Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

DISUSUN OLEH KELOMPOK A1 : AYU AGUSTIN NURSHABANI (0806347656) SZASZA HERVANOVRIZA (0806347883) Perkembangan Teori “Pembangunan”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "DISUSUN OLEH KELOMPOK A1 : AYU AGUSTIN NURSHABANI (0806347656) SZASZA HERVANOVRIZA (0806347883) Perkembangan Teori “Pembangunan”"— Transcript presentasi:

1 DISUSUN OLEH KELOMPOK A1 : AYU AGUSTIN NURSHABANI ( ) SZASZA HERVANOVRIZA ( ) Perkembangan Teori “Pembangunan”

2 Pembangunan Pembangunan merupakan suatu proses perubahan dari kondisi social illfare menuju social welfare.  Social welfare adalah kondisi ideal yang diidamkan atau disebut sebagai kondisi yang sejahtera, sedangkan,  Social illfare adalah kondisi realitas yang sebaliknya karena bertentangan dengan kondisi ideal.  Latar belakang munculnya konsep pembangunan

3 John Maynard Keynes Sumbangsih pemikiran Keynes dalam konsep pembangunan Negara Dunia Pertama adalah terletak pada improvisasi dari sistem kapitalisme. yaitu dimana antara sistem kapitalisme dengan peran serta negara sebenarnya dapat dipersatukan menjadi suatu kesatuan yang padu.

4 Dampak Pemikiran Keynes  Konteks : Amerika Pemikiran Keynes dapat diterima dan dijalankan dengan baik sehingga krisis perekonomian dapat terselesaikan  Konteks : Eropa Barat-Skandinavia Perbedaan dampak yang muncul disebabkan oleh adanya penginterpretasian yang berbeda dalam memahami konsep yang dikemukakan Keynes.

5 Negara Dunia Ketiga  Negara Dunia Ketiga Menurut Webster (1984), negara dunia ketiga dicirikan sebagai negara miskin yang masih terbelakang dan secara ekonomi masih bertumpu pada pertanian.  Karakteristik Negara Dunia Ketiga 1. Tingkat pendapatan per kapita penduduknya masih rendah 2. Kegiatan ekonominya berkisar pada manufaktur, terutama sektor primer seperti sumber daya alam, pertanian, dan lain-lain.

6 Subtitutional Import  Konteks Negara : Amerika Latin  Inti Konsep : Membangun basis industri di dalam negara dan lebih fokus melakukan perdagangan di dalam negara.

7 Theory Modernisasi  Konteks : ASIA dan Afrika  Inti Konsep : Bagaimana menularkan ide mengenai masyarakat moderen kepada masyarakat dunia ketiga.

8 Respons Kelompok  Modernisasi 1. Modernisasi cenderung ahistoris. 2. Modernisasi tidak memperhatikan konteks masyarakat dunia ketiga. 3. Negara Dunia Pertama sebagai penggagas, tidak memperkirakan unintended consequences dari modernisasi.

9 Respons Kelompok  Dependensia 1. Teori dependensi cenderung pesimis dalam melihat hubungan antara Negara Dunia Pertama dengan Negara Dunia Ketiga. 2. Implementasi solusi pemecahan masalah perekonomian yang direkomendasikan Teori Dependensi masih sulit untuk dilakukan secara nyata. 3. Menurut Robert A. Packenham, hubungan antara Negara Dunia Pertama dengan Negara Dunia Ketiga Dilihat terlalu bersifat zero sum game.


Download ppt "DISUSUN OLEH KELOMPOK A1 : AYU AGUSTIN NURSHABANI (0806347656) SZASZA HERVANOVRIZA (0806347883) Perkembangan Teori “Pembangunan”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google