Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Meditasi Alicia 6A. Pengertian Meditasi  Meditasi adalah cara menenangkan diri baik secara fisik maupun mental.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Meditasi Alicia 6A. Pengertian Meditasi  Meditasi adalah cara menenangkan diri baik secara fisik maupun mental."— Transcript presentasi:

1 Meditasi Alicia 6A

2 Pengertian Meditasi  Meditasi adalah cara menenangkan diri baik secara fisik maupun mental.

3 Macam2 meditasi

4 Samatha Bhavana  Samatha Bhavana merupakan pengembangan batin yang bertujuan untuk mencapai ketenangan. Dalam Samatha Bhavana, batin terutama pikiran terpusat dan tertuju pada suatu obyek. Jadi pikiran tidak berhamburan ke segala penjuru, pikiran tidak berkeliaran kesana kemari, pikiran tidak melamun dan mengembara tanpa tujuan.  Dengan melaksanakan Samatha Bhavana, rintangan-rintangan batin tidak dapat dilenyapkan secara menyeluruh. Jadi kekotoran batin hanya dapat diendapkan, seperti batu besar yang menekan rumput hingga tertidur di tanah. Dengan demikian, Samatha Bhavana hanya dapat mencapai tingkat- tingkat konsentrasi yang disebut jhana-jhana, dan mencapai berbagai kekuatan batin.

5 Vipassana Bhavana

6 Tujuan Meditasi  Meditasi adalah salah satu tujuan untuk menghakiri reinkarnasi dan semua penderitaan.

7 Hambatan Fisik  Paliboda:  Palibodha berarti gangguan dalam meditasi yang menyebabkan batin gelisah dan tidak mampu memusatkan pikiran pada obyek. Palibodha ini ada sepuluh macam, yaitu :  1. Avasa (tempat tinggal)  2. Kula (pembantu dan orang yang bertanggung jawab)  3. Labha (keuntungan)  4. Gana (murid dan teman)  5. Kamma (pekerjaan)  6. Addhana (perjalanan)  7. sati (orangtua, keluarga, dan saudara)  8. Abadha (penyakit)  9. Gantha (pelajaran)  10.Iddhi (kekuatan gaib)

8 Hambatan dalam  Nivarana: Nivarana berarti rintangan atau penghalang batin yang selalu menghambat perkembangan pikiran. Nivarana ini ada lima macam, yaitu:  1. Kamachanda (nafsu-nafsu keinginan)  2. Byapada (kemauan jahat)  3. Thina-middha (kemalasan dan kelelahan)  4. Uddhacca-kukkucca (kegelisahan dan kekhawatiran)  5. Vicikiccha (keragu-raguan)

9 Pengaruh meditasi fisik/ luar diri  Medhitasi membantu mencegah beberapa penyakit (AIDS, kanker jantung, etc.) maupun penyakit penderitaan psikologis (e.g. depressi).  Medhitasi juga berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

10 Pengaruh meditasi dalam diri  Medhitasi membantu kita belajar untuk konsentrasi dan mengendalikan diri.  Selain itu medhitasi digunakkan untuk mebersihkan dan disiplin pikiran.

11 Posisi2 meditasi  Meditasi berdiri  Meditasi duduk  Meditasi sambil berjalan  Meditasi berbaring

12 Alat2 dalam meditasi  Lilin  Mala/ Tasbeh  Patung/ gambar Buddha

13 Obyek Meditasi (40)

14  Pathavi kasina = wujud tanah  Apo kasina = wujud air  Teja kasina = wujud api  Vayo kasina = wujud udara atau angin  Nila kasina = wujud warna biru  Pita kasina = wujud warna kuning  Lohita kasina = wujud warna merah  Odata kasina = wujud warna putih  Aloka kasina = wujud cahaya  Akasa kasina = wujud ruangan terbatas ySepuluh kasina (sepuluh wujud benda), yaitu :

15 ySepuluh asubha (sepuluh wujud kekotoran), yaitu :  Uddhumataka = wujud mayat yang membengkak  Vinilaka = wujud mayat yang berwarna kebiru-biruan  Vipubbaka = wujud mayat yang bernanah  Vicchiddaka = wujud mayat yang terbelah di tengahnya  Vikkahayitaka = wujud mayat yang digerogoti binatang- binatang  Vikkhittaka = wujud mayat yang telah hancur lebur  Hatavikkhittaka = wujud mayat yang busuk dan hancur  Lohitaka = wujud mayat yang berlumuran darah  Puluvaka = wujud mayat yang dikerubungi belatung  Atthika = wujud tengkorak

16 ySepuluh anussati (sepuluh macam perenungan), yaitu :  Buddhanussati = perenungan terhadap Buddha  Dhammanussati = perenungan terhadap Dhamma  Sanghanussati = perenungan terhadap Sangha  Silanussati = perenungan terhadap sila  Caganussati = perenungan terhadap kebajikan  Devatanussati = perenungan terhadap makhluk-makhluk agung atau para dewa  Marananussati = perenungan terhadap kematian  Kayagatasati = perenungan terhadap badan jasmani  Anapanasati = perenungan terhadap pernapasan  Upasamanussati = perenungan terhadap Nibbana atau Nirwana

17 yEmpat appamañña (empat keadaan yang tidak terbatas), yaitu :  Metta = cinta kasih yang universal, tanpa pamrih  Karuna = belas kasihan  Mudita = perasaan simpati  Upekkha = keseimbangan batin  Satu aharapatikulasanna (satu perenungan terhadap makanan yang menjijikkan)  Satu catudhatuvavatthana (satu analisa terhadap keempat unsur yang ada di dalam badan jasmani)  Empat arupa (empat perenungan tanpa materi), yaitu :  Kasinugaghatimakasapaññatti = obyek ruangan yang sudah keluar dari kasina  Akasanancayatana-citta = obyek kesadaran yang tanpa batas  Natthibhavapaññati = obyek kekosongan  Akincaññayatana-citta = obyek bukan pencerapan pun tidak bukan pencerapan

18 Hasil yang bisa dicapai meditasi  Mencapai penerangan Sempurna  Percaya diri  Tenang dan mampu menghadapi situasi apapun.

19 Experience  During meditation (namo thasa baghavato arahato samma sang Buddha sa x 108) I felt really warm and prickly.  The distraction was my sister and brother laughing in the background and me wanting to write this and quickly hurry up with the meditation.


Download ppt "Meditasi Alicia 6A. Pengertian Meditasi  Meditasi adalah cara menenangkan diri baik secara fisik maupun mental."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google