Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PERJUANGAN BERDARAH UMAT ALLAH.  Kitab Makabe terutama menceritakan peperangan antara bangsa Yahudi dengan bangsa Siria.  Kitab ini menonjolkan sikap.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PERJUANGAN BERDARAH UMAT ALLAH.  Kitab Makabe terutama menceritakan peperangan antara bangsa Yahudi dengan bangsa Siria.  Kitab ini menonjolkan sikap."— Transcript presentasi:

1 PERJUANGAN BERDARAH UMAT ALLAH

2

3  Kitab Makabe terutama menceritakan peperangan antara bangsa Yahudi dengan bangsa Siria.  Kitab ini menonjolkan sikap sejumlah tokoh Yahudi yang gagah berani, tidak gentar menghadapi maut, dan rela mati demi membela keyakinan.  Kitab ini penuh darah, pembunuhan, intrik politik, kelicikan, dan pengkhianatan.

4

5

6  Invasi: Aleksander Agung, raja Yunani, mengadakan invasi mulai tahun 334 SM.  Hasil invasi: ia menaklukkan banyak tempat dan menyebarkan budaya Yunani.  Ketika meninggal, kerajaan terpecah menjadi 4: Asia Kecil, Macedonia, Mesir, dan Siria.  Yang dominan: Mesir dan Siria.

7  200 SM: menggantikan Mesir (dinasti Ptolemeus), yang berkuasa di Israel adalah bangsa Siria (dinasti Seleukus) – orang Yahudi memasuki saat-saat yang sulit.  167 SM: Antiokhus IV Epifanes mengampanyekan budaya Yunani sebagai budaya nasional – tradisi, agama, dan hukum lokal dilarang, termasuk budaya Yahudi.  Baca: 1Mak. 1:41-51.

8  165 SM: terjadilah pemberontakan besar, yang dipimpin oleh keluarga Makabe (Matatias, Yohanes, Simon, Yudas, Eleazar, Yonatan).  Urutan kepemimpinan: Matatias – Yudas – Yonatan – Simon.

9  Lawan-lawan Makabe: Makabe bukan hanya melawan orang asing, tapi juga bangsa sendiri yang memilih untuk menganut budaya Yunani.  Jabatan yang diperebutkan: imam besar.

10  164 SM: dipimpin Yudas, Yerusalem berhasil direbut – penjajahan berakhir (bertahap) – Bait Allah ditahirkan kembali – mereka kembali merdeka (bertahap) setelah berabad- abad silih berganti dijajah bangsa-bangsa lain – sampai tahun 63 SM ketika jatuh ke tangan Romawi.  Penganiayaan oleh Antiokhus dan pemberontakan Makabe merupakan sumber terbentuknya 3 kitab: Daniel, 1 Makabe, dan 2 Makabe.

11

12  Kitab 1 Makabe dan 2 Makabe adalah dua kitab yang berdiri sendiri  Kitab 1 Makabe menceritakan 40 tahun sejarah keluarga Makabe ( SM).  Makabe sebenarnya julukan Yudas (1Mak. 2:4), tapi kemudian dipakai untuk seluruh keluarga.

13  Ayah: Matatias.  Para putra: ◦ Yohanes = Gadi (yang beruntung). ◦ Simon = Tasi (pengarah, pembimbing, penasihat, orang saleh). ◦ Yudas = Makabe (yang kepalanya berupa martil/penentuan dari TUHAN). ◦ Eleazar = Avaran (yang berjaga/si penikam). ◦ Yonatan = Apfus (yang diutamakan).

14  Penulis kitab: seorang Yahudi yang kagum terhadap dinasti Makabe – mengenal dengan baik geografi Palestina – menguasai gaya penulisan sejarah dalam Alkitab – punya akses dengan sumber-sumber resmi.  Waktu penulisan: sebelum Roma menaklukkan Yerusalem (63 SM).  Kitab 1 Makabe: mendekati laporan sejarah modern – namun akurasi tetap bisa dipertanyakan, tidak objektif, dan sangat bersifat teologis.

15  BAB 1: pendahuluan – krisis yang ditimbulkan oleh Antiokhus IV Epifanes.  BAB 3-9: kepahlawanan Yudas Makabe (3:3- 9; 4:36-40).  BAB 9-12: kepahlawanan Yonatan (9:43-49).  BAB 13-15: kepahlawanan Simon (13:1-6).  BAB 16: tampilnya Yohanes, putra Simon (16:20-24).

16  Menjelaskan bagaimana Allah memakai keluarga Makabe untuk menghentikan penindasan Kerajaan Siria.  Menjelaskan bagaimana jabatan imam jatuh ke tangan keluarga Makabe.  Memuliakan dan membela keabsahan dinasti Hasmoni.  Kepemimpinan mereka sah karena merekalah yang menyelamatkan Israel.

17  2:51-60: para Makabe adalah utusan Allah seperti para imam, hakim, dan raja dahulu kala.  2:61-64: kunci keberhasilan adalah percaya kepada Allah dan setia pada Taurat.  3:19: Allah menentukan nasib bangsa – pertolongan Allah diminta dalam doa – terwujud dalam tindakan nyata.

18

19  Baca: 2Mak. 4:7-10.  Sekali lagi: 2 Makabe bukan kelanjutan 1 Makabe – dua kitab ini berdiri sendiri-sendiri.  Waktu penulisan: disusun 124 SM – menyadur/meringkas 5 jilid karya Yason dari Kirene (160 SM) – 2Mak. 2:23.

20  Latar belakang sejarah sama dengan 1 Makabe – tapi 2 Makabe selesai sebelum Yudas terbunuh.  2Mak sejajar dengan 1Mak. 1-7 – namun sudut pandangnya berbeda.

21  Perang Yahudi bukan terutama untuk meraih kemerdekaan politis, tapi kebebasan menjalankan agama dan adat istiadat sendiri.  Tradisi Yahudi sangat luhur – masyarakat jangan sampai tertarik pada tradisi Yunani.  Gagasan teologis sejalan dengan tradisi Deuteronomis.  Yudas adalah orang yang setia kepada Taurat, Tuhan menyertainya secara ajaib (2Mak. 10:27-30).

22 MENAFSIRKAN 1 MAKABE

23

24  2:1-6: para pahlawan diperkenalkan – meninggalkan Yerusalem untuk menghindari penganiayaan.  2:7-14: ratapan kehancuran bangsa Yahudi dan Yerusalem – mengingatkan akan kehancuran Yerusalem oleh Babel – ini reaksi pertama menghadapi penganiayaan.

25  2:15-22: bencana besar kembali datang – keluarga Matatias tidak mau tunduk – menolak perintah raja – semua patuh, dia tidak – mereka berhak mengikuti keyakinan mereka sendiri – kesetiaan terhadap agama adalah suatu keutamaan.  2:23-28: ketika ada yang murtad, dibunuh – serupa dengan Bil. 25:7-15.

26 MENAFSIRKAN KITAB 2 MAKABE

27  12:1-2: menggambarkan serangan terhadap orang Yahudi di “kota Yunani” – Yope, sekarang dekat Tel-Aviv – orang Yahudi digambarkan suka hidup tenteram – tapi musuh-musuh mereka suka mengganggu – orang Yunani mengkhawatirkan pemberontakan Makabe akan menyebar. 

28  12:3-4: dengan tipu muslihat, orang Yahudi dibinasakan.  12:5-9: Yudas membalas dendam – kekerasan dibalas dengan kekerasan – Allah itu adil – kekerasan akan memulihkan kehormatan orang Yahudi – juga akan membuat mereka aman untuk beberapa saat – Yope dan Yamnia diserbu.

29

30  Kitab Makabe dinilai sebagai dokumen teologis yang merupakan propaganda keluarga Makabe.  Tanpa pemahaman yang baru bisa menjadi model pembenaran kekerasan atas nama agama.  Tapi itu tidak dibenarkan: moralitas berkembang – ada pihak lain yang keberatan (misalnya penulis kitab Daniel).

31  Resapi semangat Makabe untuk hidup secara mulia dan merdeka, wujudkan itu dengan semangat baru, sesuai dengan nilai-nilai positif yang berkembang zaman ini.  Sumbangan kitab Makabe bagi ajaran Gereja: ◦ Gagasan tentang kebangkitan (2Mak. 7:1-42). ◦ Doa bagi para arwah (2Mak. 12:38-45).


Download ppt "PERJUANGAN BERDARAH UMAT ALLAH.  Kitab Makabe terutama menceritakan peperangan antara bangsa Yahudi dengan bangsa Siria.  Kitab ini menonjolkan sikap."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google