Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendidikan Aktivitas sengaja & terencana dari orang dewasa bertujuan memandirikan fisik & mental Ilmu Pendidikan Ilmu yg mempelajari hal/peristiwa yg.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendidikan Aktivitas sengaja & terencana dari orang dewasa bertujuan memandirikan fisik & mental Ilmu Pendidikan Ilmu yg mempelajari hal/peristiwa yg."— Transcript presentasi:

1

2 Pendidikan Aktivitas sengaja & terencana dari orang dewasa bertujuan memandirikan fisik & mental Ilmu Pendidikan Ilmu yg mempelajari hal/peristiwa yg timbul dlm praktek pendidikan Sifat : terbuka, teoretis, praktis, normatif, dan deskriptif. Pembelajaran Pengajaran Siswa & Guru Pelatihan

3 Batasan Pendidikan J.J. Rouseau Driyarkara John Dewey Ke-Indonesiaan Filsafat Psikologi Sejarah Antropolo gi Sospol Sosiologi Dlsb… Ilmu-ilmu yg membantu pendidikan

4 John Dewey : “Pendidikan adalah proses pembentukan kecakapan- kecakapan fundamental secara intelektual dan emosional ke arah alam dan sesama manusia.” J.J. Rousseau ; “Pendidikan adalah memberi kita perbekalan yang tidak ada pada masa kanak-kanak, akan tetapi kita membutuhkannya pada waktu dewasa.” Driyarkara ; “Pendidikan adalah pemanusiaan manusia muda atau pengangkatan manusia muda ke taraf insani”.

5  Usaha (kegiatan), usaha itu bersifat bimbingan (pimpinan atau pertolongan) dan dilakukan secara sadar.  Ada pendidik, atau pembimbing atau penolong.  Ada yang dididik atau si terdidik.  Bimbingan itu mempunyai dasar dan tujuan.  Dalam usaha itu tentu ada alat-alat yang dipergunakan.

6  Pendidikan Adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

7  Dasar : Pancasika dan UUD 1945  Fungsi : Mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabad dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa  Tujuan : untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serat bertanggungjawab.

8  Pendidikan Formal (institusi formal)  Pendidikan Non-formal (Masyarakat)  Pendidikan informal (Keluarga)

9  Masalah pemerataan pendidikan  Masalah mutu pendidikan  Masalah efisiensi pendidikan  Masalah relevansi

10  Aliran Empiris  Aliran Nativisme  Aliran Naturalis  Aliran Konvergensi


Download ppt "Pendidikan Aktivitas sengaja & terencana dari orang dewasa bertujuan memandirikan fisik & mental Ilmu Pendidikan Ilmu yg mempelajari hal/peristiwa yg."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google