Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Disajikan oleh MARGONO SLAMET Institut Pertanian Bogor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Disajikan oleh MARGONO SLAMET Institut Pertanian Bogor."— Transcript presentasi:

1

2 1 Disajikan oleh MARGONO SLAMET Institut Pertanian Bogor

3 Margono S.-- Menentukan Masalah & Tujuan Penelitian 2

4 3

5 4

6 5

7 6

8 7 3. Mencari hubungan antara dua fenomena atau lebih --> problema korelasi. Ada dua macam korelasi : 1.Korelasi / Hubungan sejajar (Hubungan warna bulu dengan produktivitas [telur] ayam). 2.Korelasi / Hubungan sebab-akibat (Hubungan mutu ransum pakan dengan produktivitas [telur] ayam.

9 8  Kalau peneliti ingin mengetahui status sesuatu maka judul dapat dirumuskan sbb: “Studi deskripsi tentang ………”, “Penelitian tentang pendapat …..”, “Tanggapan masyarakat tentang ………”.  Kalau peneliti ingin membandingkan status dua fenomena atau lebih maka judulnya bisa: “Studi komparasi antara......”, “Penelitian komparasi kandungan minyak atsiri antara buah pala ma-tang dan mentah”.

10 9  Kalau peneliti ingin mengetahui hubungan antara dua fenomena atau lebih, maka kalau korelasi sejajar judul bisa berbunyi: “Korelasi antara …… dengan ………”,”Hubungan antara ….. dengan ……..”, atau “Studi korelasi antara ….. dengan ……..”.  Untuk korelasi sebab-akibat, judul bisa berbu-nyi: “Pengaruh ……. terhadap ………..”.  Permasalahan yang akan diteliti (problematik) bisa dirumuskan sebagai “kalimat pertanyaan” (Bagaimana hubungan antara tingkat pendidikan dan tindak kriminalitas?)

11 10  Tujuan penelitian dirumuskan dalam “kalimat pernyataan” tentang jawaban yang dicari terha-dap “pertanyaan” di atas.  1. Masalah adalah hal yang dipertanyakan oleh peneliti.  2. Tujuan penelitian adalah jawaban yang ingin dicari dengan penelitian.  3. Kesimpulan penelitian adalah jawaban yang diperoleh dari penelitian.  Ketiganya harus relevan satu sama lainnya da-lam perumusannya.

12 11  Masalah penelitian adalah hal pokok dalam penelitian. Perumusan masalah penelitian dibuat dalam bentuk pertanyaan yang jawabannya ingin diperoleh melalui pene-litian.  Hal yang dipertanyakan seyogyanya : 1.Belum terjawab dalam khasanah ilmu pengetahuan. 2.Menarik keinginan tahu. 3.Jawabannya akan bermanfaat, baik untuk keperluan praktis ataupun keperluan ilmu pengetahuan.

13 12 MERUMUSKAN MASALAH DAN TUJUAN PENELITIAN a Telah dikemukakan di atas bahwa masalah penelitian seyogyanya sudah dapat ditangkap melalui judul penelitian. Namun judul penelitian harus cukup singkat tetapi jelas masalah apa yang diteliti. a Agar cukup singkat judul tidak perlu menye- butkan jenis penelitian apa (deskriptif, eksploratif, studi kasus, dll), metoda, dan alat utama apa yang akan digunakan, kecuali memang sangat perlu karena sifatnya yang khusus. a Rincian yang lain itu bisa dikemukakan dalam tubuh rencana penelitian di luar judul.

14 13 a Permasalahan yang akan diteliti harus dapat terungkap dengan jelas melalui perumusan lima hal berikut ini. 1.Penegasan judul – karena judul dirumuskan secara singkat, perlu ada penegasan (keterangan) yang memper-jelas. 2.Alasan pemilihan judul. 3.Masalah yang akan diteliti (problematik) ialah hal-hal yang dipertanyakan. 4.Tujuan penelitian – jawaban yang ingin dicari. 5.Manfaat hasil penelitian.

15 14 KRITERIA PENILAIAN PROPOSAL PENELITIAN Masalah yang diteliti.3 Relevansi masalah dengan keahlian peneliti.2 Tujuan penelitian.3 Metode penelitian.3 Manfaat penelitian2 Kepustakaan yang dipakai.2 Originalitas penelitian2 Kelayakan waktu penelitian.1 Kelayakan dana yang diusulkan.1 Sifat penelitian (pemula,intermediate, advance)1 BOBOT

16 15

17 Margono S.-- Menentukan Masalah & Tujuan Penelitian 16


Download ppt "1 Disajikan oleh MARGONO SLAMET Institut Pertanian Bogor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google