Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL Untuk merancang kekuatan dan kelemahan ini biasanya dipilih dari keunggulan dan kelemahan perusahaan yang sangat menonjol.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL Untuk merancang kekuatan dan kelemahan ini biasanya dipilih dari keunggulan dan kelemahan perusahaan yang sangat menonjol."— Transcript presentasi:

1 ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL Untuk merancang kekuatan dan kelemahan ini biasanya dipilih dari keunggulan dan kelemahan perusahaan yang sangat menonjol. Analisis lingkungan internal meliputi analisis PIMS (Profit Impact of Market Strategy), analisis fungsional, analisis rantai nilai dan analisis kurva nilai. Analisis PIMS adalah analisis yang mengidentifikasi faktor-faktor srategis utama yang mempengaruhi 80 % profitabilitas. Ukuran yang digunakan adalah Return On Investment (ROI).

2 ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL Analisis Fungsional adalah analisis yang mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan fungsional. Analisis Fungsional meliputi analisis pemasaran, sumberdaya manusia, keuangan, operasi, organisasi dan manajemen. Michael E. Porter untuk menganalisis perusahaan secara internal mengembangkan alat analisis yang disebut analisis rantai nilai (value chain).

3 ANALISIS RANTAI NILAI Kegiatan Utama Sumber : Michael E. Porter, On Competition, 1998.

4 KANVAS STRATEGI Kanvas strategi adalah kerangka aksi sekaligus diagnosis untuk membangun strategi dua fungsi (Kim dan Mauborgne, 2005). Pertama, ia merangkum situasi terkini dalam ruang pasar yang sudah dikenal. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk memhami dimana kompetisi saat ini sedang tercurah, memahami faktor-faktor apa yang sedang dijadikan ajang kompetisi dalam produk, jasa dan memahami apa yang didapatkan konsumen dari penawaran kompetitif yang ada di pasar.

5 ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL

6 ANALISIS LINGKUNGAN EKSTERNAL Mengidentifikasi Peluang dan Ancaman

7

8 ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL Mengidentifikasi - KEKUATAN (Strengh) - KELEMAHAN (Weakness) - PELUANG (Opportunity) - ANCAMAN (Threat) SWOT ANALYSIS


Download ppt "ANALISIS LINGKUNGAN INTERNAL Untuk merancang kekuatan dan kelemahan ini biasanya dipilih dari keunggulan dan kelemahan perusahaan yang sangat menonjol."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google