Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perancangan dan Implementasi Sistem Billing Hotspot dengan menggunakan Captive Portal Oleh : Rahadian Rahman N (03410100024)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perancangan dan Implementasi Sistem Billing Hotspot dengan menggunakan Captive Portal Oleh : Rahadian Rahman N (03410100024)"— Transcript presentasi:

1 Perancangan dan Implementasi Sistem Billing Hotspot dengan menggunakan Captive Portal Oleh : Rahadian Rahman N ( )

2 Abstraksi Sistem ini dibuat menggunakan integrasi dari webserver, captive portal danradius. Metode diatas digunakan untuk mempermudah pengelolaan terhadap keseluruhan sistem pendukung hotspot tersebut, berupa manajemen kasir,pemberlakuan tarif, generator voucher prepaid, pengelolahan pengguna danbilling beserta tagihannya. Perangkat lunak billing hotspot adalah sebuah Aplikasi billing via Hotspot yang dapat mempermudah seorang pengguna dalam melakukan maintenance data dimana aplikasi di kembangkkan berbasiskan web sehingga pengguna dapat dengan mudah mengaksesnya secara online.

3 LATAR BELAKANG LATAR BELAKANG Banyak hotspot yang terpasang di jaringan masih menggunakan setting default bawaan vendor seperti SSID, IP Address, DHCP enable, bahkan tanpa enkripsi untuk administrasi wireless tersebut.WEP (Wired Equivalent Privacy) merupakan standart keamanan wireless sebelumnya, saat ini bisa dengan mudah dipecahkan dengan berbagai tools yang tersedia di internet. WPA-PSK dan LEAP yang dianggap solusi menggantikan WEP, yang bisa dipecahkan dengan metode dictionary attack secara offline. (Josua M Sinambela,2009, Hal ini membutuhkan sebuah Aplikasi Billing Hotspot berbasis Captive Portal untuk memproteksi atau tidak mengijinkan adanya trafik hingga user melakukan registrasi atau otentikasi selain itu mempermudah pengelolahan penagihan kepada pelanggan sesuai dengan total waktu pemakaian dan total bandwitdh yang terpakai terhadap pengguna atau user.

4 Rumusan Masalah Bagaimana merancang sebuah aplikasi Internet Hotspot Billing? Bagaimana cara mempermudah kasir menghitung pemakaian berdasarkan bandwitch dan manajemen penggunan billing beserta tagihannya?

5 Tujuan Agar tercipta aplikasi sistem billing hotspot menggunakan open source captive portal. Memberikan kemudahan kepada pengguna untuk mengautomasi dalam menghitung pemakaian berdarkan badwitdh dengan penghitungan pemakaian HOTSPOT per- bandwidth.

6 Batasan Masalah Aplikasi dibangun dengan mengimplementasikan Radius dan Apache Web Server. Aplikasi menggunakan Captive Portal authentication dan authorization. Bahasa Pemrograman yang dipakai adalah PHP dengan open framework. Sistem Database menggunakan MySql Radius. Sistem tidak menangani masalah security webserver secara menyeluruh. Sistem Operasi dan aplikasi pendukung sistem HOTSPOT yang digunakan berbasis Open Source dengan sistem operasi Linux Ubuntu Jaunty 9. Sistem billing dapat melakukan perhitungan berdasarkan jumlah waktu pakai maupun berdasarkan jumlah bandwidth yang tepakai

7 LANDASAN TEORI Hotspot Gateway captive portal. Radius. Web Server

8 Hotspot Gateway Hotspot Gateway captive portal. Sistem Billing Freeradius. Web Server

9 HOTSPOT GATEWAY CAPTIVE PORTAL Hotspot Gateway adalah sebuah alat yang melakukan proses authetication, authorization dan accouting pada sebuah jaringan nirkabel atau wireless. Alat ini dapat menjaga sebuah jaringan jauh dari para pengguna yang tidak berhak mengakses jaringan pribadi (private network) ) Captive Portal adalah tehnik autentikasi dan pengamanan data yang lewat dari network internal ke network eksternal. Captive Portal sebenarnya merupakan mesin router atau gateway yang meproteksi atau tidak mengijinkan adanya trafik, hingga user melakukan registrasi. Biasanya Captive Portal digunakan pada infrastruktur wireless. Parameter Captive Portal terdiri dari integrasi antara Chilispot, MySQL server, Radius, serta Apache2

10 Web Server Menurut FARLEX, “Web Server adalah perangkat lunak server yang berfungsi menerima permintaan Hyper Text Terminal Protocol (HTTP) atau Hyper- Text Terminal Protocol Secure (HTTPS) dari klien yang biasanya diakses melalui web browser dan mengirimkan kembali hasilnya dalam bentuk halaman-halaman web yang umumnya berbentuk dokumen HTML.”(Farlex,2011, server).HTTPHTTPSbrowser HTML

11 Konfigurasi Sistem Hotspot Berbayar

12 Data Flow Diagram


Download ppt "Perancangan dan Implementasi Sistem Billing Hotspot dengan menggunakan Captive Portal Oleh : Rahadian Rahman N (03410100024)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google