Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Penyusunan Rubrik dan Psikomotorik Benedictus Ryandi Titi mustikawati Yunita.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Penyusunan Rubrik dan Psikomotorik Benedictus Ryandi Titi mustikawati Yunita."— Transcript presentasi:

1 Penyusunan Rubrik dan Psikomotorik Benedictus Ryandi Titi mustikawati Yunita

2 Psikomotorik

3 Menurut ahli Anita Harrow (1972), Penentuan kriteria untuk mengukur keterampilan siswa harus dilakukan dalam jangka waktu sekurang-kurangnya 30 menit. Kurang dari waktu tersebut diperkirakan para penilai belum dapat menangkap gambaran tentang pola keterampilan yang mencerminkan kemampuan siswa.

4 TABEL PSIKOMOTORIK MENURUT ANITA HARROW NomerTingkatUraian dan contoh 1Gerakan refleks (reflex movement) Respon gerakan yang tidak didasari (yang dimiliki sejak lahir. Kesemuanya berhubungan dengan gerakan-gerakan yang dikordinasikan oleh otak dan bagian-bagian sumsum tulang belakang. 2Dasar gerakan-gerakan (basic fundamental movement) 2.1. Locomotor movement 2.2.Nonlocomotor movement 2.3. Manipulative movement Gerakan-gerakan yang menuntut kepada keterampilan yang sifatnya kompleks. Gerakan yang mendahului kemampuan berjalan (tengkurap, merangkak, tertatih- tatih, berjalan, lari, melompat, menggelinding, memanjat). Gerakan yang dinamisdalam suatu ruangan yang bertumpu pada suatu sumbu tertentu. Gerakan yang terkoordinasi seperti dalam kegiatan bermain piano, menggambar, naik sepeda, mengetik, dan sebagainya.

5 NomerTingkatUraian dan Contoh 3Perceptual abilitiesKombinasi dan kemampuan kognitif dan gerakan 3.1.Kinethetic discrimination Menyadari akan gerakan tubuh seseorang 3.2.Visual discrimination Kemampuan membedakan dan konsep visual 3.3.Auditory discrimination Meliputi auditory acuity, auditory tracking, auditory memory. 3.4.Tactile discrimination Kemampuan untuk membedakan dengan sentuhan. 3.5.Coordinate discrimination Koordinasi antara mata dengan tangan, mata dengan kaki.

6 NomerTingkatUraian dan Contoh 4Physical abilitiesKemampuan yang memerlukan untuk mengembangkan gerakan keterampilan tingkat tinggi. 4.1.Ketahanan (Endurance) Kemampuan untuk melanjutkan aktivitas (termaksud ketahanan otak dan denyut jantung). 4.2.Kekuatan (strength) Kemampuan menggunakan otot untuk mengadakan perlawanan. 4.3.FlexibilityRentangan gerakan dan sendi. 4.4.Kecerdasan otak (Agility) Kemampuan untuk bergerak cepat termaksud kemampuan untuk mengubah arah, memulai atau berhenti, mengurangi waktu tenggang atau reaksi dan respon (tampak dalam kecekatan), dan meningkatkan dexterity (meningkatkan ketangkasan = defness).

7 NomerTingkatUraian dan Contoh 5Skilled movementsGerakan-gerakan yang memerlukan belajar, misalnya keterampilan dalam menari, olahraga dan rekreasi. 5.1.Simple adaptive skills Setiap adaptasi yang berhubungan dengan dasar gerakan dasar 5.2.Compound adaptive skills Gerakan kombinasi untuk menggunakan alat-alat seperti raket, parang dan sebagainya. 5.3.Complex adaptive skills Menguasai mekanisme seluruh tubuh seperti dalam senam (gymnastic) 6Nondiscoursive communication. Kemampuan untuk berkomunikasi dengan menggunakan gerakan misalnya ekspresi wajah, postur, dan sebagainya. 6.1.Expressive movements Gerakan yang digunakan sehari-hari seperti sikap dan gerak tubuh, isyarat, ekspresi wajah. 6.2.Interpretive movements Gerakan sebgai bagian dari bentuk seni termaksud gerakan estetis dan improvisasi.

8 Untuk mengevaluasi hasil belajar, macam psikomotor harus dilakukan melalui pengamatan (observasi) terhadap siswa. Dalam melakukan pengamatan dapat digunakan lembar pengamatan (observasi) untuk tujuan belajar maupun evaluasi.

9 Menurut Simson(1966),ada 6 macam psikomotor yaitu 1. Persepsi Berkenaan dengan penggunaan indra dalam melakukan kegiatan. Ada 3 dimensi : sensori stimulasi, seleksi isyarat, dan translasi. 2. Kesiapan Perilaku persiapan atau kesiapan untuk kegiatan atau pengalaman tertentu 3. Gerakan terbimbing 4. Gerakan terbiasa 5. Gerakan yang komplek 6. Penyesuaian dan keaslian

10 Kategori jenis perilaku Kemampuan internal Kata kerja operasional PersepsiMenafsirkan rangsangan, peka terhadap rangsangan, mendiskriminasi kan Memilih, membedakan, mempersiapkan, menyisihkan, menunjukkan, mengidentifikasi kan, menghubungkan

11 KesiapanBerkonsentrasi, menyiapkan diri (fisik dan mental) Memulai, mengawali, bereaksi, mempersiapkan, memprakarsai, menanggapi,mempertunjukkan Gerakan terbimbing Meniru contohMempraktekkan, memainkan, mengikuti, mengerjakan, membuat, mencoba, memperlihatkan, memasang, membongkar

12 Gerakan mekanisme Berketrampilan, berpegang pada pola Memasang, membongkar, memperbaiki, mengerjakan Respon yang kompleks Misalnya lancar, luwes, supel, gesit, lincah Memasang, membongkar, memperbaiki, mengerjakan Penyesuaian dan keaslian Menyesuaikan diri, bervariasi Mengubah, mengatur kembali, membuat variasi

13 RUBRIK Rubrik merupakan alat evaluasi yang menjelaskan kualitas pekerjaan dari sangat baik ke sangat tidak baik atau sebaliknya. Rubrik penskoran merupakan suatu pekerjaan khusus ketika suatu keputusan tentang kualitas diperlukan untuk mengevaluasi aktivitas dan materi pembelajaran.

14 BAGAIMANA CONTOH RUBRIK??

15 PENYUSUNAN RUBRIK Penyusunan rubrik bisa kita buat sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, yang perlu kita perhatikan untuk membuat sebuah rubrik adalah sebagai berikut: 1. JENIS KRITERIA 2. SUB KRITERIA 3. SKALA PENILAIAN 4. SEBUTAN TINGKAT 5. PENGHITUNGAN SKOR

16 SEKIAN DAN TRIMAKASIH


Download ppt "Penyusunan Rubrik dan Psikomotorik Benedictus Ryandi Titi mustikawati Yunita."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google