Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Ekonomi Media Dr.M. Yuwono. referensi Mosco, Vincent. 1996. The Political economy of communication. London: Sage Publications Herman, Edward S. and Noam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Ekonomi Media Dr.M. Yuwono. referensi Mosco, Vincent. 1996. The Political economy of communication. London: Sage Publications Herman, Edward S. and Noam."— Transcript presentasi:

1 Ekonomi Media Dr.M. Yuwono

2 referensi Mosco, Vincent The Political economy of communication. London: Sage Publications Herman, Edward S. and Noam Chomsky Manufacturing concent” The Political economy of the mass media. New York: Pantheon Books.

3 Pendekatan Ekonomi media merupakan analisis ekonomi terhadap peran media dalam pembentukan opini publik Pendekatan yang dipergunakan adalah ekonomi mikro (terutama terbentuknya pasar media melalui hukum ekonomi a.l. model permintaan penawaran) Pendekatan makro terutama (international trade) yang mempengaruhi import content pada pembiayaan industri media nasional

4 Yang sering disebut dan termasuk media TV Internet (www) Koran, Majalah, Tabloit, Komik, dll Telephone, mobilephone Advertising, brosur, billboard, dll Ada lagi…………….????

5 Kesepakatan mengenai media Media adalah industri Media adalah produk (infotainment) Media adalah economic value Media adalah ranah publik Media adalah teknologi Media adalah informasi Media adalah area publik yang sarat dengan kepentingan ekonomi dan politik Media adalah sarana untuk mengirimkan pesan kepada audience

6 Ekonomi politik (publik) dan politik ekonomi ekonomi politik atau politik ekonomi yang relevan untuk sebuah proksi ekonomi media? Dimana perbedaannya? Dimana persamaannya?

7

8 Kasus bisnis media pada awal 2000 Steve Case (41), sangat cerdik ketika ia menetapkan tgl 3 januari 2000 sebagai hari deal raksasa: antara perusahaan yang dipimpinnya American On Line (AOL) dengan Time Warner. Pasar bursa baru saja dibuka setelah libur panjang menyambut melineum III. Suatu transaksi yang sangat monumental dan akan dikenang sepanjang masa Dua perusahaan yang memiliki base line berbeda AOL: perusahaan layanan internet terbesar di dunia Dengan perusahaan produser berita dan entertainment terbesar: Time Warner. Nilai kapitalisasinya US$350 milyar (fantastis…..)

9 Bisnis cyberspace terus diburu Deal tsb bukan hanya menarik dari sisi nilai transaksinya, melainkan dari karakternya Bergabungnya perusahaan service provider (AOL) dengan content provider (Time Werner) Setelah merger, saham Time Werner diburu para pialang dan naik 41% NYSE Saham yang bernuansa bisnis cyberspace sedang dan terus diburu

10 Bagaimana dengan MP3? MP3, penjual musik melalui internet mengalami hal yang sama Sahamnya yang pada penawaran perdana berharga US$8 melonjak menjadi US$60 dalam waktu 3 bulan Modal awal yang hanya US$10 juta, telah menjadiUS$ 1 milyar dalam waktu satu tahun CNN pada tahun 2002 menegaskan bahwa pemburu saham cyberspace sedang membeli masa depan.

11 Gambaran masa depan media (dunia) Penggabungan (convergensi) antara computer, communication dan content (isi) The convergence of marketplace Industri teknologi informasi menuju multimedia telah siap masuk pasar Multimedia: home use yaitu berupa, TV di rumah dihubngkan dengan sistem Internet

12 Industri cyberspace Indonesia 1987 ditawari oleh Fairchild Industry untuk membangun industri chip Ditolak oleh Menteri Tenaga kerja karena akan menghasilkan robotisasi yang padat modal dan bukan padat kary (Sudomo) Fairchild akhirnya pindah ke Malaysia dan sekarang menjadi produser chip terpenting di dunia Sekarang Malaysia telah menyediakan Multimedia Super Corridor, Singapore dengan cybercity dan Hongkong dengan cyberport-nya 2006 Indonesia baru mulai membangun cyberspace

13 Penggambungan 3 sektor industri: computer, content dan communication

14 Analisis marketing AT. Kearney

15

16

17

18

19

20

21

22

23

24

25

26

27

28

29

30

31

32

33

34

35

36

37

38

39

40

41

42

43

44

45

46

47

48

49

50

51


Download ppt "Ekonomi Media Dr.M. Yuwono. referensi Mosco, Vincent. 1996. The Political economy of communication. London: Sage Publications Herman, Edward S. and Noam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google