Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Karakteristik Media Untuk Kegiatan IMC. Klasifikasi Media Secara konseptual media komunikasi tidak sama dengan saluran komunikasi. Saluran komunikasi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Karakteristik Media Untuk Kegiatan IMC. Klasifikasi Media Secara konseptual media komunikasi tidak sama dengan saluran komunikasi. Saluran komunikasi."— Transcript presentasi:

1 Karakteristik Media Untuk Kegiatan IMC

2 Klasifikasi Media Secara konseptual media komunikasi tidak sama dengan saluran komunikasi. Saluran komunikasi (communication channel) adalah jalan yang dilalui pesan komunikator untuk sampai ke komunikannya. Hal ini dapat ditempuh dengan dua cara: dengan media atau tanpa media. Media adalah kata jamak dari medium yang tunggal. Medium komunikasi kita definisikan sebagai alat perantara yang sengaja dipilih komunikator untuk menghantarkan pesannya kepada komunikan.

3 Persoalan Memilih Media Ketika komunikator menyandi pesan, ia juga berproses memilih media komunikasi yang akan digunakannya. Proses pemilihan media mempengaruhi proses pembentukan pesan dan pemilihan lambang komunikasi; demikian pula sebaliknya. Karena media komunikasi adalah alat-alat perantara yang sengaja dipilih oleh komunikator untuk menghantarkan pesan kepada komunikan, sedangkan pesan disampaikan komunikator untuk mewujudkan motif komunikasi, Maka persoalan utama dalam pemilihan media komunikasi adalah sejauhmana media yang dipilih mampu mewujudkan motif komunikasi dari komunikatomya.

4 Masing-masing media memiliki karakteristiknya sendiri. Dengan demikian, maka persoalannya kemudian adalah: bagaimanakah komunikator mampu mewujudkan motif komunikasinya itu? Maka, hal ini tergantung pada sejauhmana Anda selaku komunikator mampu berorientasi kepada komunikan. Berorientasi, maksudnya kemampuan Anda melihat dan menyesuaikan diri dengan keadaan komunikan Anda, sehingga Anda bekerja dengan pola pikir: Bagaimanakah tingkat akal budinya? Medium atau saluran manakah yang harus saya gunakan? Lambang komunikasi seperti apakah yang sebaiknya saya pilih? Persoalan akal: apakah kecerdasannya tinggi atau rendah buta huruf (illiterate) atau tidak?

5 Maka persoalan utama dalam pemilihan media komunikasi adalah sejauhmana media yang dipilih mampu mewujudkan motif komunikasi dari komunikatomya.

6 Persoalan budi: tersinggungkah jika saya menyatakan hal itu dengan cara ini? Tepatkah saya ~ menyampaikan hal itu di saat ini? Bagaimanakah peralatan jasmaniahnya? Apakah pendengarannya cukup baik? Penglihatannya tidak rabun? Dan seterusnya. Dengan berorientasi kepada komunikan Anda memilih bentuk pesan, makna pesan, serta penyajian pesan. Dan, paralel dengan itu, Anda memilih saluran medium komunikasi yang sesuai dengannya. Karenanya, pengetahuan atas karakteristik masing-masing medium menjadi penting. Untuk itu, pemahaman atas masing-masing karakteristik media menjadi mutlak. Berikut pembahasan karakteristik beberapa media utama.


Download ppt "Karakteristik Media Untuk Kegiatan IMC. Klasifikasi Media Secara konseptual media komunikasi tidak sama dengan saluran komunikasi. Saluran komunikasi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google