Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MANAJEMEN KEUANGAN Wardoyo WA +6281212326808 FB: Wardoyo HP.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MANAJEMEN KEUANGAN Wardoyo WA +6281212326808 FB: Wardoyo HP."— Transcript presentasi:

1

2 MANAJEMEN KEUANGAN Wardoyo WA FB: Wardoyo HP

3 LITERATUR Agus Sartono,2001. Manajemen Keuangan, edisi 4, UGM-Yogyakarta. Brigham FE, Gapenski CL, Daves,2001, Intermediate Financial Management. Dryden Dahlan Siamat,1999,Manajemen Lembaga Keuangan, FE-UI Jakarta. Bambang Riyanto, Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan, BPFE Gajah mada Yogyakarta Weston & Copeland, 2010 Manajemen Keuangan, Erlangga Jakarta.

4 PENGERTIAN Manajemen Keuangan merupakan manajemen dana baik yang berkaitan dengan pengalokasian dana dalam berbagai bentuk investasi secara efektif maupun usaha pengumpulan dana untuk pembiayaan investasi atau pembelanjaan secara efisien.

5 Masalah yang sering dihadapi Masalah yang sering timbul dan dihadapi oleh seorang manajer keuangan adalah : 1. Apakah investasi tersebut profitable? 2.Dari manakah dana sumber pembiayaan investasi itu diperoleh ? 3.Berapa besar kas yang harus selalu ada ? 4.Kredit macam apa untuk konsumen? Masalah yang sering timbul dan dihadapi oleh seorang manajer keuangan adalah : 1. Apakah investasi tersebut profitable? 2.Dari manakah dana sumber pembiayaan investasi itu diperoleh ? 3.Berapa besar kas yang harus selalu ada ? 4.Kredit macam apa untuk konsumen?

6 5. Berapa persediaan harus dipertahankan ? 6. Haruskah laba yang diperoleh dipertahankan, diinvestasikan atau dibagikan 7. Bagaimana kebijakan deviden yang optimal 8. Bagaimana keseimbangan antara resiko dan tingkat keuntungan. 5. Berapa persediaan harus dipertahankan ? 6. Haruskah laba yang diperoleh dipertahankan, diinvestasikan atau dibagikan 7. Bagaimana kebijakan deviden yang optimal 8. Bagaimana keseimbangan antara resiko dan tingkat keuntungan. Masalah yang sering dihadapi

7 Maksimisasi Profit Tujuan pokok yang ingin dicapai manajer keuangan adalah memaksimumkan profit. Namun perlu disadari bahwa tujuan ini mengandung banyak kelemahan. 1.Standar ekonomi mikro dengan memaksimumkan profit adalah besifat statis karena tidak memperhatikan dimensi waktu. 2.Pengertian profit, apakah perusahaan harus memaksimumkan jumlah profit atau tingkat profit. Tujuan pokok yang ingin dicapai manajer keuangan adalah memaksimumkan profit. Namun perlu disadari bahwa tujuan ini mengandung banyak kelemahan. 1.Standar ekonomi mikro dengan memaksimumkan profit adalah besifat statis karena tidak memperhatikan dimensi waktu. 2.Pengertian profit, apakah perusahaan harus memaksimumkan jumlah profit atau tingkat profit.

8 3. adalah menyangkut resiko yang berkitan dengan setiap alternatif keputusan. Memaksimumkan profit tanpa memperhitungkan tingkat resiko setiap alternatif adalah akan sangat menyesatkan. 4. bila memaksimumkan profit merupakan tujuan utama maka hal ini akan sangat mudah dilakukan oleh perusahaan. 3. adalah menyangkut resiko yang berkitan dengan setiap alternatif keputusan. Memaksimumkan profit tanpa memperhitungkan tingkat resiko setiap alternatif adalah akan sangat menyesatkan. 4. bila memaksimumkan profit merupakan tujuan utama maka hal ini akan sangat mudah dilakukan oleh perusahaan. Maksimisasi Profit

9 Memaksimumkan Nilai Perusahaan Seharusnya tujuan yang harus dicapai oleh manajer keuangan adalah bukan memaksimumkan profit melainkan memaksimumkan kemakmuran pemegang saham melalui maksimisasi nilai perusahaan. Kemakmuran pemegang saham akan meningkat apabila harga saham yang dimilikinya meningkat. Seharusnya tujuan yang harus dicapai oleh manajer keuangan adalah bukan memaksimumkan profit melainkan memaksimumkan kemakmuran pemegang saham melalui maksimisasi nilai perusahaan. Kemakmuran pemegang saham akan meningkat apabila harga saham yang dimilikinya meningkat.

10 Harga saham terbentuk di pasar modal dan ditentukan oleh beberapa faktor seperti : - Laba perusahaan - laba per lembar saham (EPS) - Rasio laba terhadap harga saham (PER) - Tingkat bunga bebas resiko - Tingkat kepastian operasi perusahaan. Harga saham terbentuk di pasar modal dan ditentukan oleh beberapa faktor seperti : - Laba perusahaan - laba per lembar saham (EPS) - Rasio laba terhadap harga saham (PER) - Tingkat bunga bebas resiko - Tingkat kepastian operasi perusahaan. Maksimisasi Profit

11 Laporan Keuangan Perusahaan diberikan kepada Direktur Keuangan, yang dilakukan oleh Treasurer (fokus eksternal) dan Controller (fokus intermal) “Treasurer” Menangani aktivitas pengelolaan dana seperti : Mengelola Kas Mencari Dana Mengelola Kredit Membayar Deviden Mengansuransikan Mengelola Dana Pensiun “Treasurer” Menangani aktivitas pengelolaan dana seperti : Mengelola Kas Mencari Dana Mengelola Kredit Membayar Deviden Mengansuransikan Mengelola Dana Pensiun “Controller” Menangani aktivitas akuntansi seperti : Menyiapkan Laporan Keuangan Melakukan Internal Audit Membuat Daftar upah/gaji Melakukan pembukuan Menyiapkan anggaran Menghitung Pajak “Controller” Menangani aktivitas akuntansi seperti : Menyiapkan Laporan Keuangan Melakukan Internal Audit Membuat Daftar upah/gaji Melakukan pembukuan Menyiapkan anggaran Menghitung Pajak Laporan Keuangan Perusahaan diberikan kepada Direktur Keuangan, yang dilakukan oleh Treasurer (fokus eksternal) dan Controller (fokus intermal)

12 Manajer Keuangan harus memahami masalah ekonomi dan berjaga-jaga terhadap konsekuensi dari berbagai tingkat perubahan aktivitas dan kebijakan ekonomi. Teori ekonomi sebagai pedoman untuk efisiensi operasi perusahaan, contoh : analisa penawaran dan permintaan, strategi memaksimalkan laba dan teori harga. Dasar-dasar ekonomi utama yang digunakan dalam Manajemen Keuangan adalah analisa marjinal, yaitu dasar-dasar keputusan keuangan akan dibuat dan dilakukan hanya bila penambahan manfaat lebih besar dari penambahan biaya. Manajer Keuangan harus memahami masalah ekonomi dan berjaga-jaga terhadap konsekuensi dari berbagai tingkat perubahan aktivitas dan kebijakan ekonomi. Teori ekonomi sebagai pedoman untuk efisiensi operasi perusahaan, contoh : analisa penawaran dan permintaan, strategi memaksimalkan laba dan teori harga. Dasar-dasar ekonomi utama yang digunakan dalam Manajemen Keuangan adalah analisa marjinal, yaitu dasar-dasar keputusan keuangan akan dibuat dan dilakukan hanya bila penambahan manfaat lebih besar dari penambahan biaya. Hubungan Keuangan Dengan Ekonomi

13 1. A liran kas, Fungsi utama akuntan adalah menghasilkan dan menyediakan data untuk mengukur keadaan perusahaan, menetapkan posisi keuangan, dan membayar pajak Pendekatan yang biasanya digunakan oleh akuntan yaitu Metode Akrual, yaitu lebih menekankan pada metode kas untuk menjaga kemampuan perusahaan dalam melunasi hutangnya dengan menganalisa dan merencanakan aliran uang. Metode Akrual, mengakui pendapatan pada saat penjualan dan mengakui pengeluaran pada waktu pengeluaran terjadi Metode Kas, mengakui pendapatan dan biaya hanya berdasarkan aliran kas masuk dan keluar yang nyata terjadi. 1. A liran kas, Fungsi utama akuntan adalah menghasilkan dan menyediakan data untuk mengukur keadaan perusahaan, menetapkan posisi keuangan, dan membayar pajak Pendekatan yang biasanya digunakan oleh akuntan yaitu Metode Akrual, yaitu lebih menekankan pada metode kas untuk menjaga kemampuan perusahaan dalam melunasi hutangnya dengan menganalisa dan merencanakan aliran uang. Metode Akrual, mengakui pendapatan pada saat penjualan dan mengakui pengeluaran pada waktu pengeluaran terjadi Metode Kas, mengakui pendapatan dan biaya hanya berdasarkan aliran kas masuk dan keluar yang nyata terjadi. Hubungan Keuangan dengan Akuntansi

14 Akuntan  mengumpulkan dan menyajikan data keuangan  berperan dalam memberikan perkembangan yang konsisten  kemudahan menginterprestasikan data tentang operasi perusahaan yang lalu, saat ini dan yang akan datang Akuntan  mengumpulkan dan menyajikan data keuangan  berperan dalam memberikan perkembangan yang konsisten  kemudahan menginterprestasikan data tentang operasi perusahaan yang lalu, saat ini dan yang akan datang Manajer Keuangan  mengevaluasi laporan akuntan,  mengembangkan data tambahan dan membuat keputusan yang didasarkan atas perkiraan dari pengembalian dan resiko.  Data tersebut digunakan setelah ada penyesuaian dan analisa, sebagai input yang penting dalam proses pengambilan keputusan Manajer Keuangan  mengevaluasi laporan akuntan,  mengembangkan data tambahan dan membuat keputusan yang didasarkan atas perkiraan dari pengembalian dan resiko.  Data tersebut digunakan setelah ada penyesuaian dan analisa, sebagai input yang penting dalam proses pengambilan keputusan 2. Pengambilan Keputusan Hubungan Keuangan dengan Akuntansi

15 Tugas Manajer Keuangan Secara garis besar tugas manajer keuangan menyangkut : 1.Keputusan investasi (Use of funds) 2.Keputusan pemenuhan kebutuhan dana (source of funds) 3.Kebijakan deviden (devidend Policy) Secara garis besar tugas manajer keuangan menyangkut : 1.Keputusan investasi (Use of funds) 2.Keputusan pemenuhan kebutuhan dana (source of funds) 3.Kebijakan deviden (devidend Policy)

16 I. AKTIVITAS PEMBIAYAAN ( Financing Activity ) Kegiatan pemilik dan manajemen perusahaan untuk mencari sumber modal (sumber eksternal dan internal) untuk membiayai kegiatan bisnis.

17 a. SUMBER EKSTERNAL 1. Modal Pemilik atau modal sendiri (Owner Capital atau Owner Equity). Atau modal saham (Capital Stock ) yang terdiri dari : Saham Istimewa (Preferred Stock) dan Saham Biasa (Common Stock). 2. Utang (Debt), Utang Jangka Pendek (Short-term Debt) dan Utang Jangka Panjang (Long-term Debt). 3. Lain-lain, misalnya hibah.

18 b. SUMBER INTERNAL 1. Laba Ditahan (Retained Earning) 2. Penyusutan, amortisasi, dan Deplesi (Depreciation, Amortization, dan Deplention) 3. Lain-lain, misalnya penjualan harta tetap yang tidak produktif.

19 II. AKTIVITAS INVESTASI (Investment activity) Kegiatan penggunaan dana berdasarkan pemikiran hasil yang sebesar-besarnya dan resiko yang sekecil-kecilnya.

20 AKTIFITAS INVESTASI : 1. Modal Kerja (working Capital) atau harta lancar (Current Assets) 2. Harta Keuangan (Finacial assets) yang terdiri : investasi pada saham (stock) dan Obligasi (Bond) 3. Harta Tetap (real Assets) yang terdiri dari : Tanah,gedung, Peralatan. 4. Harta Tidak Berwujud (intangible assets) terdiri dari : Hak Paten, Hak Pengelolaan Hutan, Hak Pengelolaan Tambang, Goodwill.

21 III.AKTIFITAS BISNIS Kegiatan untuk mencari laba melalui efektivitas penjualan barang atau jasa efisiensi biaya yang akan mengahsilkan laba. Aktivitas itu dapat dilihat dari laporan Laba-Rugi, 1. Pendapatan (sales atau Revenue) 2. Beban ( Expenses) 3. Laba-Rugi ( Profit-Loss)

22 TANGGUNG JAWAB M.KEUANGAN 1. Perolehan dana dengan biaya murah.2. Penggunaan dana efektif dan efisien3. Analisis laporan keuangan 4. Analisis lingkungan Internal dan eksternal yang berhubungan dengan keputusan rutin dan khusus.

23 BERDASARKAN TUGAS TSB, MANAJEMEN KEUANGAN MEMILIKI TUJUAN ANTARA LAIN ADALAH : 1. Memaksimalkan nilai perusahaan 2. Membina relasi dengan pasar modal dan pasar uang.

24

25 SIFAT DASAR PERUSAHAAN 1. Memaksimumkan nilai perusahaan, artinya manajemen harus mengahasilkan laba lebih besar dari biaya modal yang digunakannya. 2. Tanggung jawab sosial, artinya dalam mencari laba, manajemen tidak boleh merusak lingkungan alam,sosial, dan budaya. 3. Etika, artinya manajemen dalam mengusahakan laba harus tunduk pada norma-norma sosial di lingkungan mereka bekerja dan tidak boleh menipu masyarakat konsumen.

26 MEMAKSIMUMKAN NILAI PERSH Nilai ialah sesuatu yang dijunjung tinggi dan dihormati. Dalam perusahaan hal itu diwujudkan dalam perhitungan laba oprasional bersih atau net operating profit after tax yang lazim disebut NOPAT.

27 CONTOH Modal Rp 1000, biaya modal yang diperhitungkan 10% per tahun, Laba opErasi Rp150. pajak 20%,maka nilai persh :

28 Laporan Keuangan

29 1. Neraca (balance sheet) Neraca dapat diartikan sebagai suatu bentuk lap keuangan yg menunjukkan posisi harta (aktiva), utang dan modal (ekuitas dan disusun pada setiap akhir periode (tahun, smt,triwulan).

30 Bentuk Skontro PT. X Neraca Per.... AktivaPasiva Aktiva lancar (Current Assets) Aktiva tetap (fixed assets) Aktiva lain (Other assets) Aktiva tidak berwujud (Intangible assets) Utang lancar (Current liabilities) Utang jangka panjang (long tarm debt) Modal sendiri (Equity) Operating Assets Tangible Assets (Aktiva Berwujud) Modal Asing

31 Contoh format perusahaan produksi PT. X Neraca per 31 – 12 – 20.. AktivaPasiva ALKas / Bankxx Surat Berhargaxx Piutang Usahaxx Persediaan Barangxx Biaya Dibayar Dimukaxx ATMesin / PeralatanXXxx Gedungxx Tanahxx xx ULUtang Dagangxx Utang Weselxx Utang Pajakxx UJPJ Utang Obligasixx Utang Bankxx MODAL SENDIRI Modsal Sahamxx Cadanganxx Laba Ditahan (RE)xx xx

32 Keterangan : AL: Aktiva lancar (Current Assets) AT: Aktiva Tetap (Fixed Assets) AT + AL: Aktiva Operasi (Operation Assets) UL: Utang Lancar (Current Liabilities) UJPJ: Utang Jangka Panjang (Lebih dari 1 tahun) RE: Retained Earning (Laba Ditahan)

33 UNTUK CONTOH YANG KONKRIT, DAPAT DISAJIKAN SEBAGI BERIKUT :PT. ZANeraca 31 – AktivaPasiva AKT Lancar Kas/Bank 350 Surat berharga 25 Piutang 1125 Persediaan 2150 AKT Tetap Mesin 1850 Kendaraan 1100 Gedung 2900 Tanah 4000 Jumlah13500 Kewajiban Lancar Hutang Dagang 800 Hutang pajak 120 Hutang Wesel 130 Hutang Jangka Panjang Hutang Obligasi 1750 Hutang Investasi 2000 Modal Sendiri Modal Saham 7500 RE 1200 Jumlah13500

34 Bentuk Stafel PT. ZA Neraca 31 – Aktiva Aktiva lancar Kas / Bank 350 Surat berharga 25 Piutang1125 Persediaan2150 Aktiva tetap Mesin1850 Kendaraan1100 Gedung2900 Tanah

35 PasivaKewajiban lancar Hutang dagang 800 Hutang pajak 120 Hutang wesel 130 Hutang Jangka Panjang Hutang obligasi1750 Hutang investasi2000 Modal Sendiri Modal saham7500 Laba ditahan

36 2) Laporan Laba / Rugi (income statement) Pada prinsipnya, laporan rugi / laba adalah bentuk laporan keuangan yasng menunjukkan hasil kegiatan operasi perusahaan,untuk suatu periode akuntansi tertentu (satu tahun, satu semester, satu triwulan atau satu bulan). Struktur laporan Laporan R/L secara prinsip dibedakan antara laporan perusahaan produksi dengan perusahaan jasa, yang dapat dijelaskan sebagaiberikut : PerkiraanPerusahaan ProduksiPerusahaan Jasa Hasil PenjualanPenjualanPendapatan Harga PokokHarga PenjualanBeban Usaha

37 STRUKTUR UMUM (PERUSAHAAN PRODUKSI) Penjualan (net sales) xx Harga pokok (cost of good sold)(xx) Laba kotor (gross sales) xx Biaya operasi (operating expenses)(xx) Laba operasi (operating income atau EBIT)xx Bunga (interest expenses)(xx) Pendapatan lain (other income)xx Biaya lain (other expenses)(xx) Laba sebelum pajak (EBT)xx Pajak (tax) (xx) Laba bersih (earning after tax / EAT) xx Deviden (xx) Laba ditahan (retained earning / RE xx

38 PT. ZA Penjualan Harga Pokok(21.100) Laba Kotor Beaya Operasi(3.800) Laba operasi Bunga(300) Pendapatan lain400 Beaya lain(250) Laba sebelum pajak Pajak 30%(3.345) Laba bersih7.805 Deviden(7.100) Laba ditahan705

39 BAHAN DISKUSI 1. JIKA ANDA SEBAGAI MANAJER KEUANGAN, APA YANG AKAN ANDA LAKUKAN UTK MEMAKSIMUMKAN NILAI PERUSAHAAN? 2. MENURUT PENDAPAT ANDA, MANA YG LEBIH PENTING: MEGELOLA AKTIVITAS INVESTASI / MENGELOLA AKTIVITAS PEMBIAYAAN/AKTIVITAS BISNIS 3. MENGAPA DEWASA INI PARA MANAJER KEUANGAN SULIT UNTUK MENGELOLA KEUANGAN PERUSAHAAN?

40 T e r I m a K a s I h


Download ppt "MANAJEMEN KEUANGAN Wardoyo WA +6281212326808 FB: Wardoyo HP."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google