Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN KAS OLEH: LAILI FAIZA ULFA, SE, MM. 1.1 PENDAHULUAN 1. Motif Memegang Kas Secara umum, kas merupakan aset paling tidak produktif dibandingkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN KAS OLEH: LAILI FAIZA ULFA, SE, MM. 1.1 PENDAHULUAN 1. Motif Memegang Kas Secara umum, kas merupakan aset paling tidak produktif dibandingkan."— Transcript presentasi:

1 MANAJEMEN KAS OLEH: LAILI FAIZA ULFA, SE, MM

2 1.1 PENDAHULUAN 1. Motif Memegang Kas Secara umum, kas merupakan aset paling tidak produktif dibandingkan aset lainnya.. Karena ditinjau dari sisi produktivitas, memegang aset seminimal mungkin merupakan pilihan yang baik untuk perusahaan.

3 a. Motif Transaksi Kas diperlukan untuk memenuhi kebutuhan transaksi. Transaksi perusahaan dari penjualan, yang berarti perusahaan menerima kas. Perusahaan harus membayar gaji pegawai, membeli bahan mentah, membayar utang dagang. Kas keluar dan kas masuk tidak selalu tersinkronisasi. Jika kas keluar > kas masuk, perusahaan bisa menghadapi masalah likuiditas.

4 b. Motif Berjaga-Jaga Berjaga-jaga menghadapi ketidakpastian di masa mendatang. Contoh : Membayar kebutuhan mendadak. Alternatif lain, memperoleh pinjaman stanbyy loan / line of credit (rek. Koran), tapi ini ada biaya komitmen meski uang tidak dipakai.

5 c. Kebutuhan Di Masa Mendatang Contoh: Di kebutuhan masa y.a.d perusahaan berencana meluncurkan produk baru.

6 d. Saldo Kas Minimal (Compensating Balances) Bank seringkali mensyartakan saldo minimal yang harus tetap berada di rekening perusahaan di bank. Saldo kas tidak mungkin ditekan sampai nol. Persyaratan saldo kas minimal tertentu tsb. Tentu akan berpengaruh terhadap saldo kas minimal.

7 1.2. MANAJEMEN KAS Tiga hal yang ingin dilakukan oleh Manajer Keuangan ketika mengelola kas: 1. Mempercepat pemasukan kas. 2. Memperlambat pengeluaran kas. 3. Memelihara saldo kas yang optimal.

8 Bagan 1. Manajemen Kas. (1). Mempercepat Pengeluaran Kas (2). Memperlambat Pengeluaran Kas Meningkatkan Cash Avaibility (3) Mengoptimalkan Cash Avaibility Saldo Kas Optimal

9 2. MEMPERCEPAT PEMASUKAN KAS DAN MEMPERLAMBAT PENGELUARAN KAS Cara-cara yang bisa dilakukan oleh manajer keuangan: 1. Mempercepat Pemasukan Kas A. Penjualan Kas B. Potongan Kas C. Desentralisasi Pusat Penerimaan Pembayaran D. Lokboxes. (Concentration Banking).

10 2.1. Memperlambat Pengeluaran Kas A. Pembelian dengan Kredit B. Memanfaatkan Float Float adalah selisih perbedaan saldo bank dengan saldo kas perusahaan. C. Menggunakan Draft Draft adalah tanda bayar yang harus diotorisasi oleh pihak perusahaan untuk kemudian dibayarkan. (kas bon). D. Pembayaran Secara Sentral Cek Dibayar pada Hari Tertentu

11 2.3 Analisis Manfaat dan Biaya untuk Mempercepat/Memperlambat Aliran Kas


Download ppt "MANAJEMEN KAS OLEH: LAILI FAIZA ULFA, SE, MM. 1.1 PENDAHULUAN 1. Motif Memegang Kas Secara umum, kas merupakan aset paling tidak produktif dibandingkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google