Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 1 ILMU KESEHATAN MATRA KESEHATAN LAPANGAN BAGI MAHASISWA KEDOKTERAN/KESEHATAN Dr.dr.EDY SEDYAWAN MSc Departemen Kesehatan Matra.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 1 ILMU KESEHATAN MATRA KESEHATAN LAPANGAN BAGI MAHASISWA KEDOKTERAN/KESEHATAN Dr.dr.EDY SEDYAWAN MSc Departemen Kesehatan Matra."— Transcript presentasi:

1 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 1 ILMU KESEHATAN MATRA KESEHATAN LAPANGAN BAGI MAHASISWA KEDOKTERAN/KESEHATAN Dr.dr.EDY SEDYAWAN MSc Departemen Kesehatan Matra UPN-Veteran Jakarta TA 2013 / 2014

2 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 2 RUANG LINGKUP Pengantar Pengantar Pengertian Pengertian Kesehatan di daerah pegunungan dan hutan Kesehatan di daerah pegunungan dan hutan Kesehatan di daerah gurun Kesehatan di daerah gurun Kesehatan di daerah dingin/bersalju Kesehatan di daerah dingin/bersalju Kesehatan haji Kesehatan haji Kesehatan pemindahan manusia Kesehatan pemindahan manusia Kesehatan pengungsi Kesehatan pengungsi Kesehatan di bumi perkemahan Kesehatan di bumi perkemahan Kesehatan transmigrasi Kesehatan transmigrasi Kesehatan militer Kesehatan militer Kesehatan bencana Kesehatan bencana Manajemen pertolongan di lapangan Manajemen pertolongan di lapangan Evakuasi Darat Evakuasi Darat

3 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 3 PENGANTAR (1) Pada berbagai kegiatan, manusia kadang-kadang tidak dapat menghindarkan diri dari lingkungan (matra) yang sangat berpengaruh terhadap kesehatannya. Pada berbagai kegiatan, manusia kadang-kadang tidak dapat menghindarkan diri dari lingkungan (matra) yang sangat berpengaruh terhadap kesehatannya. Pengaruhnya bisa berupa fisik (kebisingan, suhu, cahaya, radiasi, bahan kimia, medan, polutan maupun organisme) dan yang non- fisik (suasana, stress, ketidak- amanan, ancaman musuh, kedaruratan, ketidak-berdayaan maupun kepanikan). Pengaruhnya bisa berupa fisik (kebisingan, suhu, cahaya, radiasi, bahan kimia, medan, polutan maupun organisme) dan yang non- fisik (suasana, stress, ketidak- amanan, ancaman musuh, kedaruratan, ketidak-berdayaan maupun kepanikan).

4 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 4 PENGANTAR (2) Menghadapi berbagai pengaruh tersebut manusia harus tetap survive dengan melakukan berbagai upaya pembinaan, pencegahan dan penanggulangan akibatnya. Menghadapi berbagai pengaruh tersebut manusia harus tetap survive dengan melakukan berbagai upaya pembinaan, pencegahan dan penanggulangan akibatnya. Matra darat merupakan lingkungan yang paling besar pengaruhnya pada manusia, karena sebagian besar manusia dan waktunya melakukan kegiatan di darat. Matra darat merupakan lingkungan yang paling besar pengaruhnya pada manusia, karena sebagian besar manusia dan waktunya melakukan kegiatan di darat.

5 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 5 PENGANTAR (3) Mahasiswa Kedokteran/Kesehatan perlu mengenal, memahami serta mendalami ilmu ini terutama aspek preventifnya, agar dalam mengimplementasikan ilmunya dalam bidang kesehatan masyarakat juga memperhitungkan faktor kesehatan matra sebagai faktor penting untuk meningkatkan derajat kesehatan manusia. Mahasiswa Kedokteran/Kesehatan perlu mengenal, memahami serta mendalami ilmu ini terutama aspek preventifnya, agar dalam mengimplementasikan ilmunya dalam bidang kesehatan masyarakat juga memperhitungkan faktor kesehatan matra sebagai faktor penting untuk meningkatkan derajat kesehatan manusia.

6 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 6 PENGERTIAN (1) Kesehatan Matra sebagai bentuk khusus upaya kesehatan diselenggarakan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal dalam lingkungan matra yang serba berubah Kesehatan Matra sebagai bentuk khusus upaya kesehatan diselenggarakan untuk mewujudkan derajat kesehatan yang optimal dalam lingkungan matra yang serba berubah

7 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 7 PENGERTIAN (2) Kesehatan Lapangan adalah Kesehatan Matra yang berhubungan dengan pekerjaan di darat yang temporer dan serba berubah, misalnya kesehatan haji dan kesehatan di bumi perkemahan, adapun sasaran pokoknya adalah melakukan dukungan kesehatan operasional dan pembinaan terhadap para personel yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam kegiatan di lapangan. Kesehatan Lapangan adalah Kesehatan Matra yang berhubungan dengan pekerjaan di darat yang temporer dan serba berubah, misalnya kesehatan haji dan kesehatan di bumi perkemahan, adapun sasaran pokoknya adalah melakukan dukungan kesehatan operasional dan pembinaan terhadap para personel yang secara langsung maupun tidak langsung terlibat dalam kegiatan di lapangan.

8 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 8 KESEHATAN DI DAERAH PEGUNUNGAN DAN HUTAN (1) Karakteristik pegunungan dan hutan : Karakteristik pegunungan dan hutan : a. Medan tertutup dan berbukit- a. Medan tertutup dan berbukit- bukit. bukit. b. Ketinggian. b. Ketinggian. c. Suhu, hujan, angin dan c. Suhu, hujan, angin dan kelembaban kelembaban d. Flora dan Fauna. d. Flora dan Fauna. e. Gua dan kawah. e. Gua dan kawah. f. Sungai, danau dan rawa. f. Sungai, danau dan rawa. g. Cagar hutan. g. Cagar hutan.

9 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 9 KESEHATAN DI DAERAH PEGUNUNGAN DAN HUTAN (2) Aspek kesehatan : Aspek kesehatan : a. Kelelahan (Fatique) a. Kelelahan (Fatique) b. Kehilangan Orientasi. b. Kehilangan Orientasi. c. Hipoksia. c. Hipoksia. d. Keracunan gas, radiasi dan d. Keracunan gas, radiasi dan makanan. makanan. e. Gigitan binatang. e. Gigitan binatang. f. Trauma (cedera, tenggelam, f. Trauma (cedera, tenggelam, terperosok, tertimbun, luka terperosok, tertimbun, luka bakar). bakar).

10 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 10 KESEHATAN DI DAERAH PEGUNUNGAN DAN HUTAN (3) Pembinaan : Pembinaan : a. Pengorganisasian dan a. Pengorganisasian dan pelatihan. pelatihan. b. Pengetahuan dan b. Pengetahuan dan Informasi. Informasi. c. Meningkatkan daya tahan. c. Meningkatkan daya tahan. d. Keterampilan khusus. d. Keterampilan khusus. e. Persiapan bekal dan e. Persiapan bekal dan logistik. logistik.

11 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 11 KESEHATAN DI DAERAH PEGUNUNGAN DAN HUTAN (4) Aspek preventif : Aspek preventif : a. Persiapan orang dan a. Persiapan orang dan petugas. petugas. b. Persiapan bekal dan b. Persiapan bekal dan logistik. logistik. c. Mempelajari peta. c. Mempelajari peta. d. Informasi khusus medan, d. Informasi khusus medan, flora, fauna dan lain-lain. flora, fauna dan lain-lain. e. Pemeriksaan air dan e. Pemeriksaan air dan makanan. makanan. f. Hygiene dan sanitasi f. Hygiene dan sanitasi lapangan. lapangan.

12 ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 12 KESEHATAN DI DAERAH PEGUNUNGAN DAN HUTAN (5) Penanggulangan : Penanggulangan : a. KKI. a. KKI. b. Pertolongan korban cedera, b. Pertolongan korban cedera, keracunan, gigitan binatang, dll. keracunan, gigitan binatang, dll. c. Persiapan dan pelaksanaan c. Persiapan dan pelaksanaan evakuasi. evakuasi. d. Bantuan darurat. d. Bantuan darurat.

13 Terimakasih ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 13


Download ppt "ILMU KESEHATAN M ATRA DARAT 1 ILMU KESEHATAN MATRA KESEHATAN LAPANGAN BAGI MAHASISWA KEDOKTERAN/KESEHATAN Dr.dr.EDY SEDYAWAN MSc Departemen Kesehatan Matra."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google