Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

By: Jesslyn 6A MEDITASI. Pengertian Medhitasi Memusatkan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu bertafakur.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "By: Jesslyn 6A MEDITASI. Pengertian Medhitasi Memusatkan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu bertafakur."— Transcript presentasi:

1 By: Jesslyn 6A MEDITASI

2 Pengertian Medhitasi Memusatkan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu bertafakur

3 Macam Macam Medhitasi Meditasi dalam agama Budha terbagi dalam dua macam, yaitu meditasi samatha dan meditasi vipassana. Meditasi samatha yaitu suatu tingkat awal (lokiya/duniawi) untuk mencapai ketenangan jasmani dan batin melalui tercapainya pemusatan pikiran pada satu obyek

4 Tujuan medhitasi JALAN MENUJU KETENANGAN DAN KEBERSIHAN BATIN

5 Hambatan luar mengalami respon supernatural akan adanya energi dari alam lainnya yang tidak berwujud.

6 Hambatan dalam Banyak para guru dan master yang pada awalnya menekankan pada meditasi yang memperhatikan keluar masuknya udara, dan ada pula yang mengajarkan cara mengatur irama nafas yang masuk maupun yang keluar. Berbagai macam teknik dan cara meditasi dengan menfokus pada pernafasan telah banyak diajarkan oleh para guru meditasi. Dampak dari pembinaan meditasi yang salah, akan menyebabkan kendala pernafasan yang dapat berakibat terganggunya pemasukan oksigen ke dalam otak. Selain itu adapula gangguan alamiah dari unsur luar lain, sehingga para pembina akan seperti merasakan.

7 Manfaat medhitasi Dengan meditasi ini akan terjadi reaksi pada individu yang mampu meningkatkan kesehatannya secara umum dengan mempelancar proses metabolisme tubuh, laju denyut jantung lebih teratur, peredaran darah lancar, mengatasi berbagai macam penyakit, mendorong racun dan kotoran dari dalam tubuh keluar, menurunkan tingkat agretifitas dan perilaku-perilaku buruk dampak dari stress, menurunkan tingkat egosentris sehingga hubungan intra personal ataupun intra personal menjadi lancar, mengurangi kecemasan, pada anak-anak dapat meningkatkan intelegency meliputi karakter kognitif, matematis, logis serta karakter afektif, relational, kreatif dan emosional, pola pikir menjadi lebih matang, mempermudah dalam mengendalikan diri, meningkat kesejahteraan.

8 Posisi medhitasi Sikap Bersila Peran Sedulur Papat Posisi Bagian Badan

9 Obyek obyek dalam medhitasi Pathavi kasina = wujud tanah Apo kasina = wujud air Teja kasina = wujud api Vayo kasina = wujud udara atau angin Nila kasina = wujud warna biru Pita kasina = wujud warna kuning Lohita kasina = wujud warna merah Odata kasina = wujud warna putih Aloka kasina = wujud cahaya Akasa kasina = wujud ruangan terbatas ySepuluh asubha (sepuluh wujud kekotoran), yaitu : Uddhumataka = wujud mayat yang membengkak Vinilaka = wujud mayat yang berwarna kebiru-biruan Akincaññayatana-citta = obyek bukan pencerapan pun tidak bukan pencerapan

10 Hal yang di capai dalam medhitasi Milikilah suatu tempat khusus untuk meditasi, mempunyai sikap tubuh khusus, mempunyai waktu yang khusus. Ini menciptakan suatu lingkungan di dalam mana begitu kita datang, secara otomatis kita masuk dalam suasana meditasi, suasana hati merenung sehingga tempat khusus tersebut yang kita sediakan untuk meditasi dapat kamu katakan sebagai sebuah ashram juga.

11 Pengaruh medhitasi Banyak orang yang tahu bahwa meditasi dapat meredakan sakit, memperbaiki konsentrasi dan sistem imunisasi tubuh, menurunkan tekanan darah, mengurangi depresi dan insomnia. Selain itu, penelitian ilmiah membuktikan bahwa meditasi dapat meningkatkan IQ, memperlambat penuaan, dan orang yang melakukan meditasi memiliki indeks saraf otak besar yang berhubungan dengan kebahagiaan 7 kali lipat lebih tinggi daripada manusia biasa.


Download ppt "By: Jesslyn 6A MEDITASI. Pengertian Medhitasi Memusatkan pikiran dan perasaan untuk mencapai sesuatu bertafakur."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google