Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pilar 1 : pengembangan SDM berkualitas pada Bank syariah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pilar 1 : pengembangan SDM berkualitas pada Bank syariah."— Transcript presentasi:

1 Pilar 1 : pengembangan SDM berkualitas pada Bank syariah

2 Project assessment Hal ini dimaksudkan agar para pelaku pengembangan SDM Mampu menilai prospek usaha secara akurat sesuai dengan nilai ekonomis. Pada kondisi industrinya, kapasitas masih terbatas, tapi pada sejumlah lembaga riset pendidikan dan konsultasi usaha sudah mengembangkan keahlian project assessment. Inisiatif strategisnya untuk tahun yaitu kerjasama dengan lembaga riset, pendidikan dan konsultasi penyusunan materi project assessment, mempersiapkan materi assessment bagian program sertifikasi bank syariah,,mendorong penigkatan kualitas assessment oleh bank melalui program sertifikasi, updating materi sertifikasi bank syariah

3 Managerial skill Mampu menghasilkan keputusan manajemen yang baik dalam aspek SDM, keuangan syariah, operasional perbankan dan marketing. Kondisi industrinya sejumlah pengembangan dalam peningkatan SDM khususnya pada area operasi perbankan, kerjasama strategis dengan pusat riset perbankan, keberadaan competitor SDM dari Negara asing. Inisiatif strategis tahun yaitu, kerjasama dengan lembaga riset dalam pengembangan kemampuan managerial skill bagi Bank syariah, penyusunan awal materi pendidikan dan pelatihan managerial skill, mempersiapkan materi assessment bagi program sertifikasi Bank syariah, peningkatan kualitas pendidikan dan pelatihan managerial skill, updating materi Bank syariah.

4 Kompetensi penerapan prinsip syariah Sasaran pengembangan nya yaitu setiap level managerial mampu menerapkan prinsip syariah dalam aspek transaksi, operasional dan GCG ( good corporate governance) dalam kerangka market discipline. Kondisi industrinya yaitu proses pengembangan pengertian syariah sudah mulai berjalan namun implementasi belum komprehensif. Inisiatif srtategisnya kerjasama dengan lembaga riset dan sertifikasi untuk penyusunan best practice manajemen umum dan resiko, pengembangan materi pendidikan dan pelatihan, peningkatan kompetensi dan kualitas penerapan prinsip syariah dalam transaksi dan GCG.

5 Memiliki lembaga pendidikan dan pelatihan Dengan memiliki lembaga pelatihan dan pendidikan diharapkan bisa mencetak dan mendidik para pelaku ekonomi syariah agar menjadi qualified. Diharapkan bisa mencetak dan mendidik segala pelaku yang bekerja di Bank syariah, baik pada posisi yang tinggi atau pun yang masih pada level bawah. Ini semua dilakukan untuk memuaskan nasabah dalam bentuk langsung. Seperti pendidikan para Teller yang berhubungan langsung dengan para nasabah.

6 Lembaga fatwa keuangan syariah Sasaran pengembangannya adalah mampu memenuhi kebutuhan fatwa yang komprehensif yang mencakup transaksi keuangan dan aspek operasional perbankan syariah, kemampuan untuk menyelesaikan perselisihan dalam segala aspek operasional perbankan syariah.Kondisi industrinya yaitu pengembangan cakupan fatwa berbagai transaksi keuangan mulai dilakukan, fatwa belum mencakup aspek manajemen governance, disiplin pasar, kestabilan system keuangan dan kode etik bisnis, dalam tahap membangun pemahaman, mengenai transaksi dasar keuangan syariah, mengenai transaksi dasra keuangan syariah, kurangnya pendapatan yuridis yang mencakup semua aspek dari operasi perbankan syariah. Sedangkan inisiatif strategis dari tahun yaitu, mendorong program sertifikasi DPS dalam bidang operasional perbankan syariah dan kerjasama dengan institusi terkait dalam pengembangan kompetensi hakim, arbiter dan notaries di bidang keuangan syariah.

7 Kunci kompetensi pengembangan SDM pada Bank syariah Banking knowledge ( ilmu perbankan ) Immediate result ( produktifitas ) Syariah knowledge ( pengetahuan syariah ) Attitude and behavior ( sikap dan kebiasaan ) Managerial skill ( kemampuan memimpin )

8 Terima kasih………


Download ppt "Pilar 1 : pengembangan SDM berkualitas pada Bank syariah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google