Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kepemimpinan. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Keberhasilan organisasi. Keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh, pemimpin dari organisasi itu. Oleh.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kepemimpinan. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Keberhasilan organisasi. Keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh, pemimpin dari organisasi itu. Oleh."— Transcript presentasi:

1 Kepemimpinan. Oleh. Dr.Resna AS MPH.

2 Keberhasilan organisasi. Keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh, pemimpin dari organisasi itu. Oleh karena itu selanjutnya kita akan membahas mengenai Kepemimpinan. Kepemimpinan adalah perpaduan berbagai prilaku yang dimiliki seseorang, sehingga orang itu memiliki kemampuan untuk mendorong orang lain bersedia dan menyelesaikan tugas-tugas tertentu yang dipercayakan kepadanya.

3 Kepemimpinan. Empat unsur pokok Kepemimpinan. 1.Pemimpin dan sikap yang dimilikinya. 2.Orang yang dipimpin(memilih orang) 3.Situasi dan kondisi didalam organisasi (kemampuan mengendalikan organisasi) 4.Situasi dan kondisi diluar organisasi (kemampuan organisasi menyesuaikan dengan situasi diluar organisasi)

4 Syarat seorang Pemimpin. 1.Sehat Jasmani, rohani dan sosial. 2.Memahami maksud dan tujuan organisasi. 3.Memahami kelebihan dan kekurangan organisasi. 4.Mampu mengambil Keputusan, dalam 1.Memilih pembantunya. 2.Mendelegasikan wewenang. 3.Membuat situasi didalam organisasi kondusif untuk bekerja. 4.Mengambil risiko, untuk menyelesaikan masalah. 5.Memberikan penghargaan & menghukum.

5 Gaya kepemimpinan. 1.Gaya kepemimpinan Diktator. 1.Tidak ada hubungan dengan bawahan. 2.Tujuan dicapai dengan ancaman hukuman. 2.Gaya kepemimpinan autokratis. Sama dengan kepemimpinan diktator tapi dalam kadar yang lebih rendah. 3.Gaya kepemimpinan Demokratis. Ada peran serta bawahan dalam bentuk musyawarah. 4.Gaya kepemimpinan santai. Peran serta bawahan sangat dominan.

6 Penguasaan Skill dalam Kepemimpinan S1 D1 D2 D3 D4 MagisS2 TOP MIDDLE LOWER WORKER CONCEPTUAL SKILL HUMAN SKILL MANAGERIAL SKILL OPERATIONAL SKILL TECHNICAL SKILL KejurSMA Level Pimpinan Level Kemampuan Level Pendidikan

7 9 7 8 PROFESSIO N IOB POSITION FORMAL DEGREE EXPERIENC ES COURTESY OF Rudy Handojo- PII Nine levels of qualification IQF represents the quality of formal and non formal educational and training system as well as competency - recognition system in Indonesia INDONESIA QUALIFICATION FRAMEWORK

8 PERPADUAN ANTARA PENDIDIKAN FORMAL, PROFESIONALISME, PENGALAMAN KERJA DAN KARIR: Pencapaian Level pada KKNI Melalui Berbagai Jalur Operator Teknisi/Analis Ahli Pengalaman individual atau belajar sendiri SM P SM A D1D1 D2D2 D3D3 S1D4S1D4 S 2/Sp S 3/Sp P Pendidikan Formal Peningkatan Karier di Dunia Kerja Peningkatan Profesionalitas L3 L1 L2

9 Indonesian Qualification Framework S2 S1 S3 SMA (3) S2(Terapan) D I D IV/ S1(Terapan) D III D II SMK (3) S3(Terapan) Expert Technician/A nalyst Operator SpecialistProfesional

10 Makin tinggi jenjang pen- didikan makin tinggi kecenderungan untuk bekerja pada pekerjaan yang diciptakan orang lain

11 Mengapa hal tsb terjadi ? Jawabannya. Karena sistem pendidikan di Indonesia, lebih menekankan pada hal-hal yang dianggap teknis, kurang atau tidak memberikan KREATIVITAS & INOVASI.

12 KREATIVITAS adalah kemampuan untuk membuat kombinasi baru berdasarkan data, informasi, atau unsur-unsur yang ada yang di dasarkan pada data atau informasi yang tersedia, yang memungkinkan seseorang menemukan banyak kemungkinan jawaban terhadap masalah, yang mencerminkan kelancaran, keluwesan (fleksibilitas), dan orisinilitas dalam berpikir, serta kemampuan untuk mengelaborasi (mengembangkan, memperkaya, merinci) suatu gagasan.

13 INOVASI adalah mengkreasikan atau mengiplementasikan sesuatu menjadi kombinasi baru. Istilah BARU bukan berarti original, tetapi lebih ke NEWNESS (kebaharuan). Inovasi adalah pengembangan sesuatu manjadi hal-hal baru yang menuju ke arah yang lebih baik, yang berlaku pada suatu komunitas & waqktu tertentu.

14 Herarhi Kepemimpinan. Top Manager. Middle Manager. Lower Manager. Worker.

15 Top manager. Skill yang harus dimiliki Top Manager. Human relation skill. Visi kedepan. Hukum dan peraturan. Network / jaringan informasi. Problem solver. Decesion maker.

16 Middle manager. Skill yang harus dimiliki Middle Manager. Human relation skill. Hukum dan peraturan. Network / jaringan informasi. Problem solver. Decesion maker. Follower.

17 Lower manager. Skill yang harus dimiliki Lower Manager. Human relation skill. Problem solver. Decesion maker. Follower. Implementasi.

18 Worker. Skill yang harus dimiliki Worker. Human relation skill. Follower. (Turuti perintah) Implementasi.

19 TERIMAKASIH


Download ppt "Kepemimpinan. Oleh. Dr.Resna AS MPH.. Keberhasilan organisasi. Keberhasilan suatu organisasi sangat ditentukan oleh, pemimpin dari organisasi itu. Oleh."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google