Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SKSK SISTEM KEARSIPAN SISTEM KEARSIPAN START.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SKSK SISTEM KEARSIPAN SISTEM KEARSIPAN START."— Transcript presentasi:

1

2 SKSK

3 SISTEM KEARSIPAN

4 SISTEM KEARSIPAN

5

6

7 START

8 SK / KD TUJUA N MATER I AJAR PENIL AIAN EXIT Pembelajaran Administrasi Perkantoran

9 SK / KD TUJUA N MATER I AJAR PENIL AIAN EXIT

10 Tujuan mempelajari materi ini, siswa diharapkan dapat: a)Menjelaskan asas-asas sistem kearsipan b)Merumuskan ciri-ciri pokok sistem filing yang baik c)Menjelaskan dan mempraktekkan 5 sistem kearsipan MATER I AJAR PENIL AIAN EXIT SK / KD TUJUA N

11 1.ASAS-ASAS SISTEM KEARSIPAN a) Asas Sentralisasi Asas Sentralisasi adalah suatu asas kearsipan dimana semua (atau beberapa) surat perusahaan disimpan dalam satu ruangan bukan dalam kantor-kantor yang terpisah. Pengelolanya adalah Unit kearsipan.

12 Keuntungan penyelenggaraan arsip secara sentralisasi adalah : 1)Pengawasan dan penyelenggaraan arsip akan lebih efektif karena tangggung jawab dipusatkan. 2)Pengawasan dokumen dan surat yang baik. 3)Adanya keseragaman dalam perlengkapan dan prosedur kearsipan yang digunakan. Kelemahan penyelenggaraan arsip secara sentralisasi adalah : 1)Adanya penundaan surat-surat. 2)Kemungkinan arsip tidak ditemukan besar (hilang/terselip). 3)Jika arsip diperlukan tidak dapat segera diperoleh karena harus memenuhi prosedur, apalagi jika letak tempatnya berjauhan.

13 DIREKTUR KARO TATAUSAHA KABAG ARSIP KABAG KABID IKABID IIIKABID II KASI AKASI FKASI EKASI D KASI C KASI B

14 b) Asas Desentralisasi Asas desentralisasi adalah asas kearsipan yang dalam pelaksanaannya tidak dipusatkan dalam satu unit kerja karena masing-masing unit pengolah menyimpan arsipnya. Arsip ini dilakukan bilamana satuan organisasinya terpisah lokasi dari induknya. Masing-masing unit organisasi yang terpisah itu mempunyai komponen organisasi pengelola surat tersendiri.

15 Keuntungan asas desentralisasi adalah : 1)Sistem dan metode dapat disesuaikan dengan unit kerja 2)Penetapan nilai guna arsip lebih tepat 3)Proses kerja lebih lancar karena arsip dapat ditemukan dengan cepat Kelemahan asas desentralisasi adalah : 1)Tidak ada keseragaman prosedur dan perlengkapan 2)Pemborosan biaya, perlengkapan, dan tenaga 3)Pengawasan secara keseluruhan dari pimpinan lebih sulit

16 DIREKTUR KABID I KABID III KABID II TUP KASI AKASI I KASI EKASI D KASI CKASI BKASI HKASI G KASI F FINIS H

17 Setelah mempelajari materi-materi tersebut Mari kita uji pemahaman materi dengan menjawab soal- soal berikut ini.

18 Penilaian Pilihlah (klik) pada huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang tepat! 1.Sistem kearsipan yang dalam pelaksanaannya tidak dipusatkan pada 1 unit kerja karena masing-masing unit pengolah menyimpan arsipnya disebut asas..... A.A. Sentralisasi B.B. Desentralisasi C.C. Gabungan D.D. Pusat

19 2)Apabila suatu kantor pengurusan arsip keseluruhan dipegang oleh salah satu unit kerja sendiri disebut..... A. Asas gabunganA. B. Asas sentralisasiB. C. Asas desentralisasiC. D. Asas duplikasiD. 3)Suatu unit kerja yang khusus melaksanakan kegiatan kearsipan pada asas sentralisasi disebut..... A. Unit sentralA. B. Unit pengolahB. C. Unit arsipC. D. Unit kearsipanD.

20 4)Berikut ini keuntungan penyelenggaraan arsip secara sentralisasi, kecuali..... A. Pengawasan dokumen dan pengawasan yang baikA. B. Pengembangan pegawai-pegawai yang ahli dalam bidang kearsipanB. C. Waktu dan tenaga akan lebih hemat karena arsip dilokasikan dalam unitnyaC. D. Keseragaman dalam tenaga perlengkapan dan prosedur kearsipan dapat dilaksanakanD. 5)Pimpinan akan lebih sulit dalam melakukan pengawasan secara keseluruhan kegiatan kearsipan, ini adalah kekurangan dari asas..... A. DesentralisasiA. B. GabunganB. C. SentralisasiC. D. TerpusatD.

21

22

23

24

25

26

27

28


Download ppt "SKSK SISTEM KEARSIPAN SISTEM KEARSIPAN START."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google