Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Meditasi Anthony 6B. Medhitasi Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Meditasi Anthony 6B. Medhitasi Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan."— Transcript presentasi:

1 Meditasi Anthony 6B

2 Medhitasi Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan dalam hidup kita sehari-hari

3 Macam – Macam Meditasi

4 Samatha Bhavana Dalam Samatha Bhavana ada 40 macam obyek meditasi. Obyek- obyek meditasi ini dapat dipilih salah satu yang kiranya cocok dengan sifat atau pribadi seseorang. Pemilihan ini dimaksudkan untuk membantu mempercepat perkembangannya. Pemilihan sebaiknya dilakukan dengan bantuan seorang guru.

5 Vipassana Bhavana Vipassana Bhavana merupakan pengembangan batin yang bertujuan untuk mencapai pandangan terang

6 Tujuan 0 Jalan untuk masuk dalam kesadaran jiwa. 0 Jalan untuk introspeksi diri. 0 Jalan untuk berkomunikasi dengan sang pencipta. 0 Jalan untuk mengubah hidup. 0 Jalan untuk meraih ketenangan batin.

7 Manfaat Manfaat meditasi yang kita lakukan bisa secara langsung maupun tidak langsung kita rasakan secara fisik.[6] Salah satu manfaat tersebut adalah kesembuhan yang kita peroleh, jika kita menderita sakit tertentu.

8 Cara melakukan Meditasi 0 Cari tempat yang tenang. 0 Kenakan pakaian yang longgar dan nyaman. 0 Bagi sebagian orang duduk bersila terasa tenang. Anda boleh duduk di atas bantalan atau handuk. Anda juga bisa menggunakan kursi, tapi usahakan duduk hanya pada setengah bagian depan kursi. Ada orang-orang yang suka memakai handuk atau syal pada bahu untuk mencegah kedinginan.bersila terasa tenang. Anda boleh duduk di atas bantalan atau handuk. Anda juga bisa menggunakan kursi, tapi usahakan duduk hanya pada setengah bagian depan kursi. Ada orang-orang yang suka memakai handuk atau syal pada bahu untuk mencegah kedinginan. 0 Bahu Anda harus rileks dan tangan diletakkan di pangkuan. 0 Buka mata setengah tanpa benar-benar menatap apa pun. 0 Jangan berusaha mengubah pernapasan Anda biarkan perhatian Anda terpusat pada aliran napas. Tujuannya adalah agar kehebohan dalam pikiran Anda perlahan menghilang. aliran napas. Tujuannya adalah agar kehebohan dalam pikiran Anda perlahan menghilang. 0 Lemaskan setiap otot pada tubuh Anda. Jangan tergesa-gesa, perlu waktu untuk bisa rileks sepenuhnya; lakukan sedikit demi sedikit, dimulai dengan ujung kaki dan terus ke atas sampai kepala. 0 Visualisasikan tempat yang menenangkan bagi Anda. Bisa berupa tempat yang nyata atau khayalan. Visualisasikan tempat yang menenangkan bagi Anda. Bisa berupa tempat yang nyata atau khayalan.

9 Hambatan 0 Dalam: 1. kamachanda-nivarana (kerinduan terhadap kenikmatan duniawi) 2. vyapada-nivarana (itikad jahat) 3. thinamiddha nivarana (kemalasan dan kelesuan) 4. uddhaca-kukuccha nivarana (kegelisahan dan kekhawatiran) 5. vicikhicca nivarana (keraguan) Luar: 1. Tempat Tinggal (Avasa) 2. Keluarga (Kula) 3. Pendapatan (Labha 4. Siswa (Gana) 5. Kegiatan (Kamma) 6. Bepergian (Addhana) 7. Kerabat (Nati) 8. Sakit (Abadha) 9. Belajar (Gantha) 10. Kemampuan Batin (Idhi)

10 Objek

11 Pengaruh 0 Menyembuhkan Hipertensi 0 Memperlambat penuaan


Download ppt "Meditasi Anthony 6B. Medhitasi Meditasi adalah praktik relaksasi yang melibatkan pelepasan pikiran dari semua hal yang menarik, membebani, maupun mencemaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google