Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

T UGAS KELOMPOK SOSIOLOGI DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "T UGAS KELOMPOK SOSIOLOGI DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL."— Transcript presentasi:

1 T UGAS KELOMPOK SOSIOLOGI DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL

2

3 KAMI AKAN MENYAMPAIKAN HASIL DISKUSI KELOMPOK KAMI YANG BERJUDUL

4 DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL MELIPUTI : INTEGRASI SOSIAL Dalam perubahan sosial di masyarakat, perlu diikuti adanya penyesuaiaan baik unsur masyarakat maupun unsur baru. Hal demikian sering disebut sebagai integrasi sosial. Unsur yang saling berbeda dapat saling menyesuaikan diri. Indonesia yang terdiri dari beraneka ragam suku bangsa dan budayanya, diharapkan semua unsur atau komponen bangsa dapat menyesuaikan diri. Oleh karena itu akan terciptakan integrasi sosial atau integrasi nasional indonesia.

5 DISINTERGRASI SOSIAL Disintergrasi sering diartikan sebagai proses terpecahnya suatu kesatuan menjadi bagian-bagian kecil yang terpisah satu sama lain. Sedangkan disintergrasi sosial adalah suatu proses terpecahnya suatu kelompak sosial menjadi beberapa unit sosial yang terpisah satu sama lain. Proses ini terjadi hilangnya ikatan kolektif yang mempersatukan anggota kelompok satu sama lain.

6 D ALAM HAL INI DAPAT DIKEMUKAKAN BEBERAPA BENTUK DISINTEGRASI SOSIAL SEBAGAI BERIKUT Anomie Anomie adalah keadaan kritis dalam masyarakat akibat perubahan sosial dimana norma / nilai lama memudar, namun norma / nilai baru yang akan menggantikan belum terbentuk. Cultural Lag Menurut William F. Ogburn dikemukakan sebagai perbedaan taraf kamajuan antar berbagai bagian dalam kebudayaan, atau ketertinggalan antar unsur kebudayaan material dengan nonmaterial. Penyebab Cultural Lag : a. Kurangnya interviteit. b. Adanya hambatan terhadap perkembangan pada umumnya. c. kurangnya kontak dengan budaya material masyarakat lain.

7 MESTIZO CULTURE Mestizo culture atau kebudayaan campuran merupakan proses percampuran unsur kebudayaan yang satu dengan unsur kebudayaan lain yang memiliki warna dan sifat yang berbeda. Keadaan ini ditandai dengan meningkatnya pola konsumsi masyarakat serta terjadinya demonstrasi efek (pamer kekayaan) yang makin besar dengan adanya iklan kondisi demikian dapat menimbulkan disintegrasi sosial.

8 A DAPUN GEJALA MESTIZO CULTURE YANG MENYEBABKAN TERJADINYA DISINTEGRASI SOSIAL SEBAGAI BERIKUT : 1. Tidak ada persepsi atau persamaan pandangan diantara anggota masyarakat mengenai norma yang semula dijadikan pegangan oleh anggota masyarakat. 2. Tidak ada tindakan sanksi yang tepat bagi pelanggar norma.

9 A DAPUN BENTUK DISINTEGRASI SEBAGAI AKIBAT TERJADINYA PERUBAHAN SOSIAL YANG DAPAT DIJUMPAI DI INDONESIA CUKUP KOMPLEK DIANTARANYA : 1. Pergolakan daerah Pergolakan daerah adalahperistiwa disintegrasi yang mempermasalahkan isu lokal /daerah.

10 T IMBULNYA PERGOLAKAN DAERAH DAPAT DILATARBELAKANGI HAL BERIKUT : 1. Sentimen kedaerahan dan primodialisme lebih berkembang di banding sentimen nasionalisme. 2. Sentralisasi kehidupan ekonomi dan politik yang mengakibatkan perbedaan pertumbuhan yang tajam antara pusat dan daerah.

11 A DAPUN FAKTOR YANG DAPAT MEMUNCULKAN PERGOLAKAN DI DAERAH ATAU KONFLIK ANTARKELOMPOK ANTARA LAIN : 1. Program pembangunan yang dilaksanakan tidak memperhatikan kondisi sosial budaya masyarakat setempat. 2. Kurang berfungsinya lembaga masyarakat. 3. Ketidakstabilan situasi politik dan keamanan sosial.

12 PERGOLAKAN YANG KEMUNGKINAN BERLANGSUNG DALAM MASYARAKAT DAPAT DIMIMIMALISIR DENGAN CARA BERIKUT : 1. Menyusun perencanaan pembangunan yang mengarah pada peningkatan kualiatas hidup masyarakat dan meminimalkan konflik. 2. Mempertegas tata nilai hukum dalam kehidupan bangsa. 3. Membudayakan nilai pancasila dan UUD 1945

13 C ONTOH PERGOLAKAN DAERAH

14 2. AKSI PROTES DAN DEMONTRASI  Aksi protes adalah gerakan yang dilakukan secara perorangan atau bersama untuk menyampaikan pernyataan tidak setuju yang oleh sebagian besar orang biasanya dilancarkan melalui kecaman pedas.  Demonstrasi adalah tindakan sekelompok orang secara bersama-sama untuk menunjukkan rasa ketidakpuasan yang pada umumnya menyangkut bidang ekonomi,sosial dan politik.

15 B ENTUK DISINTEGRASI INI DAPAT DIKATEGORIKAN SEBAGAI BERIKUT : Demonstrasi yang berkaitan dengan sengketa tanah. Demonstrasi yang berkaitan dengan perburuhan. Demonstrasi dan protes mahasiswa.

16 AKSI PROTES DAN DEMONSTRASI YANG AKHIR - AKHIR MARAK DI BERBAGAI DAERAH, MEMBAWA PENGARUH BERIKUT : Negatif Pengaruh negatif akan timbul apabila aksi dilakukan dengan merusak fasilitas umum,menggangu ketertiban umum dan peledakan bom akan berakibat merugikan masyarakat umum. Positif Pengaruh popsitif akan timbul jika aksi dilakukan secara terkendali dan terarah,tuntutan di sampaikan melalui legislatif atau wakil rakyat atau langsung kepada penguasa melalui nomor kotak pos atau nomor ponsel.

17 C ONTOH AKSI PROTES DAN DEMONSTRASI

18 3. KRIMINALITAS Kriminalitas adalah pertentangan dan persaingan kebudayaan,perbedaan ideologi politik,kepadatan dan komposisi penduduk,perbedaan distribusi kekayaan,perbedaan kekayaan dan pendapatan serta mentalitas yang labil.

19 K RIMINALITAS DAPAT DISEBABKAN ADANYA PROSES - PROSES BERIKUT 1. Persaingan dan pertentangan kebudayaan. 2. Perbedaan ideologi politik. 3. Pertentangan masalah agama dan kesenjangan di bidang ekonomi. 4. Kepadatan penduduk dan komposisi kekayaan. 5. Perbedaan distribusi kekayaan..

20 A DAPUN BENTUK TINDAKAN KEJAHATAN DIBEDAKAN ATAS BERIKUT : blue colour crime Tindakan kejahatan yang dilakukan oleh masyarakat umum yang secara ekonomi dan politik tergolong miskin. White colour crime Tindakan kejahatan yang yang dilakukan oleh masyarakat lapisan atas (pejabat atau pengusaha)

21 C ONTOH KRIMINALITAS

22 4. KENAKALAN REMAJA Kenakalan remaja adalah suatu perbuatan anti sosial yang dilakukan oleh anak-anak.apabila dilakukan oleh orang dewasa dikategorikan sebagai tindak kejahatan.

23 Difungsi keluarga dalam arti hubungan antara anggota keluarganya kurang harmonis. Kurangnya pendidikan agama dan moral. Seringnya melihat kekerasan baik melalui masyarakat atau kekerasan dalam bentuk kerusuhan. K ENAKALAN REMAJA DISEBABKAN OLEH FAKTOR BERIKUT :

24 A DANYA KENAKALAN REMAJA, PERLU DISUSUN UPAYA PENANGGULANGAN SECARA BERKESINAMBUNGAN : Tindakan preventif,dilakuakan dengan koordinasi yang jelas dan kebersamaan yang sungguh-sungguh antara orang tua,pendidik di sekolah,masyarakat termasuk polri,jaksa dan hakim. Meningkatkan pemenuhan kebutuhan remaja Mengatur pemenuhan kebutuhan remaja agar tidak ada kesan teralalu dimanjakan.

25 PROTITUSI Protitusi atau pelacuran merupakan suatu pekerjaan yang bersifat menyerahkan diri kepada umum untuk melakukan perbuatan seksual dengan mendapatkan imbalan.

26 S EBAB TIMBULNYA PROTITUSI DIBEDAKAN ATAS BERIKUT : Sebab intern (dalam) : hasrat seksual yang tinggi,sifat malas,keinginan besar untuk hidup mewah (hidonisme) Ekstern (luar) : faktor ekonomi,urbanisasi yang tidak teratur,dan adanya kebutuhan yang tidak terlaksana.

27 P ENGARUH BURUK AKIBAT PROTITUSI Menurunkan harkat dan martabat manusia Dapat terserang penyakit kelamin Dapat tertular penyakit kekebalan tubuh (HIV atau AIDS) Merusak moral.

28 C ONTOH PROTITUSI

29 U PAYA YANG DITEMPUH UNTUK MENANGGULANGI KEJALA DISORGANISASI SOSIAL 1. Norma dan niali sosial dalam masyarakat difungsikan lagi sebagai pegangan hidup bersama seperti semula. 2. Kebutuhan para anggota kelompok di penuhi melalui kelompok masyarakat masing-masing. 3. Norma yang sudah tidak mantap lagi sebagai pedoman hidup kelompok perlu diganti sesuai dengan kebutuhan zaman.

30 S EKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "T UGAS KELOMPOK SOSIOLOGI DAMPAK PERUBAHAN SOSIAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google