Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Seri Aktivitas Pramuka

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Seri Aktivitas Pramuka"— Transcript presentasi:

1 Seri Aktivitas Pramuka
Siaga Mula, Siaga Bantu, Siaga Tata Penggalang Ramu, Penggalang Rakit, Penggalang Terap

2 Sekilas Tentang Pramuka (1)
Gerakan Pramuka pertama kali dilakukan tahun 1907 ketika Lord Baden-Powell menyelenggarakan jambore pertama di Kep. Brownsea, Inggris. Gerakan Pramuka di Indonesia dimulai sejak tahun 1923 di Bandung. Hari Pramuka di Indonesia adalah setiap tanggal 14 Agustus. Pramuka adalah singkatan dari praja muda karana, artinya rakyat muda yang suka berkarya. Tahun 1923 didirikan Nationale Padvinderij Organisatie (NPO) di Bandung dan Jong Indonesische Padveinderij Oraganisatie (JIPO) di Jakarta (semua oleh Belanda).

3 Sekilas Tentang Pramuka (2)
Jumlah anggota di Indonesia sekitar 21 juta anggota (sumber: kata sambutan Kak Azrul Azwar, Ka Kwarnas, di buku Aktivitas Pramuka). Pramuka menjadi ekstra kurikuler wajib dalam Kurikulum 2013. Mengenai pendanaan, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan menuturkan satu diantaranya dengan memanfaatkan dana Bantuan Operasional Sekolah (www.tempo.co, 21 November 2012). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 68 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah

4 Pembagian Usia/Kelas Siaga untuk usia 7-10 tahun
SD kelas > Siaga SD kelas > Penggalang Ramu SD kelas 6 -> Penggalang Ramu/Rakit SMP -> Penggalang Penggalang untuk usia tahun SD yang menyelenggarakan sampai Penggalang Ramu: SD Mardi Yuana, Bogor. SD yang menyelenggarakan sampai Penggalang Rakit: SD Advent, Bogor.

5 Seri Aktivitas Pramuka
Aktivitas Pramuka adalah seri buku aktivitas atau kegiatan bagi Pramuka. Buku ini mengacu pada SKU (Syarat-syarat Kecakapan Umum) berdasarkan Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor: 198 Tahun 2011 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Syarat Kecakapan Umum.

6 Keunggulan Buku Berbagai aktivitas di dalam buku ini dapat menjadi bahan/materi latihan mingguan dan kegiatan bersama. Keunggulan buku Aktivitas Pramuka Mengacu pada SKU (Syarat-syarat Kecakapan Umum). Berisi berbagai aktivitas pengembangan spiritual, emosional, sosial, intelektual, dan fisik Pramuka. Memuat aktivitas pengembangan karakter.

7 Aktivitas untuk Pramuka Siaga
Harga Rp22.000 Aktivitas Pramuka untuk Siaga Mula Kode : Aktivitas Pramuka untuk Siaga Bantu Kode : Aktivitas Pramuka untuk Siaga Tata Kode :

8 Aktivitas untuk Pramuka Penggalang
Harga Rp22.000 Aktivitas Pramuka untuk Penggalang Ramu Kode : Aktivitas Pramuka untuk Penggalang Rakit Kode : Aktivitas Pramuka untuk Penggalang Terap Kode :

9 Terima kasih Salam Pramuka


Download ppt "Seri Aktivitas Pramuka"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google