Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

H AKIKAT I LMU K OMUNIKASI OBYEK ILMU MATERIA FORMA Obyek materia ilmu komunikasi: manusia, dilihat dari tingkah lakunya Obyek forma ilmu komunikasi: usaha.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "H AKIKAT I LMU K OMUNIKASI OBYEK ILMU MATERIA FORMA Obyek materia ilmu komunikasi: manusia, dilihat dari tingkah lakunya Obyek forma ilmu komunikasi: usaha."— Transcript presentasi:

1 H AKIKAT I LMU K OMUNIKASI OBYEK ILMU MATERIA FORMA Obyek materia ilmu komunikasi: manusia, dilihat dari tingkah lakunya Obyek forma ilmu komunikasi: usaha penyampaian pesan antarmanusia FILSAFAT ILMU-ILMU ALAM/EKSAKTA ILMU-ILMU SOSIAL Sosiologi Psikologi Ilmu Hukum Ilmu Komunikasi

2 Pengertian Komunikasi Komunikasi atau communication berasal dari kata Latin : “Communis (membuat kebersamaan), Communico (membagi)” Oxford Dictionary : pengiriman atau tukar menukar informasi, ide dan sebagainya. Taylor (1993) : proses penukaran informasi atau proses yang menimbulkan dan meneruskan makna atau arti. Heber (1987) : suatu proses dimana informasi ditransmisikan melalui sebuah sistem lewat simbol, tanda atau perilaku yang umum.

3 Pengertian Komunikasi… lanjut Burgess (1988) : proses penyampaian informasi, makna dan pemahaman dari pengirim pesan kepada penerima pesan. Rogers dan D. Lawrence Kincaid (1981) : suatu proses dimana dua orang atau lebih membentuk atau melakukan pertukaran informasi dengan satu sama lainnya, yang pada gilirannya akan tiba pada saling pengertian yang mendalam. Yuwono (1985) : kegiatan mengajukan pengertian yang diinginkan dari pengirim informasi kepada penerima informasi dan menimbulkan tingkah laku yang diinginkan penerima informasi.

4 Kesimpulan Dapat disimpulkan komunikasi merupakan proses penyampaian informasi (Pesan, ide, sikap atau gagasan) dgn menggunakan tanda, simbol/ lambang atau perilaku dari komunikator atau penyampai berita, untuk mengubah serta membentuk prilaku komunikan atau penerima berita ke pola dan pemahaman yg dikehendaki bersama.

5 Suatu petang Anda berdiri takjub di tepi padang ilalang dan berkata, “Wahai rumput yang bergoyang, sungguh indah pemandangan ini…” Suatu hari Anda berkunjung ke makam kakek, lirih Anda berkata, “Kakek, jika selama hidup cucumu selalu membuatmu kesal, maafkanlah…” Suatu malam Anda berdoa, “Ya Allah, maafkanlah kesalahan Ibu dan Bapakku.” Anda berkata pada kucing kesayangan, “Pus mari sini biar kuelus.” Anda berkata kepada teman, “Wah, maaf, kemarin saya lupa menelepon.” Teman Anda tertawa-tawa. Kepada teman yang menjadi pasien RS Jiwa, Anda bertanya, “Apa kabarm bagaimana kesehatanmu?” Komunikasi? Manakah di antara kasus di bawah ini yang merupakan kajian Ilmu Komunikasi

6 D EFINISI K OMUNIKASI ‪Frank dance (1976) mengumpulkan 126 definisi komunikasi, mengkategorisasikannya atas: Tingkat observasi: umum – khusus “Proses yg menghubungkan satu bagian dengan bagian lainnya dalam kehidupan” “Alat untuk mengirimkan pesan, perintah, dsb lewat telepon, telegraf, radio, kurir, dsb” Tingkat kesengajaan: sengaja – tdk “Suatu situasi yg memungkinkan sumber mengirimkan pesan kepada penerima dengan disadari untuk mempengaruhi perilaku penerima” “Suatu proses yg membuat sesuatu yg semula dimiliki seseorang menjadi dimiliki dua orang atau lebih” Tingkat keberhasilan/kecermatan: keberhasilan - tdk “Suatu proses pertukaran informasi untuk mendapatkan saling pengertian” “Komunikasi adalah proses transmisi informasi” TIGA KATEGORI

7 D EBAT P AKAR K OMUNIKASI 1990-an Apakah: –Komunikasi harus disengaja? –Komunikasi harus diterima? Sepakat untuk tidak sepakat: 1Komunikasi harus terbatas pada pesan yang disengaja dan diterima; 2Komunikasi harus mencakup semua perilaku yang bermakna bagi penerima, apakah disengaja atau tidak; 3Komunikasi harus mencakup pesan-pesan yang dikirimkan secara sengaja, namun derajat kesengajaan itu sulit ditentukan.

8 3 Paradigma Dasar Komunikasi P-1vv P-2xv P-3vx Sengaja Terima

9 Anda menguap secara tidak sengaja dan tidak seorang pun melihat itu. Anda menguap secara tidak sengaja. Teman Anda berkata, “Sebaiknya diskusi kita cukupkan sampai di sini.” Anda menguap dengan sengaja, namun teman Anda tidak melihat hal itu. Anda menguap dengan sengaja, teman Anda melihat dan berkata, “Sebaiknya diskusi kita cukupkan sampai di sini.” Anda menguap dengan sengaja, teman Anda pura-pura tidak melihat dan terus melanjutkan diskusi. (Adaptasi bebas dari Littlejhon, 2002:8) Komunikasi? Manakah diantara kasus di bawah ini yang merupakan aktivitas komunikasi?

10 Anda melambaikan tangan kepada teman, namun teman Anda tidak melihat. Anda melambaikan tangan kepada teman. Tidak ada balasan dari teman. Baru keesokan harinya kawan Anda berkata, “Maaf kemarin saya tidak membalas lambaian tanganmu karena…” Anda melambaikan tangan dan teman membalas lambaian tangan Anda. Komunikasi? Manakah di antara kasus di bawah ini yang merupakan aktivitas komunikasi?

11 Anda mengirim surat kepada seorang kawan, namun surat hilang dalam perjalanan. Anda menyampaikan pidato kepada sekelompok orang yang senang mendengar apa yang Anda katakan. Komunikasi? Manakah di antara kasus di bawah ini yang merupakan aktivitas komunikasi?

12 Komunikasikah ini? Anda menguap? Anda mengedip? Anda bernyanyi sendiri di kamar mandi? Anda berjilbab? Anda berpakaian sexy? Sedang berkomunikasikah Anda?

13 Obyek Kajian Usaha penyampaian pesan antarmanusia –Usaha Menunjukkan kesengajaan. Artinya, ada motif komunikasi yang melatarinya. –Penyampaian Pesan Menunjukkan adanya pesan yang sudah disampaikan. Artinya, ada tindak komunikasi sebagai upaya perwujudan motif komunikasi. –Antarmanusia Menunjukkan bahwa pesan yang disampaikan harus dari manusia dan ditujukan untuk manusia.

14 U NSUR K OMUNIKASI Komunikator Pesan Saluran Komunikan Efek + Umpanbalik + Gangguan The easiest way to describe what communication is by answering the following questions: Who, says what, in with channel, to whom, with what effect. - Harold D. Laswell


Download ppt "H AKIKAT I LMU K OMUNIKASI OBYEK ILMU MATERIA FORMA Obyek materia ilmu komunikasi: manusia, dilihat dari tingkah lakunya Obyek forma ilmu komunikasi: usaha."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google