Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh. Dr. Ilham Prisgunanto.  Perencanaan adalah dasar dari pembuatan IMC  Artinya perencanaan bisa distimulasikan dan akan menjati set keputusan apakah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh. Dr. Ilham Prisgunanto.  Perencanaan adalah dasar dari pembuatan IMC  Artinya perencanaan bisa distimulasikan dan akan menjati set keputusan apakah."— Transcript presentasi:

1 Oleh. Dr. Ilham Prisgunanto

2  Perencanaan adalah dasar dari pembuatan IMC  Artinya perencanaan bisa distimulasikan dan akan menjati set keputusan apakah proses IMC itu berhasil.  Tentu saja dalam merencanakan sesuatu harus ada dasar informasi yang relevan yang biasanya berdasarkan hasil dari riset.

3 Dasar Perencanaan  Hence menyebutkan bahwa informasi dari internal dan eksternal perusahaan akan membantu para eksekutif menentukan arah dan kebijakan tentang pemasaran yang terintegrasi.  Perencanaan akan memberikan berbagai langkah strategis yang bisa diambil dan berinterelasi antara satu dengan lain (mutual)  Perencanaan juga harus memperhatikan hubungan lintas sektoral agar pelaksanaan IMC tidak terisolasi pada satu bidang atau bagian saja.

4 Pentingnya Perencanaan  Hal penting yang diperhatikan dalam perencanaan adalah sesuai dengan obyektif yang dibuat dan diterima oleh pasar (dalam hubungan dengan meningkatkan kepuasan)  Analogi yang diberikan kepada pasar seperti medan perang, kampanye dan sosialisasi harus mengikuti konteks geografis dan target sasaran dan penentuan dengan sarana apa yang cocok didekati.  Pemahaman adalah komunikasi pemasaran adalah sebuah percakapan komunikasi antara brand dengan audiens (konsumen).

5  Menurut Cooper (1997) perencanaan itu harus: 1. Mudah dikenali 2. Ada Dugaan 3. Sintesis dan inspirasi 4. Optimis 5. Terevaluasi 6. Bisa direview

6 RABOSTIC  Situasional – Research dan analysis  Gambaran target – Audiens  Alokasi Dana dan ketersediaan sumber daya – Budget  Tujuan – Objective  Keputusan Pengambilan keputusan – Strategy  Pelaksanaan Keputusan – Tactics  Manajemen Kampanye – Implementation and Action  Evaluasi kampanye - Control

7 Situational Analysis  Analisis Organisasi Apakah perusahaan bisa menjual dan dapat hasil  Analisis Kompetitor Siapa kompetitor kita apa brand mereka?  Analisis konsumen Siapa konsumen kita, profil mereka?  Analisis pasar Pola distribusi penjualan di sana bagaimana?  Analisis Produk Produk sesuai dengan keinginan konsumen atau tidak?

8 Target Market  Pencarian siapa target pasar potensial kita?  Pemilihan harus memperhatikan unsur ; komunitas-komunitas, dari media, teman- kolega, pemimpin opini (karena semua ini yang mempengaruhi)

9 Budget/Anggaran  Dalam anggaran bisa juga dilakukan dengan melakukan pengukuran pada unsur 3Ms (menurut Smith et. al,1997), yaitu; 1. MAN 2. MONEY 3. MINUTES

10 Pengukuran Budget  Budget adalah inti dari pencapaian dan hidupnya perusahaan. Bila menyusun atau mengukur maka gunakan  SMARRTT 1. Specific 2. Measurable 3. Achievable 4. Realistic 5. Relevant 6. Targeted 7. Timed

11 Strategy  Strategi yang baik adalah ada keseimbangan antara perpaduan objective dan budget


Download ppt "Oleh. Dr. Ilham Prisgunanto.  Perencanaan adalah dasar dari pembuatan IMC  Artinya perencanaan bisa distimulasikan dan akan menjati set keputusan apakah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google