Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PROGRAM PRAKTIK INDUSTRI. Drs. Putut Hargiyarto, M.Pd. Koordinator Praktik Industri FT UNY.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PROGRAM PRAKTIK INDUSTRI. Drs. Putut Hargiyarto, M.Pd. Koordinator Praktik Industri FT UNY."— Transcript presentasi:

1 PROGRAM PRAKTIK INDUSTRI

2 Drs. Putut Hargiyarto, M.Pd. Koordinator Praktik Industri FT UNY

3 LATAR BELAKANG Kebijakan PMK 2020 dengan pendekatan kompetensi dan pembelajaran berbasis produksi FT UNY sbg LPTK berperan strategis dalam pendidikan teknik, shg. mhs perlu disiapkan secara baik a.l. melalui PI PI berperan penting : tolok ukur kompetensi, link & match, kehumasan, pemasaran lulusan dan kemitraan. OKI perlu dipersiapkan dan dilaksanakan secara efektif dan efisien.

4 VISI-MISI PRAKTIK INDUSTRI Visi :  Efektifitas dan efisiensi Praktik Industri menuju mahasiswa yang kompeten dengan wawasan industri dan kewirausahaan. Misi :  Melaksanakan Praktik Industri secara terpadu sejalan dengan peran Praktik Industri untuk mendukung visi-misi FT UNY.  Membangun kemitraan dengan dunia kerja dan dunia industri untuk membekali mahasiswa kemampuan berstandar industri dan kewirausahaan.

5

6

7 TUJUAN PRAKTIK INDUSTRI Tujuan Umum Mahasiswa miliki wawasan iptek melalui pengalaman di industri/perusahaan. Mahasiswa mempelajari aspek kewirausahaan di industri untuk penugasan setelah lulus.

8 TUJUAN PRAKTIK INDUSTRI Tujuan Khusus Menjelaskan manajemen industri dan kompetensi tenaga kerja yang dipersyaratkan industri. Membantu melaksanakan tugas-tugas dan kegiatan proses produksi dan atau proses jasa. Menemukan kasus dan menganalisisnya secara mendalam pada laporan, jika mungkin ditindaklajuti sebagai Proyek Akhir dan atau Skripsi. Memiliki kompetensi kewirausahaan melalui pembuatan proposal mendirikan usaha, jika mungkin ditindaklajuti sebagai Proyek Akhir dan atau Skripsi (khusus untuk peserta Praktik Industri Kewirausahan).

9

10 SYARAT PRAKTIK INDUSTRI Program S1 : 90 SKS, Program D3 : 70 SKS, KHS disahkan oleh dosen Penasehat Akademik. Siap kemampuan dan pembeayaan Mengikuti dan lulus pembekalan Praktik Industri/ PI Kewirausahaan. Mencantumkan PI pada KRS pada semester yang sedang berlangsung. Tidak mengambil kuliah yang pelaksanaan kegiatannya di dalam kampus dan bersamaan dengan pelaksanaan Praktik Industri. Telah memenuhi persyaratan khusus yang diatur oleh Program Studi/Jurusan.

11 PEMBIMBING PRAKTIK INDUSTRI Dosen Pembimbing dan Penguji  Dosen yang ditunjuk dengan SK Dekan dan diseyogyakan berpengalaman dalam Praktik Industri.  Tugas dosen Pembimbing dan Penguji:  Bersama Koordinator PI Jurusan/Program Studi memetakan dan menentukan kelayakan industri mitra Praktik Industri.  Memonitor pelaksanaan Praktik Industri.  Membimbing pembuatan laporan Praktik Industri  Menerima hasil penilaian industri terhadap mahasiswa.  Memeriksa dan menguji laporan Praktik Industri.  Menyerahkan nilai akhir Praktik Industri.

12 PEMBIMBING PRAKTIK INDUSTRI  Pembimbing Industri adalah orang dari industri yang ditunjuk oleh pimpinan industri untuk membimbing mahasiswa yang melaksanakan Praktik Industri.  Tugas Pembimbing Industri : Memberi bimbingan kepada mahasiswa. Mengawasi pelaksanaan praktik mahasiswa. Memeriksa jadwal kegiatan dan catatan kegiatan harian praktik mahasiswa Memberikan penilaian akhir terhadap prestasi praktik mahasiswa Memberikan keterangan atau rekomendasi pelaksanaan praktik mahasiswa Menyerahkan penilaian, surat keterangan, rekomendasi, Praktik Industri mahasiswa kepada dosen pembimbing (dapat dikirim melalui mahasiswa dalam amplop tertutup atau via ke dosen pembimbing).

13 KOORDINATOR PI Tugas Koordinator Praktik Industri Jurusan  Mengelola urusan Praktik Industri tingkat jurusan.  Menyusun dan memperbaharu basis data (data base) Praktik Industri.  Memetakan dan menentukan kelayakan industri sebagai mitra Praktik Industri.  Menginformasikan profil industri mitra.  Mengusulkan peserta pembekalan Praktik Industri.  Memberi surat pengantar bagi mahasiswa yang telah siap mengambil program Praktik Industri.  Menetapkan dosen pembimbing dan penguji Praktik Industri dengan persetujuan Ketua Jurusan masing-masing.

14 KOORDINATOR PI Koordinator Praktik Industri Fakultas  Mengelola urusan Praktik Industri di tingkat fakultas.  Mengadakan kerjasama dan menjalin komunikasi dengan industri.  Menyusun basis data (data base) tempat Praktik Industri FT UNY.

15 RENCANA KEGIATAN NO KEGIATAN MINGGU KE Pengenalan profil industri 2Mempelajari tugas-tugas proses produksi dan atau jasa pada industri yang ditempati 3*Mempelajari aspek kewirausahaan yang terkait dengan industri yang ditempati 4Pencatatan data-data kegiatan Praktik Industri dan data-data untuk Proyek Akhir 5Penyusunan konsep Laporan 6Penyempurnaan laporan

16 contoh RENCANA JADWAL KEGIATAN NO POKOK KEGIATANWAKTUKETERANGAN 1Pengenalan profil industri6-11 Juli 2011Penyerahan dokumen dll 2Bagian perencanaan13-18 Juli 2011Termasuk pengambilan data 3Bagian Pengecoran20-25 Juli 2011sda 4Bagian Pemesinan27 Juli-1 Agust 2011sda 5Bagian Perakitan3-8 Agustus 2011sda 6Kendali mutu10-15 Agustus 2011sda 7Manajemen pemasaran17-22 Agustus 2011sda 8Penyelesaian laporan24-29 Agustus 2011sda

17 KEGIATAN PRODI Pengenalan Profil Manajemen Industri Jenis pekerjaan Peralatan dan bahan Kegiatan Keahlian Proses pelaksanaan pekerjaan, Analisis terhadap komponen, Kegiatan yang bersifat aplikatif dan relevan dengan bidang studi.

18 MACAM AKTIFITAS PI Nonton Industri (tidak sah, mengulang PI) Hanya ikut kegiatan tertentu (perpust, lab. dsb - menambah waktu PI sampai lengkap) Aktif dan proaktif dalam semua proses produksi dengan bimbingan (standar) Magang (dihargai sbg karyawan, mandiri – punya nilai tambah)

19 LAPORAN PI Bagian Awal Halaman Sampul, Lembar Pengesahan Kata Pengantar, Daftar Isi, Daftar Gambar Daftar Tabel (bila ada), Daftar Lampiran Bagian Isi BAB I s.d. BAB IV DAFTAR PUSTAKA LAMPIRANLampiran –Piagam Lulus Pembekalan, Surat Ijin/Tugas –Jadwal Kegiatan Praktik Industri –Catatan Kegiatan Harian Praktik Industri –Kesan dan Rekomendasi Industri –Ucapan Terima Kasih.

20 BIMBINGAN & EVALUASI PI Tujuan bimbingan: mengarahkan agar tujuan Praktik Industri dapat tercapai. Monitoring dosen pembimbing secara langsung, melalui telpon, , dll. Evaluasi untuk menilai hasil Praktik Industri Pembimbing Industri Disiplin kerja, Sikap Kerja, Kualitas Pekerjaan Kecepatan Kerja, Kreativitas Dosen Pembimbing Wawasan iptek, pekerjaan yang dilakukan dan permasalahan khusus

21 DIAGRAM ALIR KEGIATAN PI Mengajukan permohonan PI, borang diambil di koord. PI Jurusan Meminta persetujuan koord. PI Jurusan, menyerahkan proposal PI, penentuan dosen pembimbing oleh koord. PI Jurusan Menyerahkan permohonan PI ke Subag. Pendidikan Fakultas Fakultas memproses surat permohonan PI ke industri Mengambil surat permohonan PI ke industri dan surat tugas/ijin PI yang sudah disetujui PD I di Subag. Pendidikan Fakultas Mengirim surat permohonan PI ke Industri Jawaban dari industri ditolak diterima FRM/TKF/22-00 MULAI A FRM/TKF/22-00 KHS LAMPIRAN 15 FRM/TKF/22-00 LAMPIRAN 3 LAMPIRAN 4 LAMPIRAN 3 DOKUMEN

22 Menyerahkan Surat Tugas/ijin dan proposal PI ke dosen pembimbing PI, dan pengaturan pola konsultasi bimbingan lanjutan DOKUMEN A Kepastian berangkat PI LAMPIRAN 4 Mengulang proses dari awal lagi tidak ya Laksanakan PI, serahkan berkas, konsultasi, bawa nilai, kirim ucapan terima kasih dan penulisan laporan Siap ujian dalam waktu 3 bulan? Ujian dan revisi laporan Laporan selesai dalam 1 bulan? Pengesahan, penyerahan laporan dan penerbitan nilai SELESAI Mengulang PI tidak ya B tidak ya LAMPIRAN 4 LAMPIRAN 4 s.d. 11 LAMPIRAN 8 s.d. 10 LAMPIRAN 10, 12, 13

23 KASUS-KASUS MENONJOL Mhs. Tidak membaca pedoman Tdk. melapor Dosen saat berangkat dan tiba dari PI Mhs. Tidak pernah bimbingan/konsultasi Mhs. Malas Mhs. Tidak proaktif Mhs. Memalsukan dokumen Mhs. sudah dpt tempat PI tapi tdk berangkat Mhs. sdh PI belum bawa surat Tugas/surat tugas diurus sesudah PI Penulisan laporan tidak sesuai pedoman Penyelesaian laporan terlambat Dosen Pembimbing jarang memantau Pembimbing industri sibuk

24 Sanksi thd. pelanggaran Dibatalkan PInya dan harus mengulang Menambah jam PI di Industri Menambah jam PI di bengkel/lab. Jurusan Dibatalkan nilai PInya Diskors tidak boleh PI

25 SELAMAT MELAKSANAKAN PRAKTIK INDUSTRI, SEMOGA SUKSES


Download ppt "PROGRAM PRAKTIK INDUSTRI. Drs. Putut Hargiyarto, M.Pd. Koordinator Praktik Industri FT UNY."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google