Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BERDOA LEWAT PARA KUDUS. Dasar biblis: Abraham mendoakan penduduk Sodom dan Gomora (Kej 18:16-33); Musa (Kel 32:30-34); Yesus mendoakan umat manusia (Yoh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BERDOA LEWAT PARA KUDUS. Dasar biblis: Abraham mendoakan penduduk Sodom dan Gomora (Kej 18:16-33); Musa (Kel 32:30-34); Yesus mendoakan umat manusia (Yoh."— Transcript presentasi:

1 BERDOA LEWAT PARA KUDUS

2 Dasar biblis: Abraham mendoakan penduduk Sodom dan Gomora (Kej 18:16-33); Musa (Kel 32:30-34); Yesus mendoakan umat manusia (Yoh 17). Dasar biblis: Abraham mendoakan penduduk Sodom dan Gomora (Kej 18:16-33); Musa (Kel 32:30-34); Yesus mendoakan umat manusia (Yoh 17). Paulus mendoakan umatnya (Rm 1:9; Ef 1:16 dll). Sebaliknya, Paulus (minta) didoakan oleh umatnya. Paulus mendoakan umatnya (Rm 1:9; Ef 1:16 dll). Sebaliknya, Paulus (minta) didoakan oleh umatnya. Kesimpulan: manusia dapat saling mendoakan. Dalam hubungan dengan Tuhan, kita bisa menjadi pengantara bagi orang lain. Bdk. Penyembuhan orang lumpuh berkat iman si sakit dan mereka yg menggotong dia (Mrk 2:1-12). Kesimpulan: manusia dapat saling mendoakan. Dalam hubungan dengan Tuhan, kita bisa menjadi pengantara bagi orang lain. Bdk. Penyembuhan orang lumpuh berkat iman si sakit dan mereka yg menggotong dia (Mrk 2:1-12).

3 Sanggahan terhadap paham Katolik: Menurut Luk 16:26, Abraham tidak dapat menolong orang kaya yang dihukum Tuhan karena, “di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi …” Sanggahan terhadap paham Katolik: Menurut Luk 16:26, Abraham tidak dapat menolong orang kaya yang dihukum Tuhan karena, “di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi …” Jawaban: dalam kisah orang kaya dan Lazarus yang miskin (Luk 16:19-31), orang kaya digambarkan berada dalam nyala api (ayat 24), jadi dia tentunya berada di neraka (sebab menurut Yesus orang jahat dicampakkan ke dalam api yang kekal (Mat 13:50; 18:8). Padahal kita berdoa kepada para kudus di surga, bukan kepada mereka yang di neraka. Jawaban: dalam kisah orang kaya dan Lazarus yang miskin (Luk 16:19-31), orang kaya digambarkan berada dalam nyala api (ayat 24), jadi dia tentunya berada di neraka (sebab menurut Yesus orang jahat dicampakkan ke dalam api yang kekal (Mat 13:50; 18:8). Padahal kita berdoa kepada para kudus di surga, bukan kepada mereka yang di neraka.

4 Sanggahan lain: menurut Im 19:31 dll. Kita tidak boleh berpaling kepada arwah-arwah atau kepada roh-roh peramal. Jadi, kita yang hidup di dunia tidak boleh berkomunikasi dengan arwah. Sanggahan lain: menurut Im 19:31 dll. Kita tidak boleh berpaling kepada arwah-arwah atau kepada roh-roh peramal. Jadi, kita yang hidup di dunia tidak boleh berkomunikasi dengan arwah. Jawaban: yang dilarang tentunya praktis memanggil arwah orang mati untuk dimintai petunjuk. Sedang berdoa kepada orang kudus bukan memanggil arwah mereka. Lagi pula, dalam Ibrani 12:22-23 diungkapkan misteri kesatuan dan persatuan erat dari keluarga Allah ini: Jawaban: yang dilarang tentunya praktis memanggil arwah orang mati untuk dimintai petunjuk. Sedang berdoa kepada orang kudus bukan memanggil arwah mereka. Lagi pula, dalam Ibrani 12:22-23 diungkapkan misteri kesatuan dan persatuan erat dari keluarga Allah ini:

5 "Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu ‑ ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah, dan kepada jemaat anak ‑ anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh ‑ roh orang ‑ orang benar yang telah menjadi sempurna" "Tetapi kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi dan kepada beribu ‑ ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah, dan kepada jemaat anak ‑ anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, dan kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh ‑ roh orang ‑ orang benar yang telah menjadi sempurna"


Download ppt "BERDOA LEWAT PARA KUDUS. Dasar biblis: Abraham mendoakan penduduk Sodom dan Gomora (Kej 18:16-33); Musa (Kel 32:30-34); Yesus mendoakan umat manusia (Yoh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google