Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Pengertian DisIntregasi 2. Ciri-Ciri 3. Faktor Penyebab 4. Bentuk Disintregasi 5. Cara membentengi generasi muda 6. Kesimpulan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Pengertian DisIntregasi 2. Ciri-Ciri 3. Faktor Penyebab 4. Bentuk Disintregasi 5. Cara membentengi generasi muda 6. Kesimpulan."— Transcript presentasi:

1

2

3 1. Pengertian DisIntregasi 2. Ciri-Ciri 3. Faktor Penyebab 4. Bentuk Disintregasi 5. Cara membentengi generasi muda 6. Kesimpulan

4  Disintegrasi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah suatu keadaan tidak bersatu padu atau keadaan terpecah belah; hilangnya keutuhan atau persatuan; perpecahan.

5 Ketidaksamaan tujuan antara anggota suatu kelompok sehingga tidak ada keterpaduan. 1. Sebagian besar anggota kelompok tidak mematuhi norma-norma yang berlaku. 2. Menurunnya wibawa tokoh-tokoh pemimpin kelompok. 3. Kurang berfungsinya sanksi sebagaimana mestinya.

6  a) Geografi  b) Demografi  c) Kekayaan Alam  d) Ideologi  e) Politik  f) Ekonomi  g) Sosial Budaya  h) Pertahanan dan Keamanan

7 1. Pergolakan Daerah 2. Aksi protes Dan Demonstrasi 3. Kriminalitas 4. Prostitusi dan Pelacuran 5. Kenakalan Remaja

8  Dari hasil analisis diperlukan suatu upaya pembinaan yang efektif dan berhasil, diperlukan pula tatanan, perangkat dan kebijakan yang tepat guna memperkukuh integrasi nasional antara lain :

9  a. Membangun dan menghidupkan terus komitmen, kesadaran dan kehendak untuk bersatu. b. Menciptakan kondisi dan membiasakan diri untuk selalu membangun konsensus. c. Membangun kelembagaan (pranata) yang berakarkan nilai dan norma (nilai- nilai Pancasila) yang menyuburkan persatuan dan kesatuan bangsa.

10  d. Merumuskan kebijakan dan regulasi yang konkret, tegas dan tepat dalam aspek kehidupan dan pembangunan bangsa yang mencerminkan keadilan bagi semua pihak, semua wilayah. e. Upaya bersama dan pembinaan integrasi nasional memerlukan kepemimpinan yang arif dan bijaksana, serta efektif.

11 Disintregasi adalah keadaan tidak bersatu padu atau terpecah belah sehingga kita harus menanggulangi sejak dini, terutama bagi generasi muda sebagai tulang punggung bangsa harus mampu menghilangan disintregasi bangsa, seberti pepatah mengatakan “Bersatu kita Teguh Bercerai Kita Runtuh” Atas dasar bineka tunggal ika kita junjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan.

12  Makalah ini jauh daru sempurna sehingga kritik dan saran saudara sangat kami butuhkan untuk membuat makalah ini menjadi mendekati sempurna.

13


Download ppt "1. Pengertian DisIntregasi 2. Ciri-Ciri 3. Faktor Penyebab 4. Bentuk Disintregasi 5. Cara membentengi generasi muda 6. Kesimpulan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google