Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

-Instalasi LAN- WIRELESS LAN. Penjelasan Wireless LAN Wireless LAN 1.Setiap node pada WLAN menggunakan wireless device untuk berhubungan dengan jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "-Instalasi LAN- WIRELESS LAN. Penjelasan Wireless LAN Wireless LAN 1.Setiap node pada WLAN menggunakan wireless device untuk berhubungan dengan jaringan."— Transcript presentasi:

1 -Instalasi LAN- WIRELESS LAN

2 Penjelasan Wireless LAN Wireless LAN 1.Setiap node pada WLAN menggunakan wireless device untuk berhubungan dengan jaringan. 2.Node pada WLAN menggunakan channel frekuensi yang sama dan SSID yang menunjukkan identitas dari wireless device.

3 Dua Mode Jaringan Wireless 1.Mode Jaringan Ad-Hoc Adalah komunikasi secara langsung antara masing- masing komputer dengan menggunakan piranti wireless. Pada mode jaringan ad-hoc tidak memerlukan access point untuk host dapat saling berinteraksi.

4 Gambar 1. Mode Jaringan Ad-Hoc Setiap host cukup memiliki transmitter dan reciever wireless untuk berkomunikasi secara langsung satu sama lain.

5 Kekurangan Mode Jaringan Ad-Hoc 1.Komputer tidak bisa berkomunikasi dengan komputer pada jaringan yang menggunakan kabel. 2.Daerah jangkauan pada mode ini terbatas pada jarak antara kedua komputer tersebut.

6

7 2. Mode Jaringan Infrastruktur Adalah komunikasi antar masing- masing PC melalui sebuah access point pada WLAN atau LAN. Apabila komputer pada jaringan wireless ingin mengakses jaringan kabel atau berbagi printer misalnya, maka jaringan wireless tersebut harus menggunakan mode infrastruktur.

8 Pada mode infrastruktur access point berfungsi untuk melayani komunikasi utama pada jaringan wireless. Access point mentransmisikan data pada PC dengan jangkauan tertentu pada suatu daerah. Penambahan dan pengaturan letak access point dapat memperluas jangkauan dari WLAN.

9 Gambar 2. Mode Jaringan Infrastruktur

10 Komponen-komponen WLAN 1.Access Point 2.Wireless LAN Interface 3.Mobile/ Desktop PC 4.Antena External (optional)

11 1. Access Point merupakan perangkat yang menjadi pusat koneksi dari pengguna (user) ke ISP, atau dari kantor cabang ke kantor pusat jika jaringannya adalah milik sebuah perusahaan.

12 Access - Point berfungsi mengkonversikan sinyal frekuensi radio (RF) menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui kabel, atau disalurkan ke perangkat WLAN yang lain dengan dikonversikan ulang menjadi sinyal frekuensi radio.

13 Gambar 3. Access Point Router

14 2. Wireless LAN Interface Merupakan peralatan yang dipasang di Mobile/ Desktop PC, peralatan yang dikembangkan secara masal adalah dalam bentuk PCMCIA (Personal Computer Memory Card International Association) card, PCI card maupun melalui port USB (Universal Serial Bus).

15 Gambar 4. Wireless Adapter

16 3. Mobile/ Desktop PC Merupakan perangkat akses untuk pengguna, mobile PC pada umumnya sudah terpasang port PCMCIA sedangkan desktop PC harus ditambahkan wireless adapter melalui PCI (Peripheral Component Interconnect) card atau USB (Universal Serial Bus).

17 4. Antena external (optional) Digunakan untuk memperkuat daya pancar. Antena ini dapat dirakit sendiri oleh user. contoh : Antena kaleng.

18 Keamanan Jaringan WLAN Rawannya segi keamanan ini membuat IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) mengeluarkan standarisasi Wireless Encryption Protocol (WEP), sebuah aplikasi yang sudah ada dalam setiap PCMCIA card.

19 WEP ini berfungsi meng-encrypt data sebelum ditransfer ke sinyal Radio Frequency (RF), dan men-decrypt kembali data dari sinyal RF.

20 Standarisasi Wireless IEEE –Kecepatan 1 dan 2 Mbps –Frekwensi 2.4 GHz IEEE b –Kecepatan 1, 2, 5.5 dan 11 Mbps –Frekwensi 2.4 GHz IEEE a –Kecepatan 6,9,12,18,24,36,48,54 Mbps –Frekwensi 5 GHz IEEE 80211g –Kecepatan max 54 Mbps –Frekwensi 2.4 GHz

21 Wireless Channel

22 Antenna Digunakan untuk mengkonversi signal high frekwensi (RF) dalam transmisinya sebagai gelombang di udara 3 Jenis antena RF –Omni-directional –Semi-directional –Highly-directional

23 Omni-directional (Dipole) Antennas Antena yang paling banyak digunakan oleh wireless Disebut dipole karena meradiasikan energiny ke semua arah

24 Semi-directional Antennas Beberapa diantaranya adalah Patch, Pane dan Yagi Semua antena pada umumnya flat dan dirancang ditempatkan di tembok Radiasinya dalam bentuk hemispherical

25

26 Highly-directional Antennas Memancarkan dalam arah yang paling sempit diantara tipe yang lain Menghasilkan gain paling tinggi Sangat ideal bagi situasi jarak jauh Beberapa model yang direferensikan adalah parabolic Model yang lain adalah grid antenna untuk mengurangi kekuatan angin Untuk point-to-point bisa mencapai jarak 42km

27


Download ppt "-Instalasi LAN- WIRELESS LAN. Penjelasan Wireless LAN Wireless LAN 1.Setiap node pada WLAN menggunakan wireless device untuk berhubungan dengan jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google