Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MIKROPROSESOR ANGGA NURYANTO(08018230) ENGGAR TYASTO W(0801861) PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MIKROPROSESOR ANGGA NURYANTO(08018230) ENGGAR TYASTO W(0801861) PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN."— Transcript presentasi:

1 MIKROPROSESOR ANGGA NURYANTO( ) ENGGAR TYASTO W( ) PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN

2 MIKROPROSESOR DEFINISI MIKROPROSESOR JENIS MIKROPROSESOR SISTEM MIKROPROSESOR KOMPONEN SISTEM MIKROPROSESOR

3 DEFINISI MIKROPROSESOR Mikroprosesor adalah sebuah IC(Integrated Circuit) yang digunakan sebagai otak/pengolah utama dalam sebuah sistem komputer. Mikroprosesor berbentuk persegi panjang dengan sejumlah kaki komponen didua sisi panjangnya atau bujur sangkar dengan kaki dengan kaki komponen di keempat kakinya.pada bagian atasnya tercetak jenis atau nama IC,produsen,dan keterangan lain.

4 JENIS-JENIS MIKROPROSESOR Berdasarkan pada banyaknya bit yang dikerjakan oleh ALU(Arithmatic Logic Unit), CPU dibedakan menjadi 4 jenis : 1.Bit Slices Prosesor Perancangan cpu dengan menambahkan jumlah irisan bit(slices) untuk aplikasi-aplikasi tertentu. CPU jenis ini dapat dikatakan dengan CPU custom. 2.General Purpose CPU CPU serbaguna atau mikrokomputer dengan semua kemampuan dari kini komputer terdahulu. 3.I/O Prosessor Prosesor khusus yang berfungsi menangani input/output request membantu prosesor utama. 4.Dedicated/Embedded Controller Membuat mesin menjadi smart, seperti : mesin cuci, microwave, oven, mesin jahit, sistem pengapian otomotif. Prosesor jenis ini lebih dikenal dengan mikrokontroler.

5 SISTEM MIKROPROSESOR  Sistem mikroprosesor papan tunggal adalah sistem mikroprosesor yang dipasang hanya pada satu printed circuit board (PCB) saja.pada sisitem ini, sebuah mikroprosesor dipsang pada keyboard dan display sederhana.  Sisitem mikroprosesor chip/IC tunggal adalah sistem mikroprosesor yang mikroprosesor dan komponen- komponen sistem lainnya sudah terpasang pada satu chip/IC tunggal.Nama lain untuk sistem mikroprosesor ini adalah mikrokontroler.Dengan komponen ini, rangkaian kontrol terlihat sangat praktis sehingga dapat mengurangi ukuran fisik sistem dan mengurangi kerumitan.

6 KOMPONEN SISTEM MIKROPROSESOR Sistem mikroprosesor tersusun dari empat komponen, yaitu 1.Mikroprosesor itu sendiri 2.Random Access Memory(RAM) 3.Read Only memory(ROM) 4.Port Input/Output(PIO) Dalam bekerja, keempat komponen tersebut saling berkomunikasi/mentransfer data.Media transfer datanya berupa sekelompok jalur- jalut penghubung yang disebut bus.Ada tiga jenis bus dalam sistem mikroprosesor, yaitu bus alamat, bus data, dan bus kontrol.

7 Mikroprosesor Sebagaimana telah disebutkan sebelumnya, mikroprosesor berfungsi sebagai otak sistem. Ia mengatur kerja sisitem berdasarkan urutan program yang telah ditetapkan. Ia mengatur keluar masuknya data dari/ke antar bagian dalam sistem. Ia juga mengatur aktivitas keluar/masuk data dari/ke perangat diluar sistem.

8 Random Access Memory RAM adalah media pengingat sementara. Ram diperlukan oleh sistem karena selam proses kerja, banyak proses tulis/baca data yang tidak bersifat permanen. Jika proses tulis/baca ini dilakukan pada media semacam disket, harddisk, atau CD maka aksesnya membutuhkan waktu yang lebih lama.Oleh karena itu, kapasitas RAM yang lebih besar mengakibatkan bertambahnya kecepatan proses sistem mikroprosesor.

9 Read Only Memory Sesuai dengan namanya, data pada read only memory(ROM) hanya dapat dibaca. Data ditulis sekali dan setelah itu hanya dibaca saja.Data yang ditulis pada ROM lebih bersifat permanen dibandingkan data pada RAM. Kerena itu ROM disebut juga memory non-volatile.Karena sifatnya itu, oleh produsen mainboard ROM pada komputer PC diisi program awal berupa identifikasi sistem dan pengaktifan program sistem operasi.Tanpa adanya program awal ini, ketika komputer PC dinyalakan, mikroprosesor tidak dapat melakukan apa-apa.Berbeda dengan ROM pada PC yang hanya diisi program mula, ROM pada sistem single chip atau single board diisi dengan seluruh program yang akan dijalankan.

10 Port I/O Port I/O berfungsi sebagai pelabuhan keluar masuknya data perangkat di luar sistem mikroprosesor. Contoh perangkat di luar sistem mikroprosesor adalah keyboard, mouse, monitor, display, printer, modem, dan lainnya.Susunan data yang dikirim ke atau diterima dari luar dapat berupa susunan paralel atau susunan serial.


Download ppt "MIKROPROSESOR ANGGA NURYANTO(08018230) ENGGAR TYASTO W(0801861) PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA FAKULTAS TEKNOLOGI INDUSTRI UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google