Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DATA CENTER: [POWER], COOLING, CABLING. Tujuan mengetahui dan memahami komponen-komponen pembentuk sebuah sistem pendinginan data center disertai fungsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DATA CENTER: [POWER], COOLING, CABLING. Tujuan mengetahui dan memahami komponen-komponen pembentuk sebuah sistem pendinginan data center disertai fungsi."— Transcript presentasi:

1 DATA CENTER: [POWER], COOLING, CABLING

2 Tujuan mengetahui dan memahami komponen-komponen pembentuk sebuah sistem pendinginan data center disertai fungsi masing-masing komponen. mengetahui dan memahami teknologi dan teknik pendinginan pada data center. mengetahui dan memahami bagaimana pengkabelan untuk komunikasi antar komponen dalam data center dilakukan. mengetahui dan memahami kebutuhan-kebutuhan khusus catu daya data center disertai macam-macam teknologi catu daya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut. mengetahui dan memahami macam-macam gangguan catu daya pada data center dan teknik penanganannya.

3 Indikator Penilaian(1) Dasar – Menyebutkan komponen pembentuk sebuah sistem pendinginan data center. – Menyebutkan kabel apa saja yang dibutuhkan untuk pembangunan sebuah data center. – Menyebutkan kebutuhan khusus catu daya dalam sebuah data center. Menengah – Menjelaskan komponen pembentuk sebuah sistem pendinginan data center disertai fungsi masing-masing komponen. – Menjelaskan bagaimana pengkabelan untuk komunikasi antar komponen dalam data center dilakukan. – Menjelaskan kebutuhan khusus catu daya dalam sebuah data center disertai macam-macam teknologi catu daya untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut

4 Indikator Penilaian (2) Mahir – Menjelaskan teknologi dan teknik pendinginan pada data center – Memilih kabel yang sesuai dalam pembangunan data center untuk perusahaan skala kecil hingga besar – Memecahkan masalah yang berkenaan dengan catu daya pada data center dan teknik penanganannya

5 PCFE Power Cooling Footprint (space) Environmental

6 POWER/KELISTRIKAN

7 Hal-Hal Penting dalam kelistrikan Jenis Listrik : – Alternating Current (AC) – Direct Current (DC) Frequency – 60 Hz ( Amerika Utara) – 50 Hz ( Eropa dan Lainnya) Daya – Diukur dalam Wattjam (Wh atau KWh) Faktor Daya/Power Factor(PF) Faktor Pengali efisiensi (jika tidak diketahui, biasanya 0.8)

8 Komponen Kelistrikan Datacenter Power Control Unit (PCU) / Power Management Switch/Unit (PMS/PMU) Self/Co-Generated Power ex:Generator Standby/Backup Power – UPS – Battery Backup Power distribution units (PDUs)

9 PCU/PMS/PMU PCU/PMS/PMU merupakan peralatan yang melakukan fungsi pemindahan otomatis atau manual dari sumber daya utama ke sumberdaya lainnya (self/co-generated atau Standby/Backup) untuk keperluan pemeliharaan, diagnostik atau perbaikan atau load balancing atau lainnya.

10 Pertimbangan Pada PCU/PMS/PMU faktor biaya – perbedaan harga pada rentang waktu tertentu, misal malam – Insentif atas sumber energi terbarukan faktor beban – kebutuhan pada beban puncak – perubahan beban karena pemeliharaan

11 UPS dan Battery Backup UPS menjembatani kondisi kehilangan tenaga utama hingga tenaga cadangan dapat digunakan. Battery Backup memberikan cadangan dengan jangka waktu lebih panjang dari UPS

12 Power distribution units (PDUs) Melakukan transformasi energi dengan rating/tegangan lebih tinggi dari PCU/PMS/PMU ke peralatan IT/Infrastruktur yang memerlukan

13 Jenis UPS Online UPS Menyediakan tenaga yang bersih/bagus ( tanpa surge atau,fluktuasi) keperalatan saat dilakukan pemindahan tenaga dari primer ke sekunder(self/co-generated) atau standby. Line Interactive UPS menyediakan power conditioning dan filtering, dengan waktu kehilangan tegangan yang sangat pendek (beberapa milidetik) yang dapat ditoleransi oleh sistem catu daya. Offline UPS Menyediakan tenaga untuk transfer dalam orde beberapa milidetik, tanpa sistem filter. Biasanya peralatan kelas SOHO menggunakan ini.

14 Baterai backup Baterai backup merupakan sebuah sistem Penyimpanan Energi menggunakan baterai yang dikelola sedemikian rupa dalam skala yang besar. Hal terkait: Baterai memerlukan pemeliharaan rutin seperti penambahan air distilasi, pembersihan dan pengisian/cas ulang. Disarankan untuk ditempatkan pada ruangan atau sistem penempatan yang terpisah dari peralatan lain.

15

16 TERIMA KASIH

17 TUGAS 06a Buatlah laporan tentang masalah- masalah berkenaan pendinginan, perkabelan, dan penyediaan catu daya pada data center! Minimal 3 referensi, tidak termasuk wikipedia dan referensi [1] bab 6 (wajib ada)!

18 Tugas 06a(Lanjutan) Keterangan: Dikerjakan dalam kelompok maksimal 3 orang. Daftar kelompok ada pada milis. Lampirkan tabel pembagian tugas pada setelah halaman terakhir. Tulis referensi file disimpan dalam format yg dapat dibaca oleh (microsoft|open)office atau pdf. perhatikan ukuran file, jika besar, tolong dikompres. pertimbangkan bahwa seluruh peserta milis akan menerima file tersebut!

19 Tugas 06a(Lanjutan) Aturan : Subject 06a_KELOMPOK##_Judul Nama file : 06a_KELOMPOK##_Judul/Keterangan Batas waktu : Kamis, 29 Maret 2012 jam 12:00 Kirim ke :


Download ppt "DATA CENTER: [POWER], COOLING, CABLING. Tujuan mengetahui dan memahami komponen-komponen pembentuk sebuah sistem pendinginan data center disertai fungsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google