Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MSDM STRATEGIS Pertemuan 4. MANAJEMEN STRATEGIS? (S TRATEGIC H UMAN R ESOURCE M ANAGEMENT ) Suatu pola penyebaran SDM yang direncanakan dan aktivitas-aktivitas.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MSDM STRATEGIS Pertemuan 4. MANAJEMEN STRATEGIS? (S TRATEGIC H UMAN R ESOURCE M ANAGEMENT ) Suatu pola penyebaran SDM yang direncanakan dan aktivitas-aktivitas."— Transcript presentasi:

1 MSDM STRATEGIS Pertemuan 4

2 MANAJEMEN STRATEGIS? (S TRATEGIC H UMAN R ESOURCE M ANAGEMENT ) Suatu pola penyebaran SDM yang direncanakan dan aktivitas-aktivitas yang dimaksudkan untuk memungkinkan suatu organisasi agar dapat mencapai sasaran- sasarannya.

3 MODEL PROSES MANAJEMEN STRATEGIS MISISASARAN Kebutuhan SDM -Keterampilan -Perilaku -Budaya Analisis Eksternal -Peluang & Ancaman PILIHAN STRATEGI Analisis Internal -Kekuatan -Kelemahan Strategi Dadakan Perumusan Strategi

4 MODEL PROSES MANAJEMEN STRATEGIS Kemampuan SDM -Keterampilan -Kemampuan -Pengetahuan Praktik-Praktik SDM -Rekrutmen -Analisis Pekerjaan -Pelatihan -Perancangan Pek -Hub Antar -Seleksi Karyawan -Pengembangan -Kompensasi Kinerja Perusahaan -Produktivitas -Kualitas -Profitabilitas Tindakan SDM -Perilaku -Hasil (Produktivitas, kemangkiran, LTO) Evaluasi Strategi Pelaksanaan strategi

5 Perumusan Strategi (strategy formulation) adalah suatu proses untuk menentukan arah strategis dengan mendefinisikan misi dan sasaran perusahaan, berbagai peluang dan ancaman eksternal, serta berbagai kekuatan dan kelemahan internal. Pelaksanaan Strategi (strategy implementation) adalah proses untuk merancang struktur dan mengalokasikan sumber daya agar dapat menetapkan strategi perusahaan yang telah dipilihnya.

6 S TRATEGI — KEPUTUSAN - KEPUTUSAN TENTANG PERSAINGAN DI MANA TEMPAT UNTUK BERSAING? Di dalam pasar apa atau kita akan bersaing dengan pasar apa? (industri, produk, dll?) BAGAIMANA CARA BERSAING? Pada kriteria atau karakteristik2 apakah yang akan membedakan kita dari pesaing? Biaya? Kualitas? Keandalan? Proses Penyampaian? DENGAN APA KITA AKAN BERSAING? Sumber daya apakah yang akan memungkinkan kita untuk mengalahkan pesaing kita? Bagaimana kita bisa mendapatkan, mengembangkan, dan menyebabkan sumber daya agar dapat bersaing?

7 PERAN MSDM DALAM PERUMUSAN STRATEGI Dapat dibedakan dalam 4 tingkat integrasi antara Fungsi MSDM dengan Fungsi Manajemen Strategis : 1. Hubungan Administrasi 2. Hubungan Satu Arah 3. Hubungan Dua Arah 4. Hubungan Integratif

8 H UBUNGAN ADMINISTRATIF Perhatian fungsi MSDM difokuskan pada aktivitas sehari-hari Departemen SDM terpisah dari unsur proses Manajemen Strategis Departemen SDM hanya terlibat pada pekerjaan administratif yang tidak terkait dengan kebutuhan bisnis inti perusahaan.

9 H UBUNGAN S ATU ARAH Peran fungsi MSDM adalah merancang sistem-sistem dan/atau program-program yang menerapkan rencana strategis. Hubungan ini dapat menjadi kendala perusahaan dalam mempertimbangkan masalah-masalah SDM pada saat merumuskan rencana strategis.

10 H UBUNGAN D UA ARAH Memungkinkan adanya pertimbangan masalah- masalah SDM dalam proses perumusan strategis. Integrasi : Tim perencanaan strategis menginformasikan fungsi MSDM dari berbagai strategi yang dipertimbangkan oleh perusahaan -- kemudian para eksekutif MSDM menganalisis dampak- dampak SDM dari berbagai strategi—setelah keputusan strategis dibuat, rencana strategis diteruskan kepada eksekutif MSDM yang mengembangkan program untuk diterapkan.

11 H UBUNGAN I NTEGRATIF Hubungan ini bersifat dinamis dan banyak segi berdasarkan interaksi terus-menerus dari pada interaksi yang berurutan. Fungsi-Fungsi MSDM dibangun langsung ke dalam proses-proses perumusan dan pelaksanaan strategi.

12 MSDM STRATEGIS FUNGSI MSDM DILIBATKAN BAIK PADA PERUMUSAN STRATEGI MAUPUN PELAKSANAAN STRATEGI


Download ppt "MSDM STRATEGIS Pertemuan 4. MANAJEMEN STRATEGIS? (S TRATEGIC H UMAN R ESOURCE M ANAGEMENT ) Suatu pola penyebaran SDM yang direncanakan dan aktivitas-aktivitas."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google