Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ii. Mengenal alkitab dan allah Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ii. Mengenal alkitab dan allah Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28."— Transcript presentasi:

1 ii. Mengenal alkitab dan allah Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp

2 A. ALKITAB 1. Alkitab: Firman Allah atau wahyu Allah, dimana Allah berfirman kepada manusia dan manusia mendengar dan menerimanya. Alkitab juga disebut kitab suci. Dimana letak kesuciaannya? Kesuciannya terletak pada Allah yang menyampaikan sabdaNya kepada manusia. Alkitab juga disebut kitab suci. Dimana letak kesuciaannya? Kesuciannya terletak pada Allah yang menyampaikan sabdaNya kepada manusia.

3 2. Penulisan Alkitab. Alkitab ditulis dalam ilham Roh Kudus (2 Tim 3:16). Kata “diilhamkan” secara harfiah berarti ‘dihembus nafas’. Pengilhaman berarti Allah terlibat langsung dalam penulisan Alkitab. Alkitab ditulis dalam ilham Roh Kudus (2 Tim 3:16). Kata “diilhamkan” secara harfiah berarti ‘dihembus nafas’. Pengilhaman berarti Allah terlibat langsung dalam penulisan Alkitab. Akitab terdiri dari PL dan PB dan terdiri dari 66 Kitab (PL=39 kitab dan PB=37 kitab). Akitab terdiri dari PL dan PB dan terdiri dari 66 Kitab (PL=39 kitab dan PB=37 kitab). Alkitab ditulis oleh 40 penulis selama + 15 abad. Alkitab ditulis oleh 40 penulis selama + 15 abad.

4 3. Mengapa Alkitab dapat dipercaya? 1. Banyak nubuat-nubuat Alkitab yang digenapi tepat secara rinci. 2. Isinya mengherankan 66 kitab, 40 penulis, di tulis di tempat yang berbeda dan tetapi isinya tetap satu. Kitab itu satu bukan Kuasanya yang mengubahkan. 4. Pemeliharaannya yang ajaib. 5. Ajarannya tidak ada tandingannya. 6. Masuk akal. 7. Isinya mengherankan dst.

5 B. ALLAH 1. Penyataan Umum: Allah menyatakan diriNya sebagai Allah pencipta alam semesta (Kej.1). Allah menyatakan diriNya sebagai Allah pencipta alam semesta (Kej.1). Mazmur 19:2 “langit menceritakan kemuliaan Allah dan cakrawala menceritakan pekerjaan tangannya” Mazmur 19:2 “langit menceritakan kemuliaan Allah dan cakrawala menceritakan pekerjaan tangannya” Kita dapat mengenal Allah melalui pengalaman empiris yakni segenap ciptaan yang dapat kita lihat dan sentuh. Kita dapat mengenal Allah melalui pengalaman empiris yakni segenap ciptaan yang dapat kita lihat dan sentuh.

6 2. Penyataan khusus: Allah berbicara kepada manusia melalui Firman Allah (Alkitab). Allah berbicara kepada manusia melalui Firman Allah (Alkitab). Ibr 1:1-2 ‘setelah pada zaman dahulu Allah berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir Ia berbicara kepada kita melalui ANAKNYA (Yesus). Ibr 1:1-2 ‘setelah pada zaman dahulu Allah berbicara kepada nenek moyang kita dengan perantaraan nabi-nabi, maka pada zaman akhir Ia berbicara kepada kita melalui ANAKNYA (Yesus).

7 3. Keberadaan Allah: a. Allah adalah Omniscient: Allah yang melampaui segala kuasa dan kekuatan. Ia tidak terbatas dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di hadapannya (Ibr. 4:13; Maz 139:3 Penciptaannya dr tdk ada. Allah yang melampaui segala kuasa dan kekuatan. Ia tidak terbatas dan tidak ada sesuatu pun yang tersembunyi di hadapannya (Ibr. 4:13; Maz 139:3 Penciptaannya dr tdk ada. b. Allah adalah Omnipresent: Allah yang Maha hadir dimana-mana. Ia memenuhi baik langit maupun bumi, Ia Allah yang jauh maupun yang dekat (Maz 139:7-10; Kis 17:28; Yer 23:23)


Download ppt "Ii. Mengenal alkitab dan allah Oleh Pdt. Martin Luther Batubara, S. Th Universitas Indonusa Esa Unggul Jakarta Hp. 0852 185 188 28."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google