Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 TUGAS POKOK & FUNGSI KARU DAN KAROM Oleh: Drs. H. ASEP MAMAN KURNIA,M.Si. KEPALA SUBBAG. TU. KEMENTERIAN AGAMA KANTOR KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2014.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 TUGAS POKOK & FUNGSI KARU DAN KAROM Oleh: Drs. H. ASEP MAMAN KURNIA,M.Si. KEPALA SUBBAG. TU. KEMENTERIAN AGAMA KANTOR KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2014."— Transcript presentasi:

1 1 TUGAS POKOK & FUNGSI KARU DAN KAROM Oleh: Drs. H. ASEP MAMAN KURNIA,M.Si. KEPALA SUBBAG. TU. KEMENTERIAN AGAMA KANTOR KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2014

2 Penyelenggaraan ibadah haji yang setiap tahun dilaksanakan merupakan tugas Nasional, yang mengacu kepada :  Undang-Undang RI. Nomor : 13 Tahun 2008, tentang penyelenggaraan Ibadah Haji.  Keputusan Menteri Agama Nomor: 371 Tahun 2002 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umroh  Mengingat jumlah jama’ah haji Indonesia yang sangat besar, melibatkan berbagai instansi dan lembaga, baik dalam negeri maupun luar negeri, dan berkaitan dengan berbagai aspek, antara lain bimbingan, transportasi, kesehatan, akomodasi, dan keamanan

3  Untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi Jemaah Haji melalui system dan manajement penyelenggaraan yang baik agar penyelenggaraan ibadah haji dapat berjalan aman, nyaman,tertib dan lancar serta jema’ah haji dapat melaksanakan ibadahnya sesuai dengan ketentunan ajaran agama Islam.

4  Pendaftaran Haji secara Online,  Administrasi Penyelenggaraan Haji,  Pendataan Jemaah Haji Lunas BPIH dan Waiting list,  Pembinaan (Jemaah haji melalui Kelompok dan Massal, serta Karu dan Karom)  Proses dokumen Jemaah Haji yaitu : PASPOR & DAPIH  Pemberangkatan dan Pemulangan

5 5 TPHI TPIHI TKHI TPHDTKHD KARU KAROM JEMAAH HAJI - Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) Ketua - Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) Anggota - Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI) Anggota - Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD) Anggota - Tim Kesehatan Haji Daerah (TKHD) Anggota - Ketua Rombongan (KAROM) Anggota - Ketua Regu (KARU) Anggota

6  PERSIAPAN PETUGAS KLOTER : 1. MEMBUAT SPANDUK BUAT DI ARAFAH – MINA 2. TANDA PASPORT DENGAN WARNA 3. DAFTAR NAMA JAMA’AH, KAROM – KARU 4. NOMOR HP KAROM – KARU 5. PERLENGKAPAN ATK – KARET – KANTONG PLASTIK KECIL 6. PEMBAGIAN KAMAR KERJASAMA DGN KAROM 7. KETIKA DI MADINAH PENENTUAN SHOLAT ARBAIN HITUNG DENGAN CERMAT 8. PENGAMBILAN PASPORT BAIK DI MADINAH – MEKKAH BERSAMA PARA KAROM

7 Lanjutan persiapan petugas kloter : 9. KETIKA SURVEI ARMINA SERTAKAN BEBERAPA KAROM 10. DI MEKKAH - AROFAH – MINA, KUR’AH KEBERANGKATAN 11. MEMPERSIAPKAN PETUGAS WUKUF – JAMA’AH NAFAR AWAL/TSANI 12. SELALU CHEK JAMA’AH – KUNJUNGAN/VISITASI 13. MEMPERSIAPKAN SURAT/INFORMASI ZIARAH, NO. HP. DLL 14. RAPAT PERSIAPAN ZIARAH – BERANGKAT – ARMINA – PULANG 15. BIMBINGAN IBADAH 16. MENYAMPAIKAN INFORMASI DAN PELAPORAN 17. PETUGAS KLOTER DILARANG MENGHIMPUN DANA APAPUN TERMASUK DAM

8 8 MEMBANTU PELAKSANAAN TUGAS KETUA ROMBONGAN SEBAGAI PEMBANTU TUGAS (TPHI,TPIHI & TKHI) DI BIDANG PELAYANAN UMUM, IBADAH DAN KESEHATAN

9 9 1. MENERUSKAN INFORMASI / PENGUMUMAN DARI KAROM DAN PETUGAS KLOTER (TPHI,TPIHI & TKHI) 2. MENGATUR, MEMBANTU DAN MENJAGA ANGGOTA REGUNYA AGAR TETAP UTUH, AMAN,TERTIB DAN LANCAR SELAMA DALAM PERJALANAN MELAKSANAKAN IBADAH HAJI. 3. MENYELESAIKAN ATAU MELAPORKAN PERMASALAHAN PADA KAROM.

10  MENCATAT NAMA–NAMA ANGGOTA REGUNYA.  MENERUSKAN INFORMASI/PENGUMUMAN PADA REGUNYA (TATA TERTIB DAN WAKTU KEBERANGKATAN DAN HAL-HAL LAIN).  MENGANJURKAN PADA REGUNYA UNTUK ISTIRAHAT SELAMA DI ASRAMA HAJI  MENGIKUTI BIMBINGAN HAJI/CERAMAH TENTANG HAJI YANG DIJADAWAL OLEH PPIH EMBARKASI

11  MEMBANTU ANGGOTA REGUNYA DALAM KONSULTASI MANASIK HAJI DAN KESEHATAN  MENGINGATKAN ANGGOTA REGUNYA AGAR MEMBEKALI DIRI DENGAN PAYUNG, JAKET DAN CREAM DLL SELAMA DI ARAB SAUDI UNTUK MENGHADAPI CUACA EXTRIEM  MEMBANTU DALAM PELAYANAN AKOMODASI, KONSUMSI, PEMBAGIAN GELANG, LIVING COST (HATI-HATI) DLL.  JAMA’AH YANG SELESAI SEGERA ISTIRAHAT DI KAMAR/ASRAMA

12  MENELITI PASPOR DAN DAPIH TERUTAMA NAMA, DAN FOTO SERTA DOKUMEN LAINYA (TERTUKAR).  MENGIKUTI PEMANTAPAN KARU YANG DIJADUALKAN OLEH PPIH EMBARKASI.  MENYELESAIKAN/MELAPORKAN PERMASALAHAN KEPADA KETUA ROMBONGAN  MENGATUR DAN MENGINFORMASIKAN ANGGOTANYA SAAT BERANGKAT KE BANDARA.  CHEK ANGGOTA JAMA’AH LAPORKAN KE KETUA ROMBONGAN

13  DI BANDARA PROSES IMIGRASI  MENERTIBKAN ANGGOTA REGUNYA SAAT NAIK PESAWAT SESUAI NOMOR URUT DAN MENCARIKAN NOMOR TEMPAT DUDUK.  MENGINFORMASIKAN PADA ANGGOTA REGUNYA AGAR BERISTIRAHAT PENUH SELAMA DIPESAWAT UNTUK PERSIAPAN MELANJUTKAN PERJALANAN SELAMA BERADA DI ARAB SAUDI.

14  MEMBANTU MENYOBEK LEMBAR DAPIH (DOKUMEN ADMINISTRASI PERJALANAN IBADAH HAJI) HALAMAN “D” DAN DISERAHKAN PADA KETUA KLOTER MELALUI KAROM SAAT SEBELUM LANDING (TURUN)  MELAPORKAN ANGGOTA REGUNYA YANG SAKIT ATAU UDZUR PADA KAROM ATAU TKHI.  MELAPORKAN/MENYELESAIKAN PERMASALAHAN PADA KAROM.

15  MEMBERITAHUKAN PADA AGGOTA REGU UNTUK MENELITI/MENGECEK BARANG BAWAAN TENTENGAN AGAR TIDAK ADA YANG TERTINGGAL.  MENGATUR ANGOTA REGUNYA AGAR TETAP UTUH DAN TERTIB SAAT TURUN DARI PESAWAT.  MENYAMPAIKAN PADA REGUNYA AGAR MENYIAPKAN PASPOR DAN BUKU KESEHATAN- NYA DAN DIPEGANG MASING-MASING UNTUK DIPERIKSA OLEH PETUGAS IMIGRASI ARAB SAUDI.

16  MEMBERITAHUKAN PADA ANGGOTA REGUNYA AGAR TERPISAH PADA SAAT PEMERIKSAAN PASPOR LAKI-LAKI DAN PEREMPUAN.  MENYAMPAIKAN INFORMASI PADA ANGGOTANYA TENTANG PENEMPATAN BARANG-BARANG YANG AKAN DIANGKUT MENUJU PINTU KELUAR, TEMPAT ISTIRAHAT, MENUKAR UANG, PENGAMBILAN MAKAN, TOILET/ WC, TEMPAT WUDHU DAN MUSHOLA SERTA TEMPAT BEROBAT JIKA ADA YANG SAKIT.  MEMBANTU KELANCARAN PEMBAGIAN MAKANAN DAN MENUJU TEMPAT BUS DENGAN TERTIB.

17  MENGUMPULKAN PASPOR UNTUK DISERAHKAN PADA MASING-MASING BUS/ROMBONGAN.  MENGINGATKAN AGAR BERPAKAIAN IHROM DAN NIAT IHRAM.(GELOMBANG II)  MENYAMPAIKAN PADA ANGGOTANYA YANG TERPAKSA ANGGOTANYA TERPISAH SEMENTARA PADA BUS BILA KAPASITAS BUS TERBATAS.  MEMBANTU KELANCARAN PEMBAGIAN MAKANAN DI DALAM BUS DAN MEMBANTU BIMBINGAN PELAKSANAAN IBADAH UMRAH (IHRAM UMRAH).

18  MENYAMPAIKAN PADA AGGOTANYA AGAR BARANG-BARANG BAWAAN TIDAK TERTINGGAL DI BUS.  MEMBANTU PENEMPATAN ANGGOTA REGUNYA DI PEMONDOKAN DALAM PENERIMAAN KUNCI KAMAR DARI MAKTAB.  MEMBANTU ANGGOTANYA BILA ADA YANG SAKIT, MEMERLUKAN BANTUAN.

19  MEMBANTU MENYAMPAIKAN WAKTU PELAKSANAAN IBADAH UMRAH HAJI/KE MASJIDIL HARAM AGAR BERSAMA-SAMA TAWAF, SA’I.  MEMBANTU PELAKSANAAN ZIARAH  MENGANJURKAN AGAR JANGAN SERING KELUAR MAKTAB DAN HARUS MENGGUNAKAN PAYUNG, SANDAL, DAN LAIN-LAIN.  MELAPORKAN JIKA ADA ANGGOTA REGUNYA YANG SAKIT KEPADA KAROM/TKHI.

20  MEMBANTU PELAKSANAAN DAM BERSAMA ROMBONGANNYA.  MENYAMPAIKAN PADA ANGOTANYA AGAR BERHATI- HATI MEMBAWA DAN MENYIMPAN UANG DI MAKTAB ATAU KE MASJIDIL HARAM (PENCOPET)  MENGATUR DAN MEMBANTU ANGGOTA REGUNYA DALAM PEMBERANGKATAN MENUJU KE ARAFAH.  MELAPORKAN PERMASALAHAN KEPADA KAROM.

21  MEMBANTU PENEMPATAN ANGGOTANYA DI TENDA ARAFAH SESUAI PEMBAGIAN DARI KETUA KLOTER.  MENGANJURKAN ANGGOTANYA AGAR MENGIKUTI ACARA PROSESI WUKUF BERSAMA-SAMA ANGGOTA REGU LAINNYA.  MEMBANTU MENGATUR ANGGOTA REGUNYA SAAT PEMBAGIAN MAKANAN DARI MAKTAB.  MENGANJURKAN PADA ANGGOTANYA AGAR SERING MINUM DAN MENJAGA KESEHATAN.  MEMBANTU ANGGOTANYA SAAT PEMBERANGKATAN MENUJU KE MUZDALIFAH DENGAN NAIK BUS SESUAI DENGAN PEMBAGIAN TRIP /KUR’AH.

22  MENGANJURKAN KEPADA ANGGOTA REGUNYA UNTUK MEMPERBANYAK MEMBACA TALBIYAH/BERZIKIR DAN BERDOA  MENGARAHKAN ANGGOTANYA UNTUK MENGAMBIL BATU KERIKIL DI MUZDALIFAH, SESUAI JUMLAH KEBUTUHAN UNTUK MELONTAR JUMROH  DIANJURKAN UNTUK BERISTIRAHAT SEJENAK, SAMBIL MENUNGGU ANTRIAN BUS MENUJU KE MINA, USAHAKAN TIDAK TERPISAH DENGAN ROMBONGANNYA.  MENGHIMBAU KEPADA ANGGOTANYA AGAR ANTRI MENUJU PAGAR YANG AKAN MENUJU BUS KE MINA DENGAN SYSTEM TARADDUDI.

23  MEMBANTU PENEMPATAN ANGGOTA REGUNYA DI KEMAH MAKTAB, SESUAI DENGAN PENEMPATAN MASING-MASING REGU DAN MENGATUR WAKTU UNTUK MELONTAR JUMRAH AQOBAH, KEMAH/TENDA JANGAN DIKOSONGKAN KARENA BANYAK BARANG BAWAAN/TAS TENTENGAN.  MENGINGATKAN ANGGOTA REGUNYA AGAR PADA SAAT AKAN MELONTAR JAMAROT KEUTUHAN REGU TETAP DIJAGA DALAM SATU ROMBONGAN, SEHINGGA KEMBALI DENGAN UTUH, LANCAR DAN SELAMAT (PETUGAS KLOTER GANTIAN).

24  MEWAKILKAN MELONTAR JUMROH BAGI ANGGOTA REGUNYA YANG SAKIT/UZUR.  MENGATUR ANGGOTANYA DALAM PEMBERIAN MAKANAN/HIDANGAN DARI MAKTAB.  MENGATUR ANGOTA REGUNYA UNTUK NAIK BUS MENUJU MAKKAH SESUAI DENGAN URUTAN ROMBONGAN (PETUGAS KLOTER DI ATUR KARENA ADA YANG NAFAR AWAL – TSANI).  MENYELESAIKAN DAN MELAPORKAN PERMASALAHAN KEPADA KETUA ROMBONGAN.

25  MEMBANTU DAN MENGINGATKAN DALAM MELAKSANAKAN THAWAF IFADOH, SA’I, DAN TAWAF.  MENGINGATKAN PADA ANGGOTANYA YANG BELUM MEMBAYAR DAM, KEWAJIBAN LAIN YANG BELUM SEMPAT DITUNAIKAN BAIK RUKUN MAUPUN WAJIB.  MEMBANTU PADA ANGGOTANYA BILA AKAN TANAZUL, BERZIARAH, UMROH DLL.

26  MENGATUR ANGGOTA REGUNYA UNTUK NAIK BUS MENUJU JEDDAH/MEDINAH SESUAI DENGAN URUT ROMBONGAN.  MENGATUR ANGGOTANYA DALAM PEMBERIAN MAKANAN/HIDANGAN DARI MAKTAB.  PERSIAPAN PULANG – PROSES IMIGRASI DI BANDARA ARAB SAUDI

27  MEMBANTU PENEMPATAN DI MAKTAB SESUAI DENGAN KAMAR DAN TURUN DARI BUS SECARA TERATUR.  MEMBANTU ANGGOTANYA DALAM PELAKSANAAN IBADAH DAN ZIARAH SELAMA DI MADINAH (MASJID NABAWI DLL).  MEMBANTU ANGGOTA REGUNYA JIKA TERDAPAT BARANG- BARANG TERCECER.  MEMBANTU ANGGOTA DAN REGUNYA UNTUK MEMBAGIKAN PASPOR DAN DAPIH.

28  MENYAMPAIKAN WAKTU PEMBERANGKATAN KEPULANGAN, BUS, DAN WAKTU AKHIR SHOLAT ARBAIN.  MENYAMPAIKAN PADA ANGGOTANYA AGAR JANGAN SAMPAI BARANG TERTINGGAL DAN TERTIB MASUK KE IMIGRASI MADINAH LAKI-LAKI/ PEREMPUAN.  MENGINGATKAN ANGGOTA REGUNYA JANGAN MEMBAWA BARANG-BARANG BERBENTUK, CAIRAN DAN BENDA LAIN YANG DILARANG SESUAI KETENTUAN PENERBANGAN AGAR PROSES PEMERIKSAAN OLEH BEA CUKAI ARAB SAUDI DAPAT LANCAR.

29  MENERTIBKAN ANGGOTA REGUNYA SAAT NAIK PESAWAT SESUAI NOMOR URUT DAN MENCARIKAN NOMOR TEMPAT DUDUK.  MENGINFORMASIKAN PADA ANGGOTA REGUNYA AGAR BERISTIRAHAT PENUH SELAMA DIPESAWAT  MEMBANTU MENYOBEK LEMBAR DAPIH (DOKUMEN ADMINISTRASI PERJALANAN IBADAH HAJI) HALAMAN “K” DAN DISERAHKAN PADA KETUA KLOTER MELALUI KAROM SAAT SEBELUM LANDING (TURUN)

30 30 MEMBANTU PELAKSANAAN TUGAS KETUA KLOTER (TPHI) YANG MENYERTAI JEMAAH CALON HAJI DI BIDANG PELAYANAN UMUM, IBADAH DAN KESEHATAN

31 31 a. MENERUSKAN INFORMASI / PENGUMUMAN DARI PETUGAS KLOTER (TPHI,TPIHI & TKHI) b. MENGATUR, MEMBANTU DAN MENJAGA ANGGOTA ROMBONGANNYA AGAR TETAP UTUH, AMAN,TERTIB DAN LANCAR SERTA DAPAT MENCAPAI KEMABRURAN DALAM MELAKSANAKAN IBADAH HAJI. c. MENYELESAIKAN DAN MELAPORKAN PERMASALAHAN PADA KETUA KLOTER.

32  DEBARKASI :  TIBA DI BANDARA HALIM PERDANA KUSUMAH JAKARTA – PROSES IMIGRASI  MENUJU DEBARKASI BEKASI  PENGAMBILAN BARANG – AIR ZAM ZAM  PULANG MENUJU RUMAH MASING-MASING (TEKNIS AKAN DISAMPAIKAN SETELAH ADA KEPUTUSAN)  ALHAMDULILLAHI ROBBIL ‘ALAMIN

33 واَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ الله ِ وَبَرَكَاتُهُ


Download ppt "1 TUGAS POKOK & FUNGSI KARU DAN KAROM Oleh: Drs. H. ASEP MAMAN KURNIA,M.Si. KEPALA SUBBAG. TU. KEMENTERIAN AGAMA KANTOR KABUPATEN TANGERANG TAHUN 2014."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google