Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

INOVASI PADA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Komunikasi Pemasaran  Komunikasi : proses pemikiran dan pemahaman disampaikan antarindividu  Pemasaran :

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "INOVASI PADA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Komunikasi Pemasaran  Komunikasi : proses pemikiran dan pemahaman disampaikan antarindividu  Pemasaran :"— Transcript presentasi:

1 INOVASI PADA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN

2 Komunikasi Pemasaran  Komunikasi : proses pemikiran dan pemahaman disampaikan antarindividu  Pemasaran : sekumpulan kegiatan di mana perusahaan dan organisasi mentransfer nilai- nilai (pertukaran) antara mereka dengan pelanggannya.  Komunikasi pemasaran : merepresentasikan gabungan semua unsur dalam bauran pemasaran merek,yang memfasilitasi terjadinya petukaran dengan menciptakan suatu arti yang disebarluaskan kepada pelanggan atau kliennya.

3 Lingkungan Komunikasi Pemasaran  Lingkungan komunikasi pemasaran sudah berubah.  Konsumen menginginkan interaksi yang lebih besar dengan pemasar  Kekuatan komunitas pelanggan semakin besar.  Kampanye pemasaran dilakukan dengan “Low Budget dan High Impact” pendekatan pemasaran yang fokus pada belanja pemasaran yang rendah tapi membuahkan hasil yang signifikan.

4 Lingkungan Komunikasi Pemasaran  Menurut Yuswohadi dari MarkPlus, Low Budget dan High Impact dapat dicapai melalui : 1. Target market tepat sasaran 2. Interaksi dan partisipasi aktif pelanggan 3. Pendekatan yang “berbeda” dengan pesaing  Teknologi mengubah pemasar berkomunikasi dengan pelanggannya  Bagaimana kegiatan memasarkan di era transparansi ?

5 Era Pemasaran 3.0 Marketing 1.0 Product centric Marketing 2.0 Customer centric Marketing 3.0 Values-driven Objective perusahaan. Menjual produkMemuaskan dan membuat konsumen loyal. Membuat dunia lebih baik Pemicu arus pergerakan. Industrial revolutionTeknologi informasi dan komunikasi Teknologi new wave Perusahaan memandang konsumen Pembeli massalKonsumen yang memiliki rasional dan emosional Konsumen yg memiliki mind, heart, and spirit. Kunci konsep pemasaran Pengembangan produk DiferensiasiNilai-nilai (values) Panduan pemasaran perusahaan. Spesifikasi produkPositioning perusahaan dan Produk Visi, misi dan Value perusahaan.

6 Era Pemasaran 3.0 Marketing 1.0 Product centric Marketing 2.0 Customer centric Marketing 3.0 Values-driven Nilai yang dijual perusahaan FungsionalFungsional dan emosionalFungsional, emosional and spiritual. Interaksi dengan konsumen. Transaksional yang bersifat top down (One to many) Hubungan intimasi yang bersifat one-to-one Kolaborasi antar jejaring konsumen (many-to-many)

7 Bauran Komunikasi Pemasaran Memiliki delapan model komunikasi utama, yakni: 1.Iklan 2.Promosi Penjualan 3.Acara dan Pengalaman 4.Hubungan Masyarakat dan Publisitas 5.Pemasaran Langsung 6.Pemasaran Interaktif 7.Pemasaran dari mulut ke mulut 8.Penjualan Personal

8 Komunikasi Pemasaran Terintegrasi Untuk Membangun Ekuitas Merk

9 d. Memilih Saluran Komunikasi a.Saluran Komunikasi Pribadi  Memungkinkan dua orang atau lebih berkomunikasi tatap muka, antara seseorang dengan pemirsa, melalui telepon atau melalui . Terdiri atas: -Saluran penasihat -Saluran ahli -Saluran sosial

10 d. Memilih Saluran Komunikasi b.Saluran Komunikasi NonPribadi  Merupakan komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang. Ini meliputi: -Media (media cetak, siaran, jaringan, elektronik, dll) -Promosi Penjualan (sampul, promosi konsumen, promosi dagang, dll) -Acara dan Pengalaman (olahraga, hiburan, seni dan amal) -Hubungan Masyarakat (kepada konsumen, perusahaan lain dan pemerintah)

11 Mengelola Proses Komunikasi Pemasaran Terintegrasi  Komunikasi Pemasaran Terintegrasi (Integrated Marketing Communication/IMC) adalah konsep perencanaan komunikasi pemasaran yang mengakui nilai tambah rencana komprehensif.

12 Mengelola Proses Komunikasi Pemasaran Terintegrasi b.Mengimplementasikan IMC Manfaatnya antara lain:  Menghasilkan konsistensi pesan lebih kuat  Membantu membangun ekuitas merk dan menciptakan dampak penjualan lebih besar  Memaksa manajemen memikirkan semua cara pelanggan berhubungan dengan perusahaan

13 Contoh kasus  Kampanye imunisasi melalui social media  Kampanye low budget dan high impact


Download ppt "INOVASI PADA STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Komunikasi Pemasaran  Komunikasi : proses pemikiran dan pemahaman disampaikan antarindividu  Pemasaran :"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google