Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KHOIRUL ANWAR, 3250406032 Pemanfaatan Data Citra Penginderaan Jauh Untuk Analisis Aksesibilitas Wilayah Kecamatan di Kabupaten Kudus.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KHOIRUL ANWAR, 3250406032 Pemanfaatan Data Citra Penginderaan Jauh Untuk Analisis Aksesibilitas Wilayah Kecamatan di Kabupaten Kudus."— Transcript presentasi:

1 KHOIRUL ANWAR, Pemanfaatan Data Citra Penginderaan Jauh Untuk Analisis Aksesibilitas Wilayah Kecamatan di Kabupaten Kudus

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : KHOIRUL ANWAR - NIM : PRODI : Geografi - JURUSAN : Geografi - FAKULTAS : Ilmu Sosial - khoirul_anwar pada domain rocketmail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Hariyanto, M.Si - PEMBIMBING 2 : Rahma Hayati, S.Si., M.Si - TGL UJIAN :

3 Judul Pemanfaatan Data Citra Penginderaan Jauh Untuk Analisis Aksesibilitas Wilayah Kecamatan di Kabupaten Kudus

4 Abstrak Data citra penginderaan jauh dengan kenampakan sistem jaringan jalan yang ada dapat digunakan sebagai acuan untuk analisis aksesibilitas wilayah. Suatu wilayah dapat berkembang baik apabila aksesibilitas wilayah tersebut baik pula, sehingga dapat menunjang perkembangan wilayah tersebut. Pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah, bagaimana tingkat aksesibilitas, tingkat perkembangan wilayah serta hubungan antara keduanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat aksesibilitas, tingkat perkembangan wilayah serta hubungan antara keduanya. Teknik penginderaan jauh yang digunakan adalah teknik interpretasi citra satelit yang dilakukan secara manual, dilanjutkan dengan analisis jaringan jalan hasil interpretasi. Tingkat aksesibilitas wilayah dihitung dengan menggunakan Indeks Alfa. Setelah data aksesibilitas diketahui selanjutnya adalah mengetahui tingkat perkembangan wilayah dengan menggunakan teknik analisis Location Quotient (LQ). Sebagai tahap terakhir yaitu mengetahui hubungan antara tingkat aksesibilitas dengan tingkat perkembangan wilayah dengan menggunakan analisis korelasi. Berdasarkan hasil interpretasi citra diketahui bahwa di Kabupaten Kudus terdapat ruas jalan dan simpul jaringan. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan, kecamatan yang memiliki tingkat aksesibilitas yang paling tinggi adalah Kecamatan Jati dan yang paling rendah adalah Kecamatan Undaan. Tahap selanjutnya adalah mengetahui tingkat perkembangan wilayah pada masing-masing kecamatan di Kabupaten Kudus. Berdasarkan perhitungan yang telah dilakukan diketahui bahwa wilayah Kecamatan Kota Kudus memiliki tingkat perkembangan wilayah yang sangat tinggi dan Kecamatan Dawe yang memiliki tingkat perkembangan paling rendah. Hasil perhitungan analisis korelasi menunjukkan bahwa ada hubungan antara tingkat aksesibilitas dengan tingkat perkembangan wilayah kecamatan di Kabupaten Kudus namun tidak signifikan. Hal ini dikarenakan tingkat perkembangan wilayah tidak hanya dipengaruhi oleh aksesibilitas, namun karena potensi wilayah yang dimiliki kecamatan tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ada beberapa saran dihasilkan yaitu pertama, pemerataan jaringan jalan terutama di wilayah kecamatan yang memiliki tingkat aksesibilitas rendah yaitu Kecamatan Undaan, Kecamatan Mejobo, dan Kecamatan Bae. Kedua adalah pemerataan pembangunan fasilitas-fasilitas vital seperti fasilitas pedidikan dan perdagangan di wilayah yang berada jauh dari pusat kota, agar masyarakat yang berada jauh dari pusat kota dapat mengakses fasilitas-fasilitas tersebut dengan mudah.

5 Kata Kunci data citra penginderaan jauh, aksesibilitas wilayah,

6 Referensi Afif, Muhammad Pengaruh Aksesibilitas Wilayah Terhadap Perkembangan Wilayah Kecamatan di Kabupaten Jepara. Laporan Penelitian. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial. Arikunto, Siharsimi Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Bappeda Kabupaten Kudus Kudus Dalam Angka. Kudus. Badan Pusat Statistik Produk DomestikRegional Bruto Kabupaten Kudus. Kudus. Bintarto, R Interaksi Kota Desa dan Permasalahannya. Jakarta: Ghalia Indonesia. Bintarto R, dan Surastopo Hadisuma Metode Analisa Geografi. Jakarta: LP3ES. Daldjoeni, N Geografi Kota dan Desa. Bandung: Alumni. Jayadinata, J. T Tata Guna Lahan Dalam Perencanaan Pedesaan, Perkotaan, dan Wilayah. Bandung: ITB. Kantor Statistik Propinsi Jawa Tengah Propinsi Jawa Tengah Dalam Angka. Semarang. Magribi, Muhammad Geografi Transportasi. Yogyakarta. Fakultas Pasca Sarjana. UGM. Marbun, MA Kamus Geografi. Jakarta: Ghalia Indonesia. Miro, Fidel Perencanaan Transportasi untuk Mahasiswa, Perencana, dan Praktisi. Jakarta: Erlangga. Mufarika, Yulia Identifikasi Perubahan Penggunaan Lahan dengan Menggunakan Citra Landsat Tahun Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial Unnes. Paramita, Manggaraini Ratna Pemantauan Teknik Penginderaan Jauh dalam Pendugaan Nilai Koefisien Aliran Permukaan Sub DAS Kripik Semarang. Skripsi. Semarang: Fakultas Ilmu Sosial UNNES. Pambudu Tika, Mohamad Metode Penelitian Geografi. Jakarta: PT Bumi Aksara. Purwadhi, S.H dan Tjaturahono, BS Pengantar Interpretasi Citra Penginderaan Jauh. Jakarta: LAPAN. Rustiadi, Ernan Perencanaan dan Pengembangan Wilayah. Jakarta: Crestpent Press dan Yayasan Pustaaka Obor Indonesia. Sabari H, Y Struktur Tata Ruang Kota. Yogyakarta: Pustaka Belajar. Sumaatmadja, Narsid Geografi Pembangunan. Jakarta: Angkasa. Sutrisno Hadi Analisis Regresi. Yogyakarta: Adi Ofset. Tarigan, Robinson Perencanaan Pembangunan Wilayah. Medan: Bumi Aksara Warpani, Suwardjoko Analisis Kota dan daerah. Bandung. ITB. _______ Klasifikasi Jalan.

7 Terima Kasih


Download ppt "KHOIRUL ANWAR, 3250406032 Pemanfaatan Data Citra Penginderaan Jauh Untuk Analisis Aksesibilitas Wilayah Kecamatan di Kabupaten Kudus."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google