Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Slide 2 ~ Sinyal dan Frekuensi SETIO BASUKI Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Slide 2 ~ Sinyal dan Frekuensi SETIO BASUKI Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang."— Transcript presentasi:

1 Slide 2 ~ Sinyal dan Frekuensi SETIO BASUKI Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang

2 Course Objective Tren dalam berkomunikasi. Frekuensi untuk komunikasi. Konsep sinyal (Analog & Digital).

3 Introduction (1) Apa kamu tahu mereka … ? Apa kamu kenal meraka.. ? Apa mereka kenal kamu.. ? Bagaimana kamu tahu mereka.. ?

4 Introduction (2) Pernahkan kamu memikirkan bagaimana teknologi dibalik televisi ?

5 Introduction (3) Kemudian, pernahkan terpikirkan bagaimana bisa terjadi.. ???

6 Tren Berkomunikasi Paradigma Lama : Pasar Monopoli. Circuit Switch. Dominasi Wireline. Pentarifan Berdasarkan Waktu (Menit). Tergantung Jarak. Dominasi Badan Usaha Milik Negara. Paradigma Baru : Pasar Kompetitif. Packet Switch. Dominasi Wireless & Mobile. Pentarifan Berdasarkan jumlah “byte” yang ditransmisikan. Tidak Tergantung Jarak. Dominasi Swasta dan Perusahaan Publik. Perubahan Paradigma pada Telekomunikasi Indonesia

7 Kondisi Existing

8 Palapa Ring …

9 Pengantar Regulasi Telekomunikasi Penyelenggaraan jasa telekomunikasi membutuhkan regulasi agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik. Regulasi mencakup beberapa hal : Ketersediaan spektruk frekuensi. Tarif. Interkoneksi. Konten. Penomoran. Penomoran dan spektrum frekuensi merupakan aspek yang vital, karena termasuk sumber daya yang terbatas. Tata kelola ditangani oleh Direktorat Jenderal Pos dan Telekomunikasi (Ditjen Postel).

10 Regulasi Spektrum Frekuensi Tujuan kebijakan pemerintah dalam penataan spektrum frekuensi adalah : Penggunaan lebih efisien dan optimal. Menambah alternatif mengejar ketertinggalan teledensitas ICT. Penyebaran layanan secara merata. Mendorong tarif yang terjangkau. Mendorng tumbuhnya peluang usaha infrastruktur dan konten. Menciptakan kompetisi yang sehat. Tujuan kebijakan pemerintah dalam penataan penomoran adalah menyediakan nomor yang unik, dalam suatu wilayah penomoran.

11 Spektrum Electromagnetic Semakin pendek panjang gelombang (berarti frekuensinya tinggi) maka tingkat energy-nya semakin tinggi, dan sebaliknya. Transmisi energi elektromagnetik pada frekuensi >150 kHz.

12 Panjang Gelombang (1) Panjang gelombang adalah sebuah jarak antara satuan berulang pada sebuag gelombang. Secara sederhana dapat dijelaskan bahwa 1 gelombang terdiri dari Satu Bukit, dan Satu Lembah.

13 Konsep Sinyal Sinyal informasi tidak dapat bergerak sendiri pada jarak yang jauh. Misalkan anda bicara, apa sinyal suara anda bisa sampai ke jakarta dengan sendirinya ? Tentu tidak bukan ? Terus caranya bagaimana …? Gini-Gini Caranya ! Sinyal dirubah ke dalam bentuk sinyal listrik. Sinyal listrik itu juga nggak bisa langsung sampai ke tujuan, Sehingga sinyal listrik dapat disalurkan menggunakan kabel.

14 Penumpangan Sinyal Pada Carier Cara yang terbaik untuk menumpangkan sinyal adalah pada Gelombang, karena gelombang dapat bergerak pada jarak yang jauh. Untuk itu salah satu parameter gelombang harus dirubah sesuai dengan perubahan sinyal yang mau dikirim. Contoh : Jika suatu gelombang cahaya diubah intensitasnya (terang/gelap), maka perubahan itu dapat diterima di tempat yang jauh. Jika grlombang radio diubah-ubah amplitudonya, maka perubahan amplitudo ini dapat diterima di tempat yang jauh.

15 Proses Transmisi Perubahan bentuk informasiMultiplexing Transmisi lewat media (disesuaikan dengan media yang digunakan untuk pengiriman) Depacking.

16 Analog Data Continuous signal. Expressed as an oscillation (sine wave format) of frequency. Example: Analog electrical signal generated by a microphone in response to continuous changes in air pressure that make up sounds.

17 Sinyal Analog

18 Analog Signaling 18 time (sec) amplitude (volts) 1 cycle frequency (hertz) = cycles per second phase difference

19 Digital Data Represented as a sequence of discrete symbols from a finite “alphabet” of text and/or digits Rate and capacity of a digital channel measured in bits per second (bps) Digital data is binary: uses 1s and 0s to represent everything Binary digits can be represented as voltage pulses

20 Sinyal Digital – PC Input

21 21 Analog Signals Carrying Analog and Digital Data

22 22 Digital Signals Carrying Analog and Digital Data


Download ppt "Slide 2 ~ Sinyal dan Frekuensi SETIO BASUKI Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Malang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google