Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Proses Manusia Mencari Kebahagiaan Kelompok: Meri chen Mila Chandra Noviyanti PR 10-1C 7 April 2009.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Proses Manusia Mencari Kebahagiaan Kelompok: Meri chen Mila Chandra Noviyanti PR 10-1C 7 April 2009."— Transcript presentasi:

1 Proses Manusia Mencari Kebahagiaan Kelompok: Meri chen Mila Chandra Noviyanti PR 10-1C 7 April 2009

2 Visi dan misi Tujuan hidup manusia Ideologi (gagasan dasar/ gagasan utama) Mencari dan menikmati kebahagiaan. Visi: menikmati kebahagiaan. Misi: Mencari kebahagiaan Segala tujuan (destination) Konsepsi Kebahagiaan

3 Ideologi terelaborasikan menjadi visi-misi. Destination terelaborasikan menjadi objektif, goal, dan target. objektif goal target Tujuan secara umum. Sasaran yang ingin dicapai. Titik utama dari sasaran yang ingin dicapai.

4 Falsafah Hidup Falsafah hidup (FH): kesatuan nilai-nilai yang paling agung, abstrak, dan hanya pemiliknya sendiri yang mengetahuinya secara persis. ideologi Tujuan Hidup Visi-misi Kesimpulan: Ideologi adalah visi dan misi untuk mencapai tujuan hidup berlandaskan kepada falsafah hidup.

5 Konsepsi Kebahagiaan FH, ideologi, tujuan hidup = konsep overall/ keseluruhan bagi kehidupan manusia. Tp kan pd prakteknya, hidup manusia dihadapkan dgn bidang2 kehidupan tertentu yang khusus, seperti: kehidupan agama, perkawinan, pendidikan, kesehatan, dsb? Bagaimana ini?

6 Konsepsi Kebahagiaan Ketika manusia menghadapkan FH-nya kpd 1 bidang kehidupan saja, maka akan terumuskan FH dlm 1 bidang kehidupan, misalnya: FH pernikahan. FH dlm 1 bidang ini LEBIH konkrit karna terkait langsung dengan tujuan hidupnya, yakni kebahagiaan. FH spesifik ini merupakan rumusan-rumusan kebahagiaan dlm bidang kehidupan tsb. Oleh karena itulah dia disebut juga Konsepsi Kebahagiaan (KK). Contoh: KK dalam bidang perkawinan.

7 Tiga Sumber Kebahagiaan 3 sumber kebahagiaan: 1.Tuhan 2.Manusia lainnya 3.Makhluk lainnya Guna mendapat kebahagiaan itu manusia menghadapi persoalan yang tak segera terjawab. Untuk mendapat jawaban sementara, mereka bertanya pd org tua-tua atau mereka-reka jawabannya sendiri. Orang tua-tua dengan imajinasi dan daya khayal mereka berusaha menjawab pertanyaan tersebut. Hasil jawaban yg didapat berupa takhayul (hasil khayalan) dan mithos (hasil rekaan dan imajinasinya).

8 ₤M₤Mithos: jawaban yang berkaitan dengan sumber kebahagiaan Tuhan. ₤C₤Contoh: mithos tentang Dewa Zeus. ₤M₤Mithos yang berkaitan dgn manusia lain di tempat tertentu disebut LEGENDA. ₤C₤Contoh: Legenda Sangkuriang. ₤S₤Sedangkan yang berkaitan dgn binatang disebut FABEL. ₤C₤Contoh: Fabel Sang Kancil. Mithos, Legenda, dan fabel

9 Mithos hanya sebagai pelipur lara Manusia tidak puas dengan jawaban berupa mithos tsb. Maka dimulailah pencarian dengan rasio dan pengalaman. Dimulai dengan filsafat, muncullah ilmu. Ilmu yang lahir dari dari kajian pada sumber kebahagiaan Tuhan adalah Teologi. Ilmu yang lahir dari kajian pada sumber kebahagiaan manusia adalah psikologi, sosiologi, antropologi, dan ilmu komunikasi. Ilmu yang lahir dari kajian pada sumber kebahagiaan makhluk Tuhan lainnya adalah fisika dan biologi.

10 3 Sumber Kebahagiaan 3 sumber kebahagiaan: 1.Tuhan  Manusia bisa mendekatiNya guna mencapai kebahagiaan. 2.Manusia lainnya  Manusia lain dapat membantu untuk/ secara bersama-sama guna mencapai kebahagiaan. 3.Makhluk lainnya  Mereka dapat digunakan sebesar- besarnya untuk mencapai kebahagiaan.

11 Cara lain Mencapai Kebahagiaan Manusia secara individu menyampaikan hasil kerja peralatan rohaniahnya kepada orang lain. Dia menyampaikan budaya kpd orang lain. “Budaya sendiri” yg tdk disampaikan kpd org lain, maka dia dianggap tidak sempurna menjadi budaya. Bila budaya teruji & digunakan secara bersama- sama dlm kurun waktu tertentu maka budaya itu menjadi adab bersama guna mencapai kebahagiaan bersama. Dia jadi peradaban pd masa/ kurun waktu tertentu itu. Inilah yg membedakan manusia dengan mahkluk Tuhan lainnya….

12 Proses manusia menyampaikan IS Manusia menyampaikan budayanya kpd org lain berupa: benda dan IS. Manusia menyampaikan IS juga guna mencari dan menikmati kebahagiaan. Bagaimana proses penyampaian IS dan bagaimana hubungannya dengan KK?

13 KK seseorang dihadapkan kpd manusia lain Timbul dorongan untuk menyampaikan IS (Motif Komunikasi = MK) Krn abstrak lalu dikemas dalam Lambang Komunikasi (LK) Krn sdh konkret jadilah: PROSES KOMUNIKASI

14 KESIMPULAN:KESIMPULAN: ☻ Manusia berkomunikasi pada hakekatnya adalah untuk mencari dan menikmati kebahagiaan. ☻ Dia mewujudkan MK-nya kpd org lain. ☻ Bila MK terwujud = KK-nya semakin dekat terwujud. ☻ Mk terwujudpun manusia dapat merasakan kebahagiaan itu.

15 Terima kasih atas perhatiannya… Ada yang ingin ditanyakan, memberi pendapat, dsb dipersilahkan….

16 Peralatan Rohaniah MANUSIA : KOMUNIKATOR, KOMUNIKAN, DAN MEDIUM Berdasarkan sifat materinya, peralatan tubuh manusia dapat dibedakan atas : Peralatan Jasmaniah, seperti mulut, kaki dan tangan dsb untuk menyampaikan pesan. Peralatan Rohaniah, hati nurani, akal, budi,dan naluri untuk menyusun pesan. PESAN : BENTUK, MAKNA, DAN PENYAJIAN Pesan adalah Hasil penggunaan akal budi komunikator yang disampaikan untuk mewujudkan motif komunikasinya. Pesan merupakan segala hasil penggunaan akal budi manusia. Apa pun bentuknya, selama disampaikan untuk mewujudkan motif komunikasi, maka disebut pesan. Artinya, iika tanpa motif komunikasi yang melatarinya, maka ia bukan pesan. Pesan bersifat abstrak, untuk mewujudkannya, dengan akal budinya, manusia menciptakan sejumlah lambang komunikasi Lambang Komunikasi adalah tanda-tanda yang mengandung arti yang digunakan komunikator untuk mengubah pesan yang abstrak menjadi konkrit dalam upaya mewujudkan motif komunikasi.

17 Motif Komunikasi Motif Komunikasi adalah penyebab yang mendorong komunikator menyampaikan pesannya kepada komunikan dengan cara berkomunikasi. Dilihat dari perilakunya, motif komunikasi dapat dibagi menjadi: motif reaktif, yang muncul sesaat, singkat dan tergantung pada situasi saat itu. motif proaktif, yang muncul sebagai hasil perencanaan jangka panjang. Kedua motif ini berhubungan dengan konsep kebahagian yang dimiliki masing-masing individu

18 Dengan mengaitkan kategori verbal-nonverbal pada kategori umum-khusus dapat dikategorisasikan dengan lebih detil, yaitu : 1.Lambang Komunikasi Verbal-Umum yaitu : bahasa lisan dan bahasa tulisan 2.Lambang Komunikasi Verbal-Khusus yaitu : bahasa kaum waria 3.Lambang Komunikasi Nonverbal-Umum yaitu : suara, mimik, gerak-gerik 4.Lambang Komunikasi Nonverbal-Khusus yaitu : warna, gambar, nada Ada beberapa proses dalam penyampaian pesan, yaitu : 1) Interpreting Proses menginterpretasikan motif komunikasi komunikator. 2) Encoding Proses merubah pesan yang abstrak ke dalam lambang komunikasi 3) Transmitting Proses mengirim lambang komunikasi dengan peralatan jasmaniah 4) Saluran Proses dimana pesan dikirim hingga pesan sampai baik menggunakan media atau tanpa media 5) Receiving Proses dimana pesan yang dikirim dapat diterima oleh komunikan melalui panca indera 6) Decoding Proses dimana lambang komunikasi yang diterima oleh komunikan dapat diterjemahkan oleh akal dan budi 7) Enterpreting Proses dimana komunikan mencoba menginterpretasikan dan memaknai lambang komunikasi tersebut dengan lambang komunikasi


Download ppt "Proses Manusia Mencari Kebahagiaan Kelompok: Meri chen Mila Chandra Noviyanti PR 10-1C 7 April 2009."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google