUNGAN SUDAH DI SIMULASIKAN.  PENGAJUANMUSTAHIQ SUDAH DIBUAT DAN DIAJUKAN KE PZU UNIT.  LAIN-LAIN DI SIAPKAN.

14 TERIMA KASIH


Download ppt "OLEH : RUHIYAT, S.PD NIAT : 26.118 PD PERSIS KOTA BOGOR 1432 H/2011 M."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google