Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Bab I. Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi. A. Akuntansi dan Laporan Keuangan Sebagai Bahasa Bisnis Akuntansi menghasilkan informasi yang menjelaskan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Bab I. Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi. A. Akuntansi dan Laporan Keuangan Sebagai Bahasa Bisnis Akuntansi menghasilkan informasi yang menjelaskan."— Transcript presentasi:

1 Bab I. Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi

2 A. Akuntansi dan Laporan Keuangan Sebagai Bahasa Bisnis Akuntansi menghasilkan informasi yang menjelaskan kinerja keuangan entitas dalam suatu periode tertentu dan kondisi keuangan entitas pada tanggal tertentu. Kieso,et al (2010) mendefinisikan akuntansi sebagai suatu sistem dengan input data/informasi dan output berupa informasi danlaporankeuangan yang bermanfaat bagi pengguna internal maupun eksterna entitas.

3 B. Akuntansi Keuangan Bidang akuntansi dilihat dari sisi pengguna dibagi menjadi 2, yaitu : Akuntansi Manajemen dan Akuntansi Keuangan. Bidang akuntansi yang membahas penyusunan laporan keuangan untuk pengguna eksternal disebut sebagai akuntansi keuangan. Sedangkan akuntansi yang berfokus pada akuntansi untuk tujuan internal disebut akuntansi manajemen.

4 C. Akuntansi dan Alokasi Sumber Daya Ekonomi adalah upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Prinsip ekonomi yang mendasari aktivitas tindakan manusia. Manusia selalu berusaha dgn sumber daya yang terbatas dapat mengoptimalkan kebutuhannya. Informasi akuntansi menyediakan informasi yang relevan dan andal bagi pemakai yang dapat digunakan untuk menilai kinerja suatu entitas.

5 D. Standar Akuntansi Keuangan IFRS ETAP Standar Akuntansi Syariah Standar Akuntansi Pemerintah

6 E. Kerangka Dasar dan Penyusunan Laporan Keuangan Kerangga Konseptual menurut PSAK terdiri atas : 1. Pengguna Laporan Keuangan 2. Tujuan Laporan Keuangan 3. Asumsi dasar 4. Karekteristik kualitatif 5. Konsep pengakuan dan pengukuran unsur laporan keuangan 6. Konsep Pemeliharaan Modal

7 Ad.1. Pengguna dan Tujuan Laporan Keuangan A. Investor B. Karyawan C. Pemberi Jaminan D. Pemasok dan Kreditur lain E. Pelanggan F. Pemerintah G. Masyarakat

8 Ad.2. Asumsi Kelangsungan usaha mengamsumsikan bahwa entitas akan melanjutkan usahanya dimasa depan.

9


Download ppt "Bab I. Akuntansi Keuangan dan Standar Akuntansi. A. Akuntansi dan Laporan Keuangan Sebagai Bahasa Bisnis Akuntansi menghasilkan informasi yang menjelaskan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google