Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KASUS I Tuan Ghifari (K/3) selama setahun memperoleh penghasilan bersih tiap bulan rata-rata sebesar Rp 6.750.000,00. Hitunglah pajak terutangnya pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KASUS I Tuan Ghifari (K/3) selama setahun memperoleh penghasilan bersih tiap bulan rata-rata sebesar Rp 6.750.000,00. Hitunglah pajak terutangnya pada."— Transcript presentasi:

1 KASUS I Tuan Ghifari (K/3) selama setahun memperoleh penghasilan bersih tiap bulan rata-rata sebesar Rp ,00. Hitunglah pajak terutangnya pada akhir tahun ! KASUS II Tuan Ahmad (K/3) selama tahun 2005 memperoleh penghasilan bersih tiap bulan rata- rata sebesar Rp ,00. Hitunglah pajak terutangnya pada akhir tahun 2005 !

2 TARIF PAJAK  Pajak Perorangan : s.d Rp ,- = 5% >Rp ,- - Rp ,- = 10% >Rp ,- - Rp ,- = 15% >Rp ,- - Rp ,- = 25% >Rp ,- = 35%  Pajak Badan :  Sampai dengan Rp ,00 = 10%  > Rp ,00 s.d. Rp ,00 = 15%  > Rp ,00 s.d Rp ,00 = 20%  > Rp ,- = 30%

3 PASAR dan BURSA  Pasar Komoditas  Pasar Modal  Pasar Tenaga Kerja  Bursa Valuta Asing

4 Pasar merupakan tempat pertemuan para penjual dan pembeli untuk mengadakan transaksi jual-beli, baik secara langsung maupun tidak langsung => yang penting interaksi antara penjual dan pembeli. Bursa adalah pertemuan para pengusaha untuk mengadakan negosiasi yang berhubungan dengan dunia bisnis yang diakhiri dengan transaksi jual beli.

5 Pasar Uang adalah pasar tempat diperjual belikan dana-dana dan surat berharga yang mempunyai jangka waktu kurang dari satu tahun/jangka pendek Peserta pasar uang :  Bank  Yayasan Dana Pensiun  Perusahaan Asuransi  Lembaga Keuangan lainnya Fungsi pasar uang : memudahkan mengalirnya arus dana jangka pendek dari pihak yang berlebihan dana ke pihak yang memerlukan dana.

6 Pasar Uang Antar Bank : yaitu transaksi untuk menyerahkan sejumlah kelebihan dana dari suatu bank ke bank lain, di mana bank yang menerima dana tersebut sedang mengalami kalah kliring. Sertifikat Bank Indonesia (SBI) : adalah sejenis surat berharga yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia selaku Bank Sentral, dan dimaksudkan untuk dibeli oleh Bank Umum dengan nilai nominal yang besar. Surat Berharga Pasar Uang (SBPU): adalah sejenis surat berharga yang dikeluarkan oleh Bank Umum dan dibeli oleh Bank Indonesia dengan nilai nominal yang cukup besar.

7 Macam transaksi yang terdapat dalam pasar uang :  Pasar uang antar bank  Sertifikat Bank Indonesia (SBI)  Surat Berharga Pasar Uang (SBPU)  Sertifikat Deposito  Valuta Asing

8 Pasar Valuta Asing : adalah tempat seseorang apat membeli atau menjual sejenis mata uang asing atau menukar dengan mata uang rupiah Pasar Modal (Bursa Efek): adalah tempat pertemuan pihak yang menawarkan dan pihak yang memerlukan dana jangka panjang. Fungsi pokok Pasar Valuta Asing :  Mempermudah penukaran valuta asing  Mempermudah pemindahan uang antar negara  Mempermudah perjanjian/kontrak jual beli secara kredit  Tempat memperoleh informasi tentang keadaan kurs valuta asing

9 TOKO SEPATU Pada suatu hari, Joni datang disebuah toko sepatu dan membeli sepasang sepatu dengan harga Rp ,00. Atas sepatu tersebut, Joni membayar ke kasir dengan uang Rp ,00an. Karena tidak ada uang kembalian, penjual sepatu datang ke apotik untuk menukarkan uang Joni tersebut. Kemudian, setelah menerima sepatu dan uang kembalian, Joni kemudian pulang. Apa lacur, satu jam kemudian pemilik apotik datang ke pemilik toko sepatu, dan mengatakan bahwa uang yang ditukarkannya tadi ternyata uang palsu. Terpaksa pemiik toko sepatu menukar kembali dengan uang asli. Hitunglah berapa kerugian pemilik toko sepatu atas peristiwa tersebut, jika harga beli sepatu Rp70.000,00.

10 BERDAGANG TELUR Tak dipungkiri lagi, bahwa paska banjir harga sembako nyaris tak terkendali Pak Kardi sebagai pedagang beras, setelah banjir surut, melakukan transaksi perdagangan berasnya sbb :  Hari pertama membeli 1 kuintal beras, seharga Rp 4.000,00 per kg, dan dijualnya seharga Rp 4.500,00 per kg.  Hari kedua membeli beras 1 kuintal lagi, ternyata harga sudah naik menjadi Rp5.000,00 per kg. Terpaksa dijualnya seharga Rp5.500,00 per kg.  Hari ketiga, membeli beras lagi 1 kuintal, ternyata harga sudah naik lagi menjadi Rp6.000,00 per kg, dan dijualnya dengan harga Rp6.500,00 per kg. Pak Kardi bingung, perdagangannya laba apa rugi. Kalau laba berapa, dan kalau rugi berapa. Tolong hitungkan !


Download ppt "KASUS I Tuan Ghifari (K/3) selama setahun memperoleh penghasilan bersih tiap bulan rata-rata sebesar Rp 6.750.000,00. Hitunglah pajak terutangnya pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google