Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Modul ke: Fakultas Program Studi DASAR-DASAR HKI Dr. Ir. Eliyani 09 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Modul ke: Fakultas Program Studi DASAR-DASAR HKI Dr. Ir. Eliyani 09 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."— Transcript presentasi:

1 Modul ke: Fakultas Program Studi DASAR-DASAR HKI Dr. Ir. Eliyani 09 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika

2 HKI dan Kemajuan Suatu Bangsa produk unggulan dari negara-negara maju, merupakan buah cipta sumber daya manusianya, sementara dari negara miskin dan berkembang umumnya berasal dari sumber daya alam.

3 Kelemahan SDA SUMBER DAYA ALAM (SDA) SULIT TERBARUKAN BAHKAN DI ANTARA SDA TERSEBUT ADA YANG AKAN PUNAH, SEDANGKAN SUMBER DAYA MANUSIA BERBASIS KEKAYAAN INTELEKTUAL (SDM KI) AKAN TERUS MAMPU MENGHASILKAN INOVASI-INOVASI YANG TERUS BERKEMBANG JIKA DIDUKUNG OLEH LINGKUNGAN DAN SISTEM YANG TEPAT.

4

5 Pada umur 52 tahun, penghasilan Bill Gates pada tahun 2003 mencapai 52,8 Milyar USD, sementara gaji Presiden AS sebesar US$ ,- / tahun. Kalau dibandingkan, kekayaan Bill Gates setara dengan gaji Presiden AS selama tahun.

6

7 Dari sudut kelembagaan dan institusional (tool of IP system), HKI paling tidak mencakup: – Administrasi Perlindungan HKI; – Data dan Informasi HKI; – Kolateral HKI; dan – Pelelangan HKI.. Secara kelembagaan dan institusional, masyarakat di Indonesia, baru melaksanakan kepentingan tahap 1 dan 2 (urusan administrasi dan perlindungan serta sedikit pemanfaatan data dan informasi HKI). Di China sudah sampai tahap 3, dan negara maju US dan Eropa Barat sudak mencapai tahap 4.

8

9 manfaat HKI Bisnis bila dikaitkan dengan perlindungan HKI maka selesai transaksi bisnis masih ada hak yang dimiliki pemegang hak yaitu melarang pihak lain tanpa izin melaksanakan hak misal membuat, memperbanyak, menjual, menyediakan, dan lain-lain terhadap barang atau jasa yang dilindungi HKI selama kurun waktu perlindungan. Sebaliknya bila tidak terlindungi HKI, maka selesai transaksi bisnis selesailah hak milik terhadap barang/jasa yang dimilikinya. Untuk mencegah dipalsukan (untuk melindungi produk/barang yang dimilikinya sebagai aset kekayaan intelektual terhadap pihak lain yang tanpa hak melakukan tindakan yang merugikan pemilik HKI)

10 Manfaat HKI Untuk mencegah dikatakan barang palsu (untuk memberitahukan bahwa barang/produk yang diperdagangkan telah terdaftar dan terlindungi HKI sehingga tidak dikatakan sebagai barang palsu). Dengan memahami sistem HKI dapat terhindar dari pelanggaran. Contoh kasus: Perusahaan Nasional Elektronik UKM di Cina mengembangkan inovasi di bidang Kotak Koil (Coil Box) yang sama dengan yang telah dikembangkan oleh perusahaan HATCH dari Kanada. Perusahaan HATCH Kanada telah mendaftarkan patennya di 69 Negara, kecuali di Cina. Oleh karena tidak didaftarkan di Cina, maka perusahaan Nasional Elektronik Cina tersebut dapat membuat dan menjual Kotak Koil (di dalam negeri) untuk produk yang sama dengan yang dibuat HATCH Kanada dan tidak melanggar paten HATCH Kanada.

11 Manfaat HKI Dengan memahami sistem HKI dapat terhindar dari kemungkinan biaya tinggi dalam melakukan joint venture. Sebagai contoh: Perusahaan mobil Cina membuat perjanjian joint venture dengan perusahaan Amerika, dimana teknologi yang akan digunakan dalam joint venture tersebut dipatok oleh perusahaan Amerika sekitar 16 milyar US$ karena di dalamnya tercakup 97 permohonan paten. Selanjutnya sesuai hasil penelusuran paten, terdapat sebanyak 23 paten telah tidak dalam perlindungan (expired), 29 paten akan berakhir masa perlindungannya 1 tahun lagi, dan sisanya 13 permohonan paten belum diberi sertifikat perlindungan. Berdasarkan kondisi hasil penelusuran tersebut, tawar-menawar dapat dilakukan untuk menekan harga teknologi yang dipatok sebelumnya, sehingga biaya penggunaan paten dalam pembangunan industri otomotif tersebut dapat diturunkan secara signifikan.

12 Manfaat HKI Dengan memahami sistem HKI, khususnya informasi paten, UKM dapat mengembangkan strategi sebagai berikut: -Strategi terhadap inovasi teknologi (ke arah mana perkembangan teknologi yang akan datang); -Strategi terhadap inovasi produk (untuk memperoleh produk yang berbeda pada pasar yang sama atau untuk memperoleh produk serupa pada pasar yang berbeda); -Strategi terhadap HKI yang akan dimiliki; dan -Strategi mempertahankan pasar.

13 Manfaat HKI Dengan memahami sistem HKI, maka dapat memahami peta teknologi; dan beberapa hal sebagai berikut: 1.memahami gambaran lengkap kecenderungan perkembangan teknologi secara jelas; 2.membantu identifikasi riset dan fokus pada pokok bahasan yang akan dikembangkan kemudian; 3.membantu identifikasi adanya gab pendekatan teknologi dan kemungkinan pengembangannya; dan 4.membantu untuk mencegah agar tidak terjadi duplikasi riset.

14 Alasan masyarakat Eropa menggunakan HKI

15 BACAAN Sebagian besar tulisan tidak mengalami perubahan yang berarti, diambil dari: Ir. Arif Syamsudin, SH., MSi, Kasubdit Pemeriksaan,Direktorat Paten,Ditjen HKI,Kemenkumham yang disampaikan pada pelatihan HKI yang diselenggarakan Puslit UMB tahun 2011.

16 Terima Kasih YA Allah, tambahkanlah aku ilmu dan kepahaman.. AAMIIN


Download ppt "Modul ke: Fakultas Program Studi DASAR-DASAR HKI Dr. Ir. Eliyani 09 ILMU KOMPUTER Teknik Informatika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google