Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGERTIAN Suatu usaha untuk mempertahankan hidup pada suatu keadaan yang tidak memungkinkan yang tidak diinginkan. Timbulnya kebutuhan survival karena.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGERTIAN Suatu usaha untuk mempertahankan hidup pada suatu keadaan yang tidak memungkinkan yang tidak diinginkan. Timbulnya kebutuhan survival karena."— Transcript presentasi:

1

2 PENGERTIAN Suatu usaha untuk mempertahankan hidup pada suatu keadaan yang tidak memungkinkan yang tidak diinginkan. Timbulnya kebutuhan survival karena adanya usaha manusia untuk keluar dari kesulitan yang dihadapi. Kesulitan-kesulitan tsb antara lain : - Keadaan alam (cuaca dan medan) - Keadaan mahluk hidup disekitar kita (binatang dan tumbuhan) - Keadaan diri sendiri (mental, fisik, dan kesehatan)

3 Berdasarkan medannya, SURVIVAL dibagi menjadi Survival darat 1)Survival Desert (Gurun), Survival yang dilakukan di daerah padang pasir. 2)Survival Mount, Survival yang dilakukan di gunung. survival ini dibagi menjadi dua yaitu mout forest dan mout ice 3)Survival atrick/antartick (survival di salju) Survival perairan 1)Survival di laut (sea survival) 2)Survival di sungai atau rawa (swamp/river survival)

4

5

6 1.Tidak berbau menyengat 2.Tidak berbulu (ada tumbuhan tertentu yang berbulu namun bisa di makan) 3.Tidak gatal, dan 4.Tidak berlendir

7 Bagian tumbuhan dimanfaatkan untuk dijadikan makanan Batangnya, misal : pohon pisang dll Daunnya, misal : daun singkong, melinjo dll Akar, misal : ubi jalar dll

8 1.Air yang harus dibersihkan 2.Air yang tidak perlu dibersihkan

9 Air yang harus dibersihkan  Lubang air (biasanya daun dan ranting- ranting). Cara pembersihannya dengan cara diendapkan.  Air yang menggenang. Cara pembersihannya menyaring air tersebut dengan menggunakan kain atau kaos.

10 Air yang tidak harus dibersihkan  Air hujan  Air sungai yang mengalir dan bersih  Air kelapa  Pada dasar batang bambu

11 BIVAK (Tempat Tinggal / Perlindungan Sementara) Tempat perlindungan sementara yang memenuhi syarat bisa melindungi diri dari hujan, panas, serangga, binatang atau untuk kebutuhan lain. Tujuan pembuatan bivak adalah sebagai tempat perlindungan yang nyaman untuk melindungi diri kita dari faktor alam dan lingkungan yang ekstrim Syarat bivak : - Hindari daerah aliran air - Di atas bivak tidak ada dahan pohon mati/rapuh - Bukan sarang nyamuk/serangga - Bahan kuat - Jangan terlalu merusak alam sekitar - Terlindung langsung dari angin - Mengatasi Gangguan Binatang

12 Macam-macam bivak : Bivak alam, menggunakan sarana alam seperti kayu dan dedaunan

13 Bivak buatan menggunakan ponco

14 .


Download ppt "PENGERTIAN Suatu usaha untuk mempertahankan hidup pada suatu keadaan yang tidak memungkinkan yang tidak diinginkan. Timbulnya kebutuhan survival karena."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google